MPLS atau MOS? Menentukan Mana yang Paling Efektif untuk Memperkenalkan Lingkungan Sekolah - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 12 Jul 2023

MPLS atau MOS? Menentukan Mana yang Paling Efektif untuk Memperkenalkan Lingkungan Sekolah

Menjelajahi perbedaan penting antara MPLS dan MOS dalam memperkenalkan siswa baru kepada lingkungan sekolah. MPLS dengan pendekatan yang holistik mencakup aspek non-akademik, sementara MOS lebih fokus pada orientasi akademik.

Dunia Pendidikan

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
6195x
Bagikan

Dalam dunia pendidikan, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Orientasi Sekolah (MOS) adalah dua istilah yang seringkali kita dengar. Kedua masa ini memiliki peran penting dalam memperkenalkan peserta didik baru kepada lingkungan sekolah mereka. Meskipun MPLS sekarang digunakan secara lebih luas daripada MOS, sebenarnya keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu siswa untuk beradaptasi dengan baik di sekolah baru mereka.

Apa itu MPLS?

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah masa di mana siswa baru diperkenalkan dengan berbagai aspek penting dalam lingkungan sekolah mereka. MPLS biasanya berlangsung beberapa hari sebelum tahun ajaran dimulai dan melibatkan serangkaian kegiatan yang dirancang khusus untuk membantu siswa baru merasa nyaman dan terhubung dengan sekolah mereka.

Selama MPLS, siswa baru akan diperkenalkan kepada staf pengajar, guru, dan anggota lainnya dalam komunitas sekolah. Mereka akan diajak mengenal fasilitas sekolah, seperti perpustakaan, laboratorium, dan ruang kelas. Selain itu, MPLS juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi dengan siswa-siswa lain yang juga baru. Dalam beberapa kasus, kegiatan MPLS juga melibatkan sesi pembekalan tentang aturan sekolah, tata tertib, dan kebijakan-kebijakan yang harus diikuti oleh siswa selama berada di sekolah.

Apa itu MOS?

Masa Orientasi Sekolah (MOS) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan masa pengenalan siswa baru di sekolah. MOS mirip dengan MPLS dalam hal tujuan dan kegiatan yang dilakukan, namun MOS sering kali lebih fokus pada orientasi akademik dan administratif.

Selama MOS, siswa baru diperkenalkan kepada kurikulum sekolah, jadwal pelajaran, dan struktur pembelajaran yang akan mereka hadapi. MOS juga dapat melibatkan tes penempatan untuk menentukan kelas yang tepat bagi setiap siswa baru. MOS memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami lebih dalam tentang kehidupan sekolah dan mengetahui ekspektasi yang ada.

Perbedaan antara MPLS dan MOS

Meskipun MPLS dan MOS memiliki tujuan yang sama dalam membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, terdapat beberapa perbedaan kunci antara keduanya.

  1. Fokus: MOS lebih fokus pada orientasi akademik dan administratif, sedangkan MPLS memiliki pendekatan yang lebih holistik, mencakup aspek non-akademik seperti sosialisasi, penanaman nilai-nilai, dan pembangunan keterampilan sosial.
  2. Cakupan Kegiatan: MOS sering kali melibatkan pengenalan kurikulum, jadwal pelajaran, dan aturan sekolah yang bersifat administratif. Di sisi lain, MPLS melibatkan pengenalan fasilitas sekolah, interaksi dengan staf pengajar, kegiatan sosial, dan sesi pembekalan mengenai aturan sekolah.
  3. Waktu Pelaksanaan: MOS biasanya dilaksanakan dalam beberapa hari sebelum dimulainya tahun ajaran baru, sedangkan MPLS biasanya berlangsung beberapa hari sebelum MOS dan merupakan bagian dari MOS yang lebih luas.
  4. Peran Guru: Dalam MOS, peran guru lebih terfokus pada pengenalan akademik, sedangkan dalam MPLS, guru juga terlibat dalam pengenalan lingkungan sekolah secara umum dan membantu siswa baru merasa nyaman dan terhubung dengan sekolah.

Siapa Pelaksana MPLS dan MOS?

Pelaksanaan MPLS dan MOS melibatkan peran aktif dari tenaga pengajar, guru, dan staf sekolah lainnya. Guru-guru bertanggung jawab untuk merancang dan mengatur kegiatan yang terlibat dalam MPLS dan MOS. Mereka juga memainkan peran penting dalam memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa baru selama masa pengenalan tersebut.

Dalam beberapa kasus, sekolah juga dapat mengundang pembicara tamu atau melibatkan pihak luar, seperti psikolog atau ahli pendidikan, untuk memberikan ceramah atau mengadakan sesi konseling guna memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada siswa baru tentang perubahan yang mereka alami dan memberikan strategi untuk menghadapinya.

Kesimpulan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Orientasi Sekolah (MOS) adalah dua periode penting dalam memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah mereka. Meskipun MPLS sekarang digunakan secara lebih luas, MOS masih menjadi bagian dari MPLS yang lebih luas. MPLS dan MOS memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu siswa baru beradaptasi dengan baik di sekolah baru mereka. MPLS memiliki pendekatan yang lebih holistik dengan fokus pada pengenalan lingkungan sekolah secara menyeluruh dan pembangunan keterampilan sosial, sedangkan MOS lebih fokus pada pengenalan akademik dan administratif. Pelaksanaan MPLS dan MOS melibatkan peran aktif dari tenaga pengajar, guru, dan staf sekolah untuk memastikan siswa baru merasa nyaman dan terhubung dengan lingkungan pendidikan yang baru.

Segera perluas koleksi sumber daya pembelajaran Anda dengan mengunduh dokumen pembelajaran gratis melalui platform GuruInovatif.id. Dapatkan akses mudah ke berbagai materi berkualitas yang dapat meningkatkan pengajaran Anda. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengembangkan kreativitas dan efektivitas dalam proses belajar mengajar. Ayo, kunjungi sekarang dan nikmati manfaat luar biasa dari dokumen pembelajaran gratis kami. Unduh sekarang dan buat perbedaan dalam pendidikan!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Literasi Digital : Kunci Akses Informasi dan Peluang Menghasilkan Uang bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital

saputra

Sep 10, 2023
3 min
Masa Depan Pendidikan: Transformasi Melalui Penguatan Literasi Digital pada Siswa dan Guru

BUSTANOL ARIFIN

Sep 11, 2023
2 min
GI Academy #24: Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Sekolah
3 min
Memaknai Kurikulum Merdeka melalui P5BK
4 min
6 Aspek Kemampuan Fondasi dalam Jenjang PAUD: Membangun Potensi Anak Secara Holistik
2 min
Lestari Bahasa Daerah: Pintu Menuju Inovasi Pendidikan - Terobosan #GuruInovatif untuk Membangun Generasi Unggul

Masning Salamah

May 20, 2024
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar