GURU BERKEMBANG SISWA PINTAR DENGAN LITERASI DIGITAL - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 09 Sep 2023

GURU BERKEMBANG SISWA PINTAR DENGAN LITERASI DIGITAL

Literasi digital merupakan salah satu komponen penting dalam lingkungan pendidikan Penggunaan teknologi digital sebagai sumber belajar tambahan. Guru dapat menggunakan internet sebagai sumber belajar tambahan untuk menunjang buku-buku cetak yang digunakan dalam pembelajaran.

Seputar Guru

A.ZHODIKURROHMAN HASYIM

Kunjungi Profile
636x
Bagikan

Literasi digital merupakan salah satu komponen penting dalam lingkungan pendidikan karena penerapan literasi digital di lingkungan pendidikan dapat membuat peserta didik jauh lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi informasi dan komunikasi. Literasi memiliki arti yang luas yakni mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, literasi digital sangat dipengaruhi oleh  kemampuan penggunanya. Yakni, kemampuan untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif.

Pemanfaatan media digital sebagai pembelajaran sudah mengalami pengembangan yang signifikan. Hadirnya media digital ini memberikan beragam inovasi pendidikan, dimana pembelajaran konvensional yang kaku dan monoton akan digantikan dengan pembelajaran mengunakan media digital yang dianggap lebih praktis, fleksibel, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Tak hanya guru sebagai komunikator, peserta didik juga dapat berperan sebagai komunikator atau pihak pemberi pesan. Hal ini dapat terjadi di tengah sistem pembelajaran yang semakin modern.

Guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar, namun peserta didik dapat mengeksplorasi kan diri untuk menggali informasi dari berbagai sumber dan mengkomunikasikannya dalam proses pembelajaran.

Peran media pembelajaran dapat berhasil apabila mampu merubah perilaku peserta didik (behavior change) dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keberhasilan penggunaan media pembelajaran tersebut sangat bergantung pada bagaimana media itu direncanakan dengan baik.

Media juga akan menjadi efektif dan berhasil digunakan dalam proses pembelajaran jika dilakukan analisis yang komprehensif dengan memperhatikan berbagai aspek.

Penggunaan teknologi digital sebagai sumber belajar tambahan. Guru dapat menggunakan internet sebagai sumber belajar tambahan untuk menunjang buku-buku cetak yang digunakan dalam pembelajaran. Misalnya platfrom yang dari pemerintah / kemendikbud yang sekarang banyak diakses dan dirasakan manfaatnya oleh guru, begitupun juga akun belajar.id yang digunakan oleh guru dan siswa sehingga bisa berkolaborasi media pembelajaran, pendidikan diera saat ini sudah membuktikan kemajuan pendidikan yang ada di negara kita. INDONESIA MERDEKA.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Menjaga Keseimbangan Kesehatan Mental Guru di Tengah Perubahan Kurikulum

Taufik Amin, S.Pd

Nov 28, 2023
12 min
Sehat Mental dan Mindset Positif, Salah Satu Kunci Kesuksesan Guru
Antusiasme Berdigital demi Pencapaian Pembelajaran

Bona Ventura

Sep 11, 2023
4 min
Jangan Lupakan 4 Kompetensi Guru Ini !
2 min
Kesehatan Mental Guru yang Dikesampingkan

marisa shinta

Dec 05, 2023
1 min
Prinsip Cara Menyusun Modul ajar sesuai Ketentuan Kemendikbud
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB