GI Class #110 | Panduan Menyusun Rapor P5: Mencatat Perkembangan Siswa dengan Tepat - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Okt 2024

GI Class #110 | Panduan Menyusun Rapor P5: Mencatat Perkembangan Siswa dengan Tepat

Pada tanggal 05 Oktober 2024 yang lalu, GuruInovatif.id menyelenggarakan webinar bersertifikat yang menghadirkan Rachmah Safitri, S.Pd., selaku trainer GuruInovatif.id dengan tema “Panduan Menyusun Rapor P5: Mencatat Perkembangan Siswa dengan Tepat”.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
9x
Bagikan

GuruInovatif.id berhasil menyelenggarakan webinar bersertifikat Guru Inovatif Class ke-110 pada tanggal 05 Oktober 2024 yang lalu. Pada kesempatan ini, narasumber webinar ini menghadirkan Rachmah Safitri, S.Pd., selaku trainer dari GuruInovatif.id yang membawakan tema “Panduan Menyusun Rapor P5: Mencatat Perkembangan Siswa dengan Tepat”.

Posisi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Operasional Sekolah

Dalam webinar ini, narasumber menjelaskan bahwa posisi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Operasional Sekolah memiliki tujuan jangka panjang atas segala proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Maksudnya adalah tidak hanya menjalankan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) saja, namun diimplementasikan ke dalam kegiatan intrakurikuler dan juga kegiatan ekstrakurikuler.

Selain itu, Profil Pelajar Pancasila juga dapat mengembangkan kompetensi serta karakter setiap warga sekolah. Misalnya, karakter apa yang kita ingin kita bangun kepada siswa kelas 1 SD di semester 1 dan 2? Sehingga, pendidik juga perlu untuk menganalisa kebutuhan belajar siswa.

Selanjutnya, Profil Pelajar Pancasila dapat menjadi “benang merah” yang menyatukan segala praktik yang dijalankan di sekolah. Sehingga, karakter-karakter yang terkandung dalam Profil Pelajar Pancasila tidak hanya diimplementasikan saat di sekolah saja oleh siswa, namun juga dapat di praktikkan di rumah dan di lingkungan sekitarnya. Karena saat ini, seorang individu tidak hanya harus dibekali dengan kemampuan akademik saja, tetapi juga harus diimbangi dengan karakter yang baik pula.

Baca juga:
Profil Pelajar Pancasila, Definisi, Elemen, dan Fungsinya dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa

Harapannya, cita-cita Indonesia Emas 2045 tak hanya seputar masyarakat dengan kemampuan akademik yang baik, namun juga memiliki karakter yang baik.

Merancang Strategi Pelaporan Hasil P5

Narasumber juga turut menjelaskan saat merancang strategi pelaporan hasil P5, melibatkan evaluasi penilaian dan rapor P5. Beliau juga memberikan informasi bahwa rapor P5 akan diserahkan pada bulan Juni 2024. Lebih lanjut, beliau menerangkan langkah-langkah dalam menyusun penilaian P5 berupa:

  • Analisis pemetaan dimensi-elemen-sub elemen

  • Rubrik utama P5

  • Modul projek

  • Jurnal pendidik

  • Rapor P5

GI Class #110 | Panduan Menyusun Rapor P5: Mencatat Perkembangan Siswa dengan Tepat

Dalam menyusun kegiatan P5, pendidik dapat mengacu pada SK Kepala Balitbang Nomor 031/H/KR/2024 mengenai kompetensi dan tema kegiatan P5. Kemudian beliau menjelaskan, bahwa terdapat sedikit perubahan ketika pendidik telah sampai di hasil atau tujuan akhir.

Beliau juga membagikan pengalamannya saat menyusun rapor P5. Pada langkah pertama, beliau menetapkan dua dimensi yang ingin dilaksanakan, yakni berkebinekaan global dan gotong royong. Lalu masing-masing dimensi tersebut beliau isi berdasarkan acuan yang sudah terkandung dalam SK Kepala Balitbang Nomor 031/H/KR/2024.

Baca juga:
3 Langkah yang Perlu Dipersiapkan Satuan Pendidikan untuk Menyelenggarakan P5

Kemudian beliau membuat rubrik utama P5 berdasarkan dua dimensi yang sudah dipilih sebelumnya. Apa saja yang harus diisi dalam rubrik utama tersebut?

  • Elemen Profil Pelajar Pancasila;

  • Sub-elemen Profil Pelajar Pancasila;

  • Target “Mulai berkembang”;

  • Target “Sedang berkembang”;

  • Target “Berkembang Sesuai Harapan”;

  • Target “Sangat berkembang”.

Pada penjelasan berikutnya, beliau juga membagikan pengalaman saat membuat jurnal pendidik hingga rapor P5.

Tertarik untuk mengikuti lebih lanjut mengenai langkah pembuatan jurnal pendidik hingga rapor P5 beserta contohnya? Jangan khawatir, simak penjelasan yang lebih rinci pada rekaman webinar berikut ini!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami di https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Konsultasikan kebutuhan pelatihan sekolah Anda disini!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Academy #36 | Menyusun Kegiatan P5: Meningkatkan Iklim Kebinekaan
3 min
Komunitas Belajar sebagai Solusi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa
4 min
Program Pelatihan In House Training Kurikulum Merdeka
2 min
Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran: Tips untuk Guru yang Efektif
2 min
Mengenal Kriteria dan Komponen dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka
2 min
UKMPPG sebagai Tahap Terakhir PPG untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar