“JUMPA BERKAH ( Jumat Pagi Bertaqwa,Infaq dan Sedekah )” PROGRAM yang Berdampak pada Murid - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Jun 2022

“JUMPA BERKAH ( Jumat Pagi Bertaqwa,Infaq dan Sedekah )” PROGRAM yang Berdampak pada Murid

“JUMPA BERKAH ( Jumat Pagi Bertaqwa,Infaq dan Sedekah  )” PROGRAM yang Berdampak pada Murid

Cerita Guru

Reni Yunita

Kunjungi Profile
6012x
Bagikan

“JUMPA BERKAH ( Jumat Pagi Bertaqwa,Infaq dan Sedekah  )” PROGRAM yang Berdampak pada Murid

 

  1. ABSTRAK

Bersedekah merupakan salah satu Implementasi dari amal ibadah seseorang kepada Allah SWT.Dalam preaktik sedekah terkandung nilai-nilai keikhlasan dalam melakukan perbuatan baik dan taqwa. Selain itu sedekah juga bernilai sosial,kebiasaan ini akan menumbuhkan keinginan untuk melakukan perbuatan baik termasuk Cinta Sedekah . Sedekah dilakukan oleh siswa dan digunakan seluruhnya untuk kepentingan kegiatan keagamaan dan sosial siswa disekolah.tanpa paksaan.Dengan demikian ,gerakan memberi dampak disekolah menjadi amal shaleh&shalehah bagi siswa

 

         2. LATAR BELAKANG

Menurunnya rasa simpati dan empati akibat pandemi Covid-19,sehingga anak menjadi lebih individualis dan memiliki ego lebih tinggi dari anak yang lain. Menjadi lebih protektif terhadap apa yang dimiliki dan kurangnya interaksi selama pembelajaran Daring berlangsung. 

Dorongan untuk memberi manfaat bagi siswa,dapat dilakukan oleh pihak sekolah dan guru dengan menyisihkan sebagian kecil uang belanja siswa. Gerakan amal disekolah dilaksanakan dengan prinsip sukarela dan ikhlas.hal ini sesuai dengan Undang- Undang Nomor 23 tahun 2022 tentang pengelolaan Zakat. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa penarikan Infak,Sedekah,akat bersifat Sukarela.

 

         3. TUJUAN

  1. Mengembangkan sikap dan akhlak mulia
  2. Menciptakan interaksi positif antara siswa dengan siswa
  3. Menciptakan interaksi positif antara siswa dengan guru
  4. Mengenalkan siswa untuk menghargai segala perbedaan yang ada disekitarnya
  5. Mengenalkan kepada anak sikap menghormati, simpati dan empati terhadap orang lain
  6. Membentuk murid yang berkarakter dan religious
  7. Mampu dan bisa mempunyai rasa tanggung jawab terhadap apa yang menjadi kewajiban dari agama yang dipeluknya.
  8. Melatih rasa empati atau kepeduliaan terhadap sesama
  9. Melatih jiwa kepemimpinan dalam mengkoordinir sesama murid untuk bersedekah, dan kemampuan untuk menjadi imam dalam sholat

 

 

          4. PENJELASAN PELAKSANAAN PRAKTIK BAIK

Program JUMPA BERKAH dilaksanakan setap hari jumat pagi 20 menit sebelum proses pembelajaran di mulai. Dengan jadwal sebagai berikut : 

• Sholat Dhuha berjamaah untuk kelas 1-6 setiap hari jumat

• Membaca alquran Bersama 

• Melakukan sedekah seikhlasnya untuk kelas 1-6 beserta guru setiap hari jumat

Karakteristik lingkungan yang dikembangkan

  • Manusia 

• Kepala Sekolah 

• Guru 

• Murid 

• Tenaga Kependidikan

  • Sosial 

• Lingkungan Masyarakat mendukung program “JUMPA BERKAH"

  • politik 

• Warga Setempat 

• Musholla terdekat 

• Komite Sekolah

  • Agama dan Budaya 

• Pembiasaan Jumat Beramal • Pembiasaan sholat berjamaah

  • Fisik

• lapangan yang bisa dipakai untuk sholat berjamaah

  • Finansial 

• Dana amal dari semua murid yang diberikan seikhlasnya (Dansos)

  • Lingkungan Alam  Letak sekolah yang strategis dekat dengan jalan raya sehingga mudah diakses
  • Kolam ikan yang bersuasana sejuk dengan bentuk yang menarik

 

  • MONITORING

Monitoring dilakukan oleh guru kepada siswa, siswa kepada siswa dan semua warga sekolah apakah  program kegiatan JUMPA BERKAH berjalan dengan baik

Pertanyaan Kunci

  • Sejauh mana program yang sudah dijalankan berpengaruh terhadap sikap dan akhlak siswa?
  • Bagaimana program berpengaruh terhadap cara belajar siswa dan dampaknya terhadap kegiatan sekolah?
  • Bagaimana pengaruh program terhadap jiwa kepemimpinan siswa? Apa saja hambatan yang dihadapi ?

EVALUASI PROGRAM Dilakukan oleh “Kepala Sekolah dan Guru”

Fokus Monitoring

Bagaimana program JUMPA BERKAH dapat berjalan dengan baik?

Pertimbangan pemilihan

Untuk memastikan program JUMPA BERKAH dapat berjalan dengan baik maka dilakukan program monitoring kepada siswa bekerjasama dengan guru kelas

Pertanyaan Utama Monitoring

  • Bagaimana sikap siswa selama program JUMPA BERKAH dilaksanakan ?,
  • adakah hambatan yang di alami?

 

  • EVALUATION

Kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana program membawa pengaruh terhadap kebiasaan, cara berfikir dalam menghadapi masalah, bagaimana program berpengaruh terhadap kegiatan belajar siswa di sekolah, bagaimana pengaruh terhadap jiwa kepemimpinan siswa dan hambatan apa saja yang di hadapi ?

Kegiatan Evaluasi melibatkan  : Kepala sekolah dan Guru

 

Metode pengumpulan data

Pertanyaan Monitoring : Bagaimana Respon siswa ketika dilaksanakan program JUMPA BERKAH? 

Sumber Informasi       : Guru dan Siswa 

Metode                       : Wawancara dan Observasi. 

Kapan / Bagaimana    : Dalam proses berjalan

 

Strategi Pengolahan Data 

Pertanyaan Monitoring           : Bagaimana pembagian kerja dalam tim ? 

Data Yang terkumpul              : semua anggota tim melaksanakan tugas dengan baik

Kesimpulan                             : Kegiatan Program JUMPA BERKAH berjalan dengan baik dan tanpa kendala

 

  • LEARNING

Kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh Siswa, Guru, Kepala Sekolah dan seluruh pihak yang terlibat dalam program ini menjadi landasan utama untuk menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan bahan Pembelajaran untuk menjadikan program JUMPA BERKAH menjadi Budaya Positif di sekolah dan mampu mempengaruhi jiwa kepemimpinan siswa berlandaskan sikap akhlak mulia

Pembelajaran Program

Faktor pendukung pelaksana program

“Koordinasi tim yang baik”

 

Faktor penghambat pelaksana program

“Terdapat siswa yang tidak bersemangat melaksanakan program Pembelajaran”

 

Catatan Khusus pengecualian dan Lain-lain : 

mencatat semua yang terjadi pada siswa baik yang buruk maupun yang istimewa

Refleksi: untuk siswa yang kurang bersemangat dilaksanakan proses coaching dan pembinaan terlebih dahulu, Untuk yang sudah melaksanakan dengan baik diberikan apresisasi berupa pujian, motivasi dan penghargaan

  • REPORTING

Kegiatan Reporting dilakukan dengan cara : 

  1. Siswa menuliskan hasil laporan perolehan dana pada buku laporan yang sudah disiapkan
  2. Guru menyusun laporan dari siswa secara berkala dan melaporkan kepada Kepala Sekolah dan Warga Sekolah
  3. Kepala Sekolah dan Guru menganalisa laporan untuk mengambil tindak lanjut (RTL) dari program yang sudah dilaksanakan

Pelaporan Program

Gambaran umum program: kegiatan ini adalah kegiatan yang dapat meningkatkan sikap positif, empati, simpati, kepemimpinan dan kerjasama diantara para siswa, apalagi setelah masa pandemi melanda. interaksi yang terjadi antar siswa sangatlah terbatas. Program ini juga dapat digunakan sebagai bentuk laporan kegiatan peningkatan kompetensi siswa dalam mengembangkan diri di sekolah, dan menjadikan orangtua terlibat langsung untuk kelangsungan program ini di lingkungan rumah

Pelibatan orang tua dan Komunitas

  • Orangtua dan guru berkolaborasi dalam memantau perkembangan sikap dan akhlak mulia siswa
  • Orangtua berpartisipasi dalam mendukung keterlibatan siswa
  • Komunitas dan alumni dapat berkontribusi dalam program ini
  • Bekerjasama dengan badan Amal di lingkungan sekolah

 

         5. HASIL YANG DICAPAI

Dengan dilakukanya Program yang berdampak pada murid, murid memiliki jiwa kepemimpinan,bertaqwa kepada tuhan YME,berakhlak mulia,Berkarakter dan religious, saling menghargai dan menghormati, adanya rasa simpati dan empati pada orang lain  serta Bertanggung jawab .

     

    6. KESIMPULAN

Hal yang menarik adalah saya dapat mempelajari bagaimana pembuatan dan pengelolaan program yang berdampak pada murid berdasarkan aset dengan mempertimbangkan manajemen resiko serta bagaimana menggunakan evaluasi “MELR”

“BERFIKIR DAN BERUCAPLAH DENGAN POSITIF, KARENA SETIAP FIKIRAN DAN UCAPAN KITA ADALAH DOA"

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kisahku menjadi Guru Inovatif di Kota Solo
4 min
Alternatif Metode Pembelajaran dengan Media Pop-Up Untuk Memacu Potensi Siswa dan Memudahkan Proses
1 min
Pembelajaran Hots Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Bahan Produk Mie Instan
Menjadi Guru Inovatif di Era Sekarang
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB