5 Bahan Ajar untuk Merdeka Mengajar - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 09 Sep 2023

5 Bahan Ajar untuk Merdeka Mengajar

5 Bahan ajar ini sangat membantu guru dalam mewujudkan merdeka mengajar. Seperti kalendar guru 2023, template alur tujuan pembelajaran, capaian pembelajaran, science crime dan bahkan kumpulan soal matematika.

Dunia Pendidikan

2405x
Bagikan

Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu menuju masa depan yang cerah, dan menjadi seorang guru yang efektif adalah peran yang sangat penting dalam proses ini. Namun, untuk menjadi guru yang mampu merdeka mengajar, Anda perlu memiliki bahan ajar yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lima bahan ajar yang dapat membantu Anda menghemat waktu dan menjadi guru yang lebih efektif dan kreatif dalam mengajar.

1. Science In Crime

Bahan ajar ini dirancang untuk melatih daya imajinasi, analisis dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Mengambil salah satu topik pada mata pelajaran Fisika yaitu gerak dengan percepatan. Worksheet ini memiliki fokus pertanyaan “Siapakah pembunuh di hotel Lufficia Tower?” mengantarkan siswa untuk berimajinasi seolah-olah mereka sedang berperan sebagai detektif yang sedang melakukan penyelidikan. Worksheet ini dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan persamaan-persamaan tentang gerak. Agar dapat saling bertukar gagasan, worksheet ini juga merupakan media yang tepat untuk dikerjakan secara berkelompok.

Bahan ajar ini dapat diunduh di sini: https://karya.guruinovatif.id/dokumen/science-in-crime-1-lufficia-the-midnight-murder

2. Kalender Pendidikan 2023

Kalender ini mengacu pada kalender pendidikan provinsi Jawa Tengah. Yuk, Simak dan tandai tanggal-tanggal penting di kalender pendidikan agar kamu tetap update. Dengan kalender pendidikan 2023 ini, guru dapat mengetahui jadwal pelaksanaan PTS, PAS, PAT, dan hari libur nasional.engan jadwal terkini. Semangat menyambut tahun ajaran baru. Salam Guru Inovatif! Kalender ini dapat diunduh di sini: https://karya.guruinovatif.id/dokumen/kalender-pendidikan-2023

3. Template CP TP ATP Kurikulum Merdeka

Dalam rangka mencapai visi Kurikulum Merdeka yang lebih adaptif dan memberikan kemerdekaan kepada guru dalam merancang pembelajaran, penggunaan template CP, TP, ATP, dan Kurikulum Merdeka dapat membantu guru dalam mengoptimalkan proses pembelajaran dan menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa. Manfaat dari template CP TP ATP ini antara lain: 

  • Memungkinkan guru untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
  • Guru dapat mengidentifikasi capaian pembelajaran yang spesifik dan dapat diukur, ini membantu dalam mengevaluasi sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai.
  • ATP memungkinkan guru untuk merencanakan berbagai aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal ini memungkinkan pendekatan pembelajaran yang beragam dan menarik bagi siswa.
  • Memungkinkan guru untuk merencanakan pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa, yang sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.
  • Membantu dalam mengidentifikasi area yang perlu perbaikan dan membuat perubahan yang sesuai dalam rencana pembelajaran.

Template ini dapat diunduh di sini: https://www.twinkl.co.id/resource/template-cp-tp-atp-kurikulum-merdeka-capaian-pembelajaran-alur-tujuan-pembelajaran-id-t-1689342617

4. Bahan Ajar Konsep Fisika dalam Bentuk Games

Menghadirkan konsep fisika dalam bentuk permainan adalah cara yang menarik dan efektif untuk mengajarkan materi fisika kepada siswa. Ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga dapat membantu siswa memahami konsep-konsep fisika yang mungkin sulit dipahami melalui metode pengajaran konvensional. Di bawah ini, akan dijelaskan beberapa bahan ajar yang dapat menggabungkan konsep fisika ke dalam pengalaman bermain:

Hukum Newton Teka Teki Silang

Bahan ajar ini dapat digunakan untuk penugasan mandiri peserta didik agar bisa belajar dengan cara yang menyenangkan karena konsep Fisika dituangkan dalam bentuk games. Peserta didik bisa menguji pemahaman melalui review secara mandiri terhadap topik yang sedang dipelajari. Bahan ajar ini dapat diunduh di sini: https://karya.guruinovatif.id/dokumen/hukum-newton-tts

5. Bahan Ajar Matematika: Kumpulan Soal Jarak Titik ke Titik pada Balok

Kumpulan Soal Jarak Titik ke Titik pada Balok bertujuan untuk mengasah kemampuan analitis, spasial, dan kreatif individu dalam menyelesaikan masalah geometri yang melibatkan objek tiga dimensi, seperti balok. Ini adalah latihan yang bermanfaat bagi mereka yang ingin memperdalam pemahaman matematika dan menguji kemampuan dalam menerapkan konsep-konsep geometri dalam konteks dunia nyata.

Kumpulan soal ini dapat diunduh di sini: https://karya.guruinovatif.id/dokumen/bank-soal-bs-jarak-titik-ke-titik-pada-balok

Dalam dunia yang terus berubah, menjadi seorang guru yang merdeka mengajar adalah hal yang sangat penting. Dengan menggunakan bahan ajar yang tepat, Anda dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang berharga bagi siswa dan membantu mereka bersiap untuk masa depan yang sukses. Teknologi, variasi materi pembelajaran, keterampilan pemecahan masalah, seni, kreativitas, dan keterampilan hidup semuanya berperan penting dalam membentuk pendidikan yang efektif dan bermakna.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Literasi Digital : Kunci Akses Informasi dan Peluang Menghasilkan Uang bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital

saputra

Sep 10, 2023
3 min
Implementasi Projek P5 melalui Pembelajaran Diferensiasi Menggunakan Metode Scaffolding untuk Mewujudkan Generasi Emas 2045
10 min
EFEKTIFITAS PENGENALAN VARIASI WARNA PADA MAINAN SEBAGAI RUJUKAN AWAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK MENUMBUHKAN PEMAHAMAN TENTANG SIKAP TOLERANSI DALAM MENGHARGAI PERBEDAAN
9 min
Digitalisasi dalam Suara : Membangun Literasi Digital Siswa Tunanetra melalui Google Form
2 min
Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar
5 min
Refleksi Mutu Pendidikan Sekolah dengan Asesmen Nasional
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar