Literasi Digital di Era Pendidikan Digital: Peran Platform Digital dalam Pemberdayaan Siswa dan Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 01 Sep 2023

Literasi Digital di Era Pendidikan Digital: Peran Platform Digital dalam Pemberdayaan Siswa dan Guru

Artikel ini akan mengeksplorasi peran kunci yang dimainkan oleh platform digital dalam pemberdayaan siswa dan guru dalam konteks literasi digital.

Dunia Pendidikan

Fatimah Khoirunnisa

Kunjungi Profile
1289x
Bagikan

Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan mendalam dalam sektor pendidikan. Era pendidikan digital menuntut lebih dari sekadar penggunaan teknologi; itu mengharuskan penguasaan literasi digital. Artikel ini akan mengeksplorasi peran kunci yang dimainkan oleh platform digital dalam pemberdayaan siswa dan guru dalam konteks literasi digital.

Pengertian Literasi Digital

Literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan teknis dalam menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras. Ini mencakup kemampuan kritis untuk menilai, memahami, dan menggunakan informasi dari berbagai sumber digital. Literasi digital mencakup pemahaman etika online, keamanan siber, dan kemampuan untuk berpartisipasi secara produktif dalam masyarakat digital.

Platform Digital dalam Pendidikan

Platform digital adalah alat yang vital dalam pendidikan digital. Mereka mencakup sistem manajemen pembelajaran, aplikasi pembelajaran online, sumber daya digital, dan lainnya. Melalui platform-platform ini, guru dapat menghadirkan materi pembelajaran yang interaktif, siswa dapat mengakses sumber daya pendidikan secara mudah, dan kedua belah pihak dapat berkolaborasi secara daring.

Pemberdayaan Siswa melalui Platform Digital

Platform digital memberdayakan siswa dengan akses ke sumber daya belajar yang tak terbatas. Mereka dapat mengakses buku digital, video pembelajaran, simulasi, dan banyak lagi. Selain itu, platform dapat mendukung pembelajaran berbasis proyek, kelas daring, dan diskusi kelompok, memungkinkan siswa untuk menjadi pembelajar aktif.

Pemberdayaan Guru melalui Platform Digital

Platform digital juga memberdayakan guru dalam pengajaran mereka. Mereka dapat merancang kurikulum kreatif, melacak perkembangan siswa, dan mendapatkan akses ke berbagai alat pembelajaran online. Ini memungkinkan guru untuk mempersonalisasi pengajaran mereka sesuai dengan kebutuhan individu siswa.

Tantangan dan Peluang

Meskipun ada manfaat besar dalam penggunaan platform digital untuk literasi digital, juga ada tantangan seperti kesenjangan akses teknologi. Namun, dengan perhatian yang tepat terhadap masalah ini, pendidikan digital dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan literasi digital di kalangan siswa dan guru.

Kesimpulan

Literasi digital adalah keterampilan kunci di dunia yang semakin terdigitalisasi. Platform digital memainkan peran penting dalam memfasilitasi pemberdayaan siswa dan guru dalam literasi digital. Mereka menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran aktif dan kritis di era pendidikan digital. Dengan memahami peran platform digital ini dan mengatasi tantangan yang ada, kita dapat memastikan bahwa siswa dan guru siap menghadapi tantangan masa depan di dunia digital yang terus berkembang.

Sumber referensi foto: Canva


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Sosial Media sebagai Solusi untuk Mengatasi Gawat Literasi di Indonesia
Peran Guru Dalam Menumbuhkan Student Agency di Kelas

Imaliana, M.Pd.

May 02, 2023
7 min
CAKRA Inovasi Terkini Menyatukan Sinergitas Pendidikan

ASRUL, S.Pd

May 28, 2024
2 min
Bagaimana Masa Depan Pendidikan pada Transformasi Digital?
2 min
Penggunaan Platform Quizlet sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital Guru dan Siswa

SRI YUANA PARTIWI

Sep 09, 2023
2 min
PERAN GURU & PENGARUH MEDIA SOSIAL DI ERA SOCIETY 5.0

Teguh Purnomo

Sep 13, 2023
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar