Pembelajaran Matematika Menggunakan Game Online Berbasis RPG Untuk Meningkatkan Motivasi Murid Dalam Belajar Matematika
Oleh Deni Suharyanto, S.Pd., M.Pd.
Hakikat pendidikan merupakan suatu tuntunan dalam perkembangan murid, artinya pendidikan tidak bisa merubah kodrat yang ada pada murid. Pendidikan hanya bisa menuntun perkembangan kodrat tersebut supaya bisa berkembang dengan baik, sehingga tercipta wellbeing pada hidup murid. Dalam prosesnya, pendidikan harus sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jaman pada murid, artinya pendidikan itu dinamis.
Penerapan kurikulum merdeka merupakan langkah yang tepat dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pada kurikulum merdeka terdapat 3 jalur yang dapat dipilih, yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi. Hal ini memberikan kebebasan bagi pihak sekolah untuk memilih jalur pada kurikulum merdeka yang sesuai dengan keadaan sekolah. Selain itu, beberapa program yang dilontarkan oleh pemerintah, seperti pelatihan guru, sertifikasi guru, pelatihan in house training, pendidikan guru penggerak, sekolah penggerak, dan berbagi praktik baik, semakin memperkuat tujuan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Pada pembelajaran di kelas, pembelajaran berdiferensiasi merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan belajar murid. Pada pembelajaran berdiferensiasi, terdapat diferensiasi konten, proses, dan produk. Penggunaan game RPG pada pembelajaran matematika merupakan alternatif penggunaan platform digital pada diferensiasi konten untuk menguatkan literasi digital secara lebih menarik dan inovatif. Pada pembelajaran matematika di kelas, murid cenderung pasif dan mudah jenuh. Mereka pun tidak antusias dalam mengerjakan tugas rumah yang diberikan oleh guru dalam rangka menguatkan pemahaman terhadap konsep yang dipelajari. Mayoritas nilai mereka pada saat ulangan pun masih dibawah kriteria ketuntasan yang telah disepakati di sekolah, sehingga mayoritas dari mereka mengikuti program remedial daripada program pengayaan. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, salah satunya adalah pembelajaran matematika belum dirancang secara inovatif yang membuat murid merasa bersemangat dalam belajar. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan mengenai murid yang kurang semangat ketika belajar matematika, penulis menggunakan game RPG yang digunakan dalam mempelajari materi dan latihannya.
Latarbelakang dari penggunaan game RPG adalah kodrat murid, yaitu bermain game secara online. Pada pembelajaran menggunakan game RPG, konsep dan latihan diselipkan pada game, sehingga murid lebih nyaman dalam belajar. Dengan cara ini murid lebih tertantang dalam belajar, mereka merasa senang ketika mempelajari konsep atau soalnya, serta bersemangat menyelesaikan soal atau memahami konsep yang ditemukan pada game.
Link game: http://bit.ly/raza_math
#GuruInovatif, #LombaArtikelS4, #ArtikelGI, dan #LombaGI
Penyunting: Putra