Mengembangkan Keterampilan Literasi Digital dengan Menggunakan Instagram sebagai Alat Pembelajaran - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Agu 2023

Mengembangkan Keterampilan Literasi Digital dengan Menggunakan Instagram sebagai Alat Pembelajaran

Instagram bukan sekedar media sosial, tapi juga sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk memperkuat literasi digital para pelajar

Dunia Pendidikan

Silvia Noviana N., S. Pd

Kunjungi Profile
1246x
Bagikan

Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi telah merasuk ke dalam setiap aspek kehidupan kita, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu alat yang populer digunakan dalam pembelajaran digital adalah Instagram. Instagram adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video dengan pengikut mereka. Tulisan ini akan membahas tentang penguatan literasi digital dengan menggunakan Instagram sebagai alat pembelajaran. Literasi digital adalah kemampuan untuk menggunakan informasi secara efektif dan kritis melalui teknologi digital. Dalam era digital ini, penting bagi kita untuk memiliki literasi yang kuat agar dapat beradaptasi dan berhasil di dunia yang terus berubah. Melalui Instagram, para pelajar dapat mengembangkan kemampuan literasi digital mereka dalam berbagai cara.

Pertama, melalui penggunaan Instagram, pelajar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Banyak pengguna Instagram yang menggunakan caption di bawah foto mereka untuk menyampaikan pesan atau cerita. Ini menjadi kesempatan bagi para pelajar untuk membaca berbagai jenis teks dan menulis komentar yang relevan. Dengan berinteraksi dengan pengguna lain di Instagram, pelajar dapat memperluas kosa kata mereka dan meningkatkan kemampuan menulis mereka dalam bahasa yang lebih baik.

Kedua, Instagram juga dapat digunakan sebagai alat visual dalam pembelajaran. Para pelajar bisa mengikuti akun-akun yang berkaitan dengan topik atau bidang yang mereka pelajari. Akun-akun tersebut dapat menyajikan konten yang menarik dan berguna, seperti carousel, infografik, ilustrasi, atau video pendek. Dengan melihat dan mempelajari konten visual ini, pelajar dapat memahami lebih mudah dan menyenangkan.

Ketiga, Instagram menyediakan platform yang interaktif untuk berdiskusi dan berkolaborasi. Para pelajar dapat membentuk grup berdasarkan minat atau topik tertentu, kemudian membagikan pengetahuan, ide, atau sumber daya yang relevan melalui pesan langsung atau komentar. Melalui interaksi ini, pelajar dapat belajar dari satu sama lain dan memperdalam pemahaman mereka tentang topik yang sedang dipelajari.

Keempat, Instagram juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi dalam pembelajaran. Pelajar dapat mengikuti akun-akun yang berbagi pengetahuan atau prestasi dalam bidang yang mereka minati. Melihat postingan-postingan ini dapat memotivasi pelajar untuk terus belajar dan berprestasi. Lebih dari itu, para pelajar juga dapat membagikan hasil karya mereka sendiri dalam bidang yang mereka geluti, sehingga dapat lebih mengembangkan rasa percaya diri dan keterampilan mereka.

Kelima, Instagram juga bisa digunakan sebagai alat untuk melakukan riset. Banyak akun-akun yang menyediakan informasi dan konten terbaru tentang berbagai topik. Pelajar dapat menggunakan Instagram untuk mencari informasi tambahan tentang topik yang mereka pelajari di sekolah, seperti berita terkini, ulasan buku, atau artikel pendidikan.

Secara keseluruhan, Instagram dapat menjadi alat yang efektif dalam memperkuat literasi digital para pelajar. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada, para pelajar dapat mengembangkan kemampuan membaca, menulis, serta meningkatkan pemahaman mereka tentang berbagai topik. Selain itu, Instagram juga dapat memotivasi dan memberikan inspirasi pada pelajar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengintegrasikan penggunaan Instagram dalam pembelajaran agar bisa memperkuat dan memperluas literasi digital para pelajar.

Tingkatkan kemampuan dan kreativitas menulis Anda melalui Lomba Artikel Season 4 GuruInovatif.id x Kompas.id. GRATIS!
Dapatkah hadiah JUTAAN rupiah dan beasiswa literasi digital Kompas.id.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Perkembangan Teknologi Semakin Pesat! Anda Harus Tahu Tentang Ini!
3 min
Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital (Pemanfaatan AI untuk Guru Menulis)
3 min
Masa Depan Pendidikan: Menumbuhkan Literasi Digital melalui Teknologi Pendidikan yang Revolusioner

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 09, 2023
8 min
Hadapi Abad 21 dengan Kecakapan Literasi
2 min
Kurikulum Merdeka: Membangun Generasi Indonesia Emas 2045
3 min
Digugu dan Ditiru. Figur Guru Ideal di Era Milenial

FERDIAN PERMANA

Apr 16, 2024
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar