6 Literasi Dasar Yang Perlu Dikuasai Siswa - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 26 Jul 2023

6 Literasi Dasar Yang Perlu Dikuasai Siswa

Ketahui 6 literasi dasar penting untuk siswa: Membaca-menulis, numerasi, sains, digital, finansial, dan budaya-kewargaan. Tingkatkan kemampuan mereka dengan pendekatan holistik dan berkelanjutan. Baca artikel ini untuk memahami pentingnya literasi dasar dalam dunia yang semakin kompleks.

Dunia Pendidikan

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
10763x
Bagikan

Dalam era informasi dan teknologi yang terus berkembang pesat, literasi menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh setiap individu, termasuk siswa. Literasi dasar pada siswa merupakan landasan yang kuat untuk memahami, menafsirkan, dan berpartisipasi dalam dunia yang semakin kompleks ini. Artikel ini akan membahas secara mendalam apa yang dimaksud dengan literasi dasar pada siswa, jenis-jenis literasi dasar yang harus dikuasai, dan cara meningkatkan literasi dasar pada siswa.

Apa yang Dimaksud dengan Literasi Dasar pada Siswa?

Literasi dasar pada siswa mengacu pada kemampuan dasar yang diperlukan untuk membaca, menulis, dan memahami informasi dengan baik. Lebih dari sekadar menguasai keterampilan membaca dan menulis, literasi dasar juga mencakup pemahaman konten, pemikiran kritis, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Literasi dasar menjadi landasan untuk pembelajaran seumur hidup, memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri, mengakses sumber daya informasi, dan berpartisipasi secara aktif dalam masyarakat.

Apa Saja Jenis Literasi Dasar pada Siswa?

Jenis literasi dasar pada siswa mencakup beragam keterampilan yang saling terkait dan saling mendukung. Berikut adalah enam jenis literasi dasar yang perlu dikuasai oleh siswa berdasarkan Panduan Gerakan Literasi Sekolah yang diterbitkan oleh Kemdikbud:

1. Literasi Baca dan Tulis

Literasi membaca adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, dan menafsirkan teks tertulis dengan baik. Siswa yang memiliki literasi membaca yang baik dapat mengekstrak informasi, menarik kesimpulan, dan menyampaikan gagasan dengan jelas berdasarkan bacaan yang mereka hadapi.

Literasi menulis melibatkan kemampuan untuk menyampaikan gagasan, pemikiran, dan informasi secara tertulis dengan jelas dan efektif. Siswa yang memiliki literasi menulis yang baik mampu mengorganisir tulisan mereka, menggunakan struktur bahasa yang tepat, dan menyampaikan pesan dengan tata bahasa yang benar.

2. Literasi Numerasi

Literasi numerasi adalah kemampuan untuk memahami, menerapkan, dan mengkomunikasikan konsep matematika. Siswa dengan literasi matematika yang baik mampu memecahkan masalah matematika, menerapkan konsep dalam konteks kehidupan sehari-hari, dan berpikir logis.

3. Literasi Sains

Literasi sains melibatkan pemahaman tentang konsep dan proses ilmiah. Siswa yang memiliki literasi sains yang baik dapat mengidentifikasi pertanyaan ilmiah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menyimpulkan hasil dari penelitian.

4. Literasi Digital

Literasi digital adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dengan efektif dan bertanggung jawab. Siswa dengan literasi digital yang baik dapat mencari informasi secara online, menilai keaslian sumber informasi, dan menggunakan berbagai alat digital untuk tujuan belajar.

5. Literasi Finansial

Literasi finansial adalah pengetahuan serta kemampuan dalam memahami mengenai konsep, risiko, keterampilan, motivasi, dan pemahaman finansial agar membuat keputusan yang efektif.

Dengan mempelajari finansial, tingkat kesejahteraan finansial baik individu maupun sosial akan meningkat,

6. Literasi Budaya dan Kewargaan

Literasi budaya adalah wawasan dalam memahami identitas bangsa sesuai dengan ragam kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Literasi kewargaan adalah pengetahuan dalam memahami hak sebagai warga masyarakat dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana Cara Meningkatkan Literasi Dasar pada Siswa?

Meningkatkan literasi dasar pada siswa memerlukan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi dasar pada siswa:

1. Membangun Budaya Membaca

Membangun budaya membaca yang kuat di lingkungan sekolah dan rumah sangat penting untuk meningkatkan literasi membaca siswa. Dengan menyediakan akses ke berbagai bacaan yang menarik dan relevan, serta mendorong siswa untuk membaca secara aktif, akan membantu meningkatkan kemampuan membaca mereka.

2. Memperkuat Keterampilan Menulis

Pengembangan keterampilan menulis dapat ditingkatkan melalui latihan teratur dan umpan balik yang konstruktif. Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menulis secara beragam, dari esai hingga cerita pendek, sehingga meningkatkan kreativitas dan ekspresi tulisan mereka.

3. Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran berbasis proyek memungkinkan siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung dan proyek nyata. Melalui pembelajaran ini, siswa dapat mengasah keterampilan kritis dan kreatif mereka, serta memperdalam pemahaman mereka tentang berbagai konsep.

4. Menggunakan Teknologi dan Media dengan Bijaksana

Mengintegrasikan teknologi dan media dalam pembelajaran dapat meningkatkan literasi digital dan media siswa. Penting bagi guru untuk mengajarkan siswa tentang penggunaan yang bijaksana dan etis terhadap teknologi dan media.

5. Mendorong Diskusi dan Kolaborasi

Diskusi dan kolaborasi di kelas memungkinkan siswa untuk berbagi pemikiran dan ide-ide mereka, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif. Guru dapat memfasilitasi diskusi yang mendorong pemikiran kritis dan dialog yang terbuka.

6. Memberikan Dukungan Individual

Setiap siswa memiliki kebutuhan dan tingkat kemampuan yang berbeda. Memberikan dukungan individual sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa akan membantu mereka dalam mencapai potensi penuh dalam literasi dasar.

Baca juga: Pentingnya Menguasai Kemampuan Literasi Digital Bagi Guru

Kesimpulan

Literasi dasar pada siswa merupakan fondasi yang penting dalam membekali mereka untuk berfungsi dengan baik dalam masyarakat modern yang penuh dengan informasi dan tantangan. Enam jenis literasi dasar yang harus dikuasai siswa, yakni membaca-menulis, numerasi, sains, digital, finansial, dan budaya-kewargaan, membentuk landasan yang kuat dalam proses belajar-mengajar. Dengan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, kita dapat meningkatkan literasi dasar pada siswa dan membekali mereka untuk menghadapi masa depan dengan percaya diri dan keterampilan yang komprehensif.

Daftar Akun sekarang untuk mendapatkan 7 hari gratis layanan premium!
Dapatkan akses ke seluruh materi online course dan fasilitas di GuruInovatif.id.


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Memanfaatkan CBT untuk Kemajuan Asesmen Digital dalam Pembelajaran
2 min
Inilah Alasan AI Tidak Akan Dapat Menggantikan Peran Guru!
4 min
Transformasi Pendidikan di Indonesia: Inovasi dan Sinergi Warga Sekolah dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik
Kipin School 4.0 Revolusi Pembelajaran Digital di Kelas
2 min
Pentingnya Penguatan Literasi Digital Sejak Dini di Sekolah 3T

Niken Eka Priyani

Aug 16, 2023
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar