5 Beasiswa dari Luar Negeri untuk Tenaga Pendidik - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 19 Mei 2023

5 Beasiswa dari Luar Negeri untuk Tenaga Pendidik

Temukan informasi penting tentang beasiswa untuk guru dan peluang belajar di luar negeri di artikel pengantar beasiswa untuk guru. Pelajari kriteria penerimaan dan persyaratan aplikasi serta cara memaksimalkan kesempatan Anda. Baca sekarang dan mulai rencanakan masa depan pendidikan Anda!

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
3996x
Bagikan

Beasiswa untuk guru adalah salah satu bentuk dukungan pendidikan yang diberikan kepada para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran di Indonesia. Beasiswa ini umumnya diberikan oleh lembaga pemerintah, swasta, atau institusi pendidikan di luar negeri.

Ada beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan untuk guru, seperti beasiswa studi lanjutan, beasiswa penelitian, dan beasiswa pengembangan profesi. Kriteria penerima beasiswa juga bervariasi, termasuk pengalaman kerja, prestasi akademik, dan kontribusi pada masyarakat.

5 Beasiswa dari Luar Negeri untuk Guru

Berikut ini tim redaksi GuruInovatif.id mengumpulkan 9 jenis beasiswa yang dapat Anda ajukan untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai tenaga pengajar

1. MEXT - Teacher Training Program

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang atau Monbukagakusho/MEXT menawarkan program beasiswa yang dirancang khusus untuk para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya.

Masa studi untuk program beasiswa ini adalah 1 tahun 6 bulan (sudah termasuk 6 bulan pertama untuk mempelajari bahasa Jepang).

2. Fulbright DAI

Program beasiswa ini memberi kesempatan bagi para tenaga pendidik sekolah dasar dan menengah untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di universitas Amerika Serikat (AS).

Peserta program yang lolos seleksi akan mengikuti program pengembangan profesional, mengikuti kuliah, menjalani proyek individu atau kelompok, mengamati serta membagikan keahlian dengan guru dan siswa di universitas tuan rumah atau jenjang sekolah dasar hingga menengah di AS.

3. Australian Awards for Indonesia

Beasiswa Australian Awards for Indonesia adalah program beasiswa yang ditujukan untuk para guru dan tenaga pendidik di Indonesia yang ingin melanjutkan studi maupun pengajaran di Australia. Program ini mencakup biaya hidup, biaya kuliah, dan asuransi. Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman kerja di Australia.

4. Erasmus

Erasmus adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Uni Eropa. Program ini memberikan kesempatan bagi guru di seluruh dunia untuk melakukan studi maupun pengajaran di universitas-universitas di Eropa. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan asuransi. Erasmus juga menawarkan kesempatan untuk memperoleh pengalaman kerja di luar negeri melalui program magang.

5. Chevening

Program Beasiswa Chevening adalah program beasiswa pemerintah Inggris yang ditujukan bagi individu yang ingin melanjutkan studi S2 di universitas-universitas terkemuka di Inggris. Beasiswa ini menawarkan kesempatan bagi guru-guru Indonesia untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang pendidikan, sambil mendapatkan pengalaman belajar di lingkungan yang berbeda. Beasiswa Chevening menanggung biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, dan tunjangan bulanan selama masa studi di Inggris.

5 Beasiswa dari Luar Negeri untuk Tenaga Pendidik
Ilustrasi mendapatkan beasiswa di luar negeri (Sumber: Canva)

Untuk mendapatkan beasiswa, guru harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh penyedia beasiswa. Persyaratan tersebut meliputi latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan bahasa asing.

Sebelum mengajukan beasiswa, sebaiknya guru mempersiapkan diri dengan baik. Salah satunya dengan memperdalam pengetahuan dan keterampilan di bidang yang akan dipelajari. Selain itu, guru juga dapat mencari informasi mengenai beasiswa yang tersedia dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan karirnya.

Dengan memperoleh beasiswa untuk guru, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan membuka peluang karir yang lebih luas di masa depan. Selain itu, beasiswa ini juga dapat memperkaya pengalaman dan pengetahuan bagi para guru yang mengikutinya.

Dalam rangka mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia, para guru diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan beasiswa yang tersedia dengan sebaik-baiknya.

Jangan biarkan kesempatan berharga terlewatkan! Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dengan mengikuti kursus online kami dan dapatkan sertifikat resmi sebagai bukti keberhasilan Anda. Daftar sekarang dan siapkan diri Anda untuk meraih kesuksesan di masa depan!


Penulis: Eka
Penyunting: Putra

0

9

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Tips Menjaga Kesehatan Mental Guru

Devita Sri. S. Pd

Nov 30, 2023
3 min
Profil Pelajar Pancasila, Definisi, Elemen, dan Fungsinya dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa
5 min
Méntal guru jangan mental !!

ani sumiani

Nov 30, 2023
8 min
Komunitas Profesional: Sebuah ruang aman bagi guru untuk saling menguatkan

GUSTI DARMA

Dec 12, 2023
8 min
Peningkatan Potensi Guru melalui Wiyata Kinarya!
2 min
Ilustrasi Kesehatan Mental Pengajar SMK di Indonesia 2023 (Kurikulum Merdeka)

Aman Maathoba

Dec 01, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB