Waspada Mata Lelah Karena Pemakaian Gadget dan Laptop - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 16 Jul 2022

Waspada Mata Lelah Karena Pemakaian Gadget dan Laptop

Bacaan terkhusus untuk Anda yang sering dan berlama-lama menatap gadget dan laptop

Berita

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1175x
Bagikan

Bacaan terkhusus untuk Anda yang sering dan berlama-lama menatap gadget dan laptop

 

Siapa yang juga sering menatap gadget dan laptop di tempat yang gelap???
 

Selain berlama-lama di depan layar gadget serta laptop, ternyata kalau kita memakainya di ruang yang gelap pun juga bisa menyebabkan mata lelah loh.

Kondisi mata lelah atau stres mata atau lebih dikenal dengan sebutan Computer Vision Syndrome (CVS) dalam dunia medis, terjadi karena kondisi mata yang tegang dan lelah akibat terlalu lama menatap sesuatu terlalu lama.

Penyebab mata lelah

1. Kedipan mata terlalu sedikit

Ketika kita fokus menatap sesuatu dalam waktu terlalu lama, mata hanya dapat berkedip sebanyak 5-7 kali per menit. Sedangkan dalam kondisi normal, biasnya mata berkedip sebanyak 15 kali per menit.

Selain terlalu lama menatap layar gadget dan laptop, terlalu lama menyetir, membaca, menulis, beberapa kegiatan lainnya dapat mengakibatkan mata lelah

2. Huruf bacaan tidak tajam

Huruf-huruf pada layar komputer umumnya tidak setajam huruf pada media cetak, sehingga memaksa mata untuk lebih fokus membacanya

3. Silau cahaya 

Jika layar terlalu silau akan menambah beban kerja mata kita

4. Berkedip itu penting

Padahal berkedip itu proses yang penting bagi kesehatan mata. Karena dapat melembabkan bola mata serta membersihkan debu yang masuk ke mata.


Pencegahan dan Teknik Relaksasi Mata Lelah

Sekitar 50-90% individu yang sering menatap gadget dan laptop mengalami gejala CVS ini. Namun jangan khawatir, ada beberapa teknik yang bisa mencegah CVS ini:

1. Sesuaikan cahaya dengan lingkungan sekitar

Pastikan cahaya di sekitar Anda tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Hindari duduk menghadap atau membelakangi jendela, karena mengganggu daya penglihatan mata ke layar. Jika cahaya matahari terlalu silau, tutup dengan tirai jendela. Untuk mengurangi refleksi cahaya, posisikan layar Anda. Jika Anda memakai lampu belajar, posisikan agar arah cahaya tidak langsung menuju mata

2. Susun meja kerja

Atur agar posisi layar berada 50-70 cm dari wajah Anda. Kalau Anda menggunakan laptop dan buku secara berulang, posisikan letak buku sejajar dengan laptop Anda.

3. Ubah pengaturan layar Anda

Atur tingkat kecerahan, kontras, dan ukuran huruf sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Anda dapat memakai pengatur kecerahan otomatis yang tersedia pada gadget dan laptop Anda. Bila perlu, pasanglah screen filter untuk mengurangi kilatan cahaya dari layar.

4. Membatasi lama penggunaan layar

Lakukan teknik 20-20-20, yakni setiap 20 menit alihkan pandangan dari gadget ke objek lain sejauh 20 kaki (kurang lebih 6 meter) selama 20 detik. Sering-seringlah untuk mengedipkan mata.

5. Gunakan obat tetes air mata

Pakailah obat tetes air mata. Obat ini banyak ditemukan di apotek-apotek serta tidak perlu resep dari dokter.

6. Menggunakan kacamata

Gunakan lensa yang sesuai jika Anda menderita rabun jauh (miopi),rabun dekat (hipermetropia),mata silinder (astigmatisma),atau mata tua (presbiopi) untuk membantu dan mengoptimalkan kerja mata

7. Lepas lensa kontak

Jika Anda pengguna lensa kontak, sesekali beristirahalah dengan melepas lensa kontak dan memakai kacamata. Selain itu, lepas lensa kontak ketika akan tidur serta rutinlah untuk mengganti lensa kontak.


 

Jika teknik-teknik ini telah dilakukan namun Anda masih tidak nyaman atau mengalami gangguan penglihatan, segera konsultasikan ke dokter mata untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

Sumber: 

https://www.alodokter.com/waspadai-stres-mata-akibat-pemakaian-gadget-dan-laptop

https://www.alodokter.com/penyebab-computer-vision-syndrome-dan-cara-mencegahnya

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kemendikbudristek Kembali Membuka Program Beasiswa untuk Guru! Jangan sampai Terlewatkan!
2 min
GuruInovatif.id Luncurkan Platform KampusInovatif.id untuk Mendukung Pengembangan Skill Mahasiswa

kampus inovatif

Nov 01, 2023
1 min
Upaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia

Dwita Nurcahyani

Feb 15, 2022
3 min
GuruInovatif.id Berhasil Lolos 15 Besar e27 Startup Paling Menjanjikan di Kawasan Asia Tenggara
1 min
Sikap P2G Terhadap Tidak Wajibnya Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah
2 min
Webinar GuruInovatif.id Bersama Sekjen GTK Kemendikbud Sukses Dihadiri Ribuan Guru #2
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar