5 Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Bersama Anak di Bulan Ramadhan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 29 Mar 2023

5 Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Bersama Anak di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah momentum terbaik bagi Bapak/Ibu sekalian untuk lebih dekat dan mengenal anak dengan lebih baik. Melalui aktivitas-aktivitas seru dan kreatif maka mereka akan merasa aman dan nyaman berada di sekitar Anda. Hal tersebutlah yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
2495x
Bagikan

Menjadi seorang guru memanglah tidak mudah, Bapak/Ibu harus mengorbankan waktu lebih banyak di sekolah daripada di rumah. Seringkali hal tersebut membuat Anda lalai dengan perkembangan dan situasi anak. Hal tersebut tentu saja dapat berdampak negatif bagi tumbuh kembang mereka dalam segala bidang. Nah! salah satu momen terbaik untuk membangun kedekatan Bapak/Ibu dengan anak adalah pada saat Bulan Ramadhan. 

5 Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Bersama Anak di Bulan Ramadhan
Menjaga kedekatan dengan anak sangat baik bagi tumbuh kembang mereka (Sumber: canva)

Di bulan yang suci ini Anda memiliki kesempatan lebih banyak bersama anak baik mulai dari sahur, berbuka, sampai salat tarawih secara bersama-sama. Oleh karena itu, di bulan tersebut dapat menjadi kesempatan bagi Bapak/Ibu untuk mengenal anak dengan lebih baik lagi. Mengenal anak lebih dekat sangat penting untuk melihat motivasi, keinginan, dan arah cita-cita mereka dengan lebih baik lagi. Dengan demikian, berikut kami uraikan lima aktivitas yang dapat meningkatkan kedekatan Bapak/Ibu dengan keluarga selama Bulan Ramadhan. 

5 Aktivitas Seru Bersama Anak saat Bulan Puasa

Pada bulan puasa, anak-anak seringkali cepat  bosan karena banyak kegiatan yang tidak dapat dilakukan dengan lebih leluasa. Namun, walaupun dalam kondisi perut yang kosong masih banyak kegiatan kreatif dan seru yang dapat Bapak/Ibu lakukan bersama anak. Penasaran apa saja aktivitas tersebut? Simak penjelasan sampai akhir ya!

1. Membersihkan Rumah

Salah satu aktivitas seru di rumah saat bulan puasa adalah membersihkan rumah. Bapak/Ibu dapat memulainya dari membereskan dapur, berkebun, sampai membersihkan kamar. Situasi rumah yang dapat meningkatkan motivasi dan kenyamanan Anda bersama anak. Selain itu, anak menjadi belajar banyak hal seperti memiliki rasa tanggung jawab dan kedisiplinan yang baik. 

2. Menonton Film-Film Islami 

Aktivitas selanjutnya yaitu menonton film-film islami seperti kisah-kisah nabi, cerita motivasi, atau animasi-animasi. Selain dapat meningkatkan kedekatan Bapak/Ibu dengan anak, aktivitas tersebut dapat menambah wawasan mereka tentang agama Islam. Oleh karena itu, cobalah ajak anak untuk menonton film-film seperti kisah Nabi Muhammad SAW, kisah Nabi Sulaiman A.S, dan cerita-cerita sahabat rasul sehingga  merkea dapat memperoleh nilai-nilai keteladanan yang terdapat dalam film tersebut. 

3. Membaca Qur’an dan Belajar Surah-Surah Pendek

Salah satu amalan terbaik pada saat Bulan Ramadhan adalah pahala yang dilipatgandakan. Melatih anak membaca Al-Qur’an sangat bermanfaat untuk  bekal mereka di masa yang akan datang. Selain itu, aktivitas tersebut dapat mendorong anak menjadi pribadi yang lebih lembut, jujur, dan berakhlak mulia.

5 Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Bersama Anak di Bulan Ramadhan
Ajaklah anak belajar Al-Qur’an bersama-sama (Sumber: Canva)

4. Berolahraga sembari Menunggu Azan Maghrib

Sembari menunggu azan Maghrib banyak aktivitas yang dapat Bapak/Ibu lakukan bersama anak seperti bersepeda, jalan-jalan santai, dan bermain bulutangkis. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjaga kestabilan dan kebugaran tubuh pada saat bulan puasa. 

5. Bermain Origami

Seni melipat kertas seperti origami dapat menjadi ide kreatif yang dapat Bapak/Ibu lakukan bersama anak. Selain dapat memanfaatkan waktu dengan baik, bermain origami juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kesabaran mereka.

Demikianlah lima kegiatan yang dapat Bapak/Ibu lakukan bersama anak di bulan yang penuh berkah ini. Menjadi seorang guru memang tidaklah mudah, oleh karena itu selain menjadi guru bagi semua siswa di sekolah, Anda juga harus menjadi teladan terbaik bagi anak Bapak/Ibu di rumah. Cobalah untuk selalu dekat dengan mereka agar dapat selalu menjaga motivasi dan semangat mereka dalam belajar. Berikanlah pendekatan terbaik yang tidak menghakimi atau melukai perasaan mereka. Hal tersebut sangat penting agar mereka lebih terbuka kepada Anda dalam hal apapun. 

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi semua guru hebat di Indonesia! Mari bersama-sama kita bawa pendidikan bangsa ke taraf yang lebih maju lagi! Salam Inovatif!

Ayo tingkatkan kualitas sekolah Bapak/Ibu dengan In House Training!

Melalui program tersebut! Anda dapat memperdalam segala informasi tentang Kurikulum Merdeka dan metode pembelajaran terbaik bagi pendidikan di sekolah Anda! Selain itu, Bapak/Ibu bisa memilih dan menentukan jadwal pelaksanaan program secara fleksibel sehingga tidak menganggu rangkaian kegiatan di sekolah.  Kami tunggu ya di program In House Training! Mari bersama-sama kita tingkatkan prestasi sekolah Anda! Hubungi kami segara atau klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut ya! Salam Inovatif. 


Penulis: Yandi Chidlir
Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Apa itu Uninvolved Parenting? Pola Asuh Tidak Ada Ikatan Emosional!
2 min
Need for achievement dan Kesehatan Mental Guru
Menelisik Urgensi Bahasa Inggris bagi Tenaga Pendidik
2 min
Origami dan Manfaatnya bagi Siswa dalam Pendidikan
4 min
Tapak Tilas Perjuangan Raden Dewi Sartika dalam Merdeka Belajar
4 min
Dampak Revenge Porn dalam Dunia Pendidikan
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB