GI Class #94 | Perencanaan Pembelajaran Berbasis Data - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 22 Apr 2024

GI Class #94 | Perencanaan Pembelajaran Berbasis Data

Rapor pendidikan merupakan laporan yang komprehensif mengenai kondisi layanan satuan pendidikan. Melalui rapor pendidikan, satuan pendidikan dapat mengetahui apa saja hal yang sudah berjalan dengan baik maupun yang masih perlu penguatan dalam upaya perbaikan layanan yang berkelanjutan.

Metode Mengajar

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
82x
Bagikan

Pada hari Sabtu tanggal, 20 April 2023 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Class #94 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Perencanaan Pembelajaran Berbasis Data”. Event ini dibersamai oleh Dr. Lanny Anggraini, S.Pd., M.A., dari Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Mengapa Perlu Mengakses Platform Rapor Pendidikan?

Rapor Pendidikan merupakan laporan yang komprehensif mengenai kondisi layanan satuan pendidikan. Melalui Rapor Pendidikan, satuan pendidikan dapat mengetahui apa saja hal yang sudah berjalan dengan baik maupun yang masih perlu penguatan dalam upaya perbaikan layanan yang berkelanjutan.

Baca juga:
Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Siswa

Selanjutnya, seluruh warga sekolah harus menindaklanjuti Rapor Pendidikan dalam proses identifikasi, refleksi, benahi perencanaan, dan benahi implementasi (IRBB). Selain itu, mereka juga menghasilkan perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan. Dalam hal ini Rapor Pendidikan perlu memahami data yang tersaji yang menghasilkan perencanaan yang sesuai kebutuhan.

GI Class #94 | Perencanaan Pembelajaran Berbasis Data

Bagaimana Cara Mewujudkan Peningkatan Kualitas Pendidikan Indonesia yang Berkelanjutan

Beberapa peran untuk meningkatkan kualitas pendidikan, seperti:

Pemerintah Daerah

Pemerintah daerah memiliki tugas meningkatkan akreditas dalam menggunakan Rapor Pendidikan sebagai referensi perencanaan dan penganggaran daerah. Selain itu pemerintah memiliki tugas untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Satuan Pendidikan

Dalam hal ini, satuan pendidikan perlu mempelajari Rapor Pendidikan untuk membangun keterlibatan orang tua. Selain itu satuan pendidikan perlu melakukan diskusi dengan warga sekolah untuk menciptakan iklim sekolah yang kondusif dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Baca juga:
Penerapan Gamifikasi dalam Pembelajaran tanpa Menggunakan Perangkat Digital

Orang tua

Peran orang tua yaitu mencermati Rapor Pendidikan dan mendiskusikan dengan pemangku kepentingan di sekolah. Kritik dapat membantu untuk melakukan oembenahan dan menciptakan pembelajaran yang kondusif.

Mau tahu lebih lanjut mengenai pendidikan inklusi? Simak pembahasan selengkapnya termasuk contoh program yang dapat diterapkan melalui rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Belajar dimana saja dan kapan pun dengan online course GuruInovatif.id!
Akses beragam pilihan topik ‘tuk tingkatkan kompetensi mengajar hingga skill digital Anda sesuai kebutuhan guru abad 21!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

5 Aplikasi Mengubah Kelas jadi Interaktif
6 min
Moodle dalam Pembelajaran
MENUMBUHKAN MINAT LITERASI SISWA MELALUI PEMBUATAN KOMIK STRIP DENGAN MEDIA CANVA
Media Pembelajaran Ada di Ruang Kelas

Edy Samsul

Jul 23, 2022
1 min
AKU BAPER TikTok (Aktualisasi Pembelajaran Berbasis Projek TikTok)

putu kusuma

Jun 30, 2022
2 min
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB dengan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB