GI Class 84 "Strategi Menyusun Media Pembelajaran 5.0" - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Agu 2023

GI Class 84 "Strategi Menyusun Media Pembelajaran 5.0"

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, media pembelajaran digital mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, memicu kreativitas, dan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1066x
Bagikan

Diselenggarakan pada 6 Agustus 2023 melalui ruang virtual Zoom dan live streaming YouTube, Guru Inovatif Class #84 diikuti oleh puluhan guru yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Disampaikan oleh Siti Komariyeh, S.Pd atau yang akrab disapa Bu Guru Ria selaku Trainer GuruInovatif.id dan Konten Kreator Pendidikan, event rutin yang diselenggarakan oleh GuruInovatif ini mengangkat topik “Strategi Menyusun Media Pembelajaran 5.0” yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para guru dan tenaga pendidikan di Indonesia tentang pentingnya penggunaan media pembelajaran digital yang efektif dalam proses pembelajaran.

Pentingnya Menyusun Media Pembelajaran

Pendidikan telah mengalami evolusi yang signifikan dengan masuknya teknologi dalam dunia pembelajaran. Media pembelajaran digital telah menjadi tonggak penting dalam transformasi pendidikan. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, media pembelajaran digital mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, memicu kreativitas, dan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Strategi Pemilihan Media Pembelajaran

Pada webinar ini, selain media pembelajaran secara umum, disampaikan pula oleh Bu Guru Ria terkait strategi dalam pemilihan media pembelajaran.

1. Relevansi dengan Tujuan Pembelajaran, Konteks, dan Kebutuhan

Pemilihan media pembelajaran harus selaras dengan tujuan pembelajaran, konteks kelas, dan kebutuhan siswa.

2. Memahami Profil Belajar Siswa

Pengenalan terhadap gaya belajar siswa membantu dalam memilih media yang sesuai untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

3. Penyesuaian dengan Lingkungan Pembelajaran

Media pembelajaran harus dapat diintegrasikan dengan metode pembelajaran dan lingkungan kelas yang ada.

4. Aksesbilitas

Media pembelajaran harus mudah diakses oleh semua siswa dari berbagai jenis perangkat serta memastikan inklusivitas dalam pembelajaran.

5. Kreativitas dan Inovasi

Guru perlu berani mencoba media pembelajaran baru yang kreatif dan inovatif untuk memotivasi siswa.

 

Lalu, sebagai tenaga pendidik yang mengajar di kelas, bagaimana cara menentukan media pembelajaran apa yang sesuai era digital saat ini?

Simak pembahasan lebih lengkap melalui sesi rekaman Zoom pada link berikut yang dapat diakses gratis melalui keanggotan membership.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Dwita | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Academy #11 : Membangun Kolaborasi Sekolah dengan Orang Tua dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
3 min
GI Academy #15 : Kupas Tuntas Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka
3 min
Pentingnya Kecakapan Digital bagi Guru
3 min
Guru Inovatif Conference 2023 : Peran Guru dalam Pembelajaran di Era Society 5.0
3 min
Sertifikasi Guru tentang Public Speaking with Diyah Adikara
1 min
Generasi Z dan Alpha: Memahami Karakteristik Generasi Penerus Bangsa untuk Masa Depan yang Lebih Baik
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB