Madrasah Modern - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 03 Agu 2023

Madrasah Modern

Platform Digital membawa kemajuan madrasah.

Dunia Pendidikan

DANANG SETIAWAN

Kunjungi Profile
676x
Bagikan

MADRASAH MODERN

 

Mendengar kata “madrasah” terlintas pendidikan konvensional yang memiliki model hanya berpusat pada hafalan, lulusan madrasah hanya menjadi modin hanya bisa ngaji. Peminat belajar ke madrasah kurang antusias karena jarang memiliki potensi akademik, dikatakan madrasah termarjinalkan. Pembeda siswa sekolah dan madrasah terlihat seragam yang dikenakan, siswa madrasah lebih terlihat kumuh dan apa adanya. Namun tidak dengan 10 tahun terakhir ini, madrasah mulai berbenah.

Era modern serba digital, “pendidikan karakter”dibutuhkan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Kasus kriminal yang terjadi menyebabkan lunturnya nilai-nilai kemanusiaan membuat pandangan masyarakat berubah. Pendidikan agama ternyata menjadi pilihan utama dalam membangun pondasi karakter anak. Madrasah berbenah, madrasah siap bersaing. Progam madrasah yang fokus pada pendidikan karakter melalui keagamaan ternyata menjadi pilihan utama masyarakat. 

Madrasah subur artinya siswa melebihi kouta tidak lantas berdiam diri. Kualitas lulusan madrasah juga dibekali dengan IPTEK dan IMTAQ yang selaras. Pembelajaran yang seimbang antara mata pelajaran agama dan umum dijalankan dengan sistem fullday. Pembiasaan, ekstrakurikuler mendukung progam pemerintah dalam mensukseskan pendidikan karakter. Digitalisasi madrasah mulai berbenah seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. IT dan robotic menjadi progam unggulan madrasah yang berkemajuan.

Pendidik madrasah mulai melek IT, pelatihan yang dilaksanakan oleh madrasah ataupun kementerian menjadi kesempatan baik. Promosi madrasah melalui media sosial bersaing dalam membuat karya-karya inovasi yang menampilkan kreativitas pendidik dalam menunjukkan progam sekolah. Aplikasi editing gambar/video menjadi media pembelajaran bagi pendidik dan siswa dalam promosi madrasah, seperti canva, twibbone, dll.

Inovasi pembelajaran madrasah berbasis digital menjadi pilihan utama dalam proses belajar mengajar dirasa lebih menarik bagi siswa sehingga mudah untuk difahami, kelas berbasis smart TV salah satu contohnya. Digitalisasi madrasah dilakukan di semua aspek baik dari administrasi kepegawaian guru dan pendidik, data madrasah, data siswa, asesment madrasah, administrrasi keuangan, kompetisi online yang dilakukan oleh kedinasan atau swasta. Digitalisasi membantu madrasah untuk berkembang dan mampu bersaing. Madrasah hebat bermartabat, bangga sekolah di madrasah.

Tingkatkan kemampuan dan kreativitas menulis Anda melalui Lomba Artikel Season 4 GuruInovatif.id x Kompas.id. GRATIS!
Dapatkah hadiah JUTAAN rupiah dan beasiswa literasi digital Kompas.id.


Penyunting: Putra

2

0

Komentar (2)

NUR HADI

Aug 03, 2023

Good opinion, artikel sesuai realed 👍

Mardliyah S.pd.I

Aug 03, 2023

Semangat Mr bismillah utk kemajuan madrasah
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Manfaat Pandemi Tahun 2020

NAIMULLOH

May 22, 2023
4 min
Transformasi Pembelajaran Masa Kini: Menyongsong Era Digital
1 min
Melampaui Ruang Kelas Tradisional: Memanfaatkan Platform Digital untuk Memberdayakan Perkembangan Siswa dan Guru

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 07, 2023
2 min
Generasi Emas 2045, Refleksi Guru Sejahtera

Iefone Shiflana

Dec 12, 2023
8 min
Eksplor Sidig Pustaka, Lejitkan P5

RR. ALISA

Sep 10, 2023
49 sec
3 Langkah yang Perlu Dipersiapkan Satuan Pendidikan untuk Menyelenggarakan P5
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB