Tranformasi Guru dan Siswa melalui Literasi Digital Menuju Era Society 5.0 - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 19 Agu 2023

Tranformasi Guru dan Siswa melalui Literasi Digital Menuju Era Society 5.0

Literasi digital memegang peranan penting dalam menghadapi era Society 5.0. Integrasi teknologi dalam pendidikan dan pengenalan literasi digital di lingkungan sekolah menjadi langkah strategis dalam mempersiapkan siswa menghadapi perubahan dunia yang serba digital

Dunia Pendidikan

Yuli Rohmiyati, S.Pd.I,M.Pd

Kunjungi Profile
1623x
Bagikan

Tranformasi Guru dan Siswa melalui Literasi Digital  Menuju Era Society 5.0

Sumber :https://www.smadwiwarna.sch.id/peran-pendidikan-di-era-society-5-0/

Society 5.0 adalah konsep masyarakat yang mengandalkan teknologi sebagai sarana utama dalam memenuhi berbagai kebutuhannya. Dalam era ini, perkembangan teknologi digital terus berlangsung, memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan manusia. Salah satu aspek penting dari Society 5.0 adalah pemanfaatan teknologi digital untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan lebih mudah dan efisien.

Era Society 5.0 membawa tantangan yang mengharuskan pendidikan untuk bertransformasi. Desain kurikulum pendidikan mengalami perubahan, dengan penekanan pada tiga poin utama. Pertama, pendidikan karakter menjadi fokus dalam membentuk siswa yang bertanggung jawab, memiliki integritas, dan tinggi nilai-nilai etika. Kedua, kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif menjadi penting untuk menghadapi perubahan dalam era Society 5.0. Sehingga siswa mampu menganalisis informasi dengan baik, mengembangkan solusi kreatif, dan berinovasi. Ketiga, mengintegrasi teknologi dalam pembelajaran menjadi langkah penting dalam mendukung proses pendidikan yang efektif.

Pendidikan di era Society 5.0 juga mengharuskan siswa diajarkan untuk menggunakan teknologi yang relevan dengan konteks saat ini. Konsep seperti kecerdasan buatan, big data, dan Internet of Things menjadi bagian penting dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi anggota masyarakat yang terampil dan terhubung secara digital. Bagi seorang guru yang sudah bersertifikasi maupun yang belum, di abad ke-21 dituntut untuk memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi, berinovasi dalam pengajaran, dan memanfaatkan media digital secara maksimal.

Dalam menghadapi tantangan literasi digital di era ini, pengenalan literasi digital di lingkungan sekolah menjadi solusi yang efektif. Literasi digital mencakup kemampuan siswa untuk memahami, menganalisis, menilai, dan mengatur informasi secara bijak menggunakan teknologi digital. Hal ini penting agar siswa mampu membedakan informasi yang akurat dari yang tidak, menghindari berita palsu, dan mengenali sumber informasi yang kredibel. Kemahiran dalam kompetensi informasi, komunikasi, kreasi konten, dan keamanan digital akan meningkatkan tingkat literasi digital siswa.

Namun, penerapan literasi digital tidak lepas dari kendala. Terbatasnya penguasaan teknologi informasi di kalangan guru dan siswa, serta kurangnya akses dan fasilitas teknologi di beberapa daerah, menjadi hambatan dalam menghadapi era Society 5.0. Untuk mengatasi tantangan ini, strategi yang tepat perlu diterapkan.

Guru dapat berperan penting dalam meningkatkan literasi digital siswa. Pelatihan dan workshop, in house trainig, seminar mengenai penggunaan teknologi dan alat pembelajaran digital dapat membantu guru mengembangkan kompetensi dalam hal ini. Kolaborasi antar guru dan pemanfaatan media sosial atau aplikasi dapat menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam penerapan teknologi di kelas.

Penerapan teknologi dalam pembelajaran, seperti menggunakan platform digital, dapat membantu siswa memahami konten secara lebih menarik dan interaktif. Namun, pengenalan literasi digital yang baik juga perlu dilakukan untuk membantu siswa menggunakan teknologi secara etis, memahami pentingnya pemeliharaan siber, dan mampu menciptakan konten digital yang relevan dan inovatif.

Literasi digital memiliki manfaat besar dalam dunia pendidikan, termasuk penggunaan teknologi dalam pembelajaran, penilaian online, keamanan siber, dan pengembangan keterampilan seumur hidup. Integrasi teknologi membantu siswa tetap fokus dan meningkatkan kreativitas Selain itu, literasi digital melatih siswa untuk bertanggung jawab secara digital, memahami hak cipta, menjaga keamanan online, dan berinteraksi dengan bijaksana.

Pemanfaatan platform digital seperti Google Classroom, quiziz, let’s read asia, EdTech, Jamboard, Menti,  tiktok, instagram, dan berbagai aplikasi pendidikan memberikan kontribusi besar terhadap literasi digital siswa dan guru. Tetapi, peran guru dalam mengawasi dan membimbing tetap tak tergantikan., mengingat teknologi hanya menjadi alat bantu.

Literasi digital memegang peranan kunci dalam menghadapi era Society 5.0. Integrasi teknologi dalam pendidikan dan pengenalan literasi digital di lingkungan sekolah menjadi langkah strategis dalam mempersiapkan siswa menghadapi perubahan dunia yang semakin terhubung dengan digital. Peran guru dalam membimbing siswa menuju penguasaan literasi digital sangat penting, sehingga mereka siap menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

#GuruInovatif, #LombaArtikelS4, #ArtikelGI, #LombaGI


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Tips Mengajari Bijak Bermedia Sosial Kepada Murid
2 min
Dosa Besar dalam Dunia Pendidikan! Ada Tiga! Apa Saja?
3 min
Memahami Literasi Digital Untuk Menuju Terangnya Pendidikan

AGUS SETIAWAN

Aug 15, 2023
2 min
Penguatan Literasi Digital di era modern

RIVO ANNAFI HAKIM

Aug 30, 2023
1 min
MANAJEMEN EKOSISTEM DIGITAL SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM TERPADU ANNI’MAH
9 min
Mari Bijak Berliterasi Digital, Stop Gaptek!
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar