Tips 6P: Merawat Kesehatan Mental Guru dalam Lingkungan Pendidikan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Nov 2023

Tips 6P: Merawat Kesehatan Mental Guru dalam Lingkungan Pendidikan

Artikel ini memberikan 6 Tips dalam merawat kesehatan mental guru

Seputar Guru

Ikhwan Nur Rois, M.Pd.

Kunjungi Profile
691x
Bagikan

Kesehatan mental guru merupakan aspek krusial yang seringkali terabaikan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran akan dinilai berhasil jika kesehatan mental seorang guru dalam keadaan sehat dan baik, hal ini dikarenakan Guru sebagai agen pembentukan karakter dan pengetahuan bagi generasi mendatang terkhusus generasi saat ini, seringkali menghadapi tekanan dan tuntutan yang tinggi. 

Jika kesehatan mental guru dalam keadaan sehat dan baik, maka para siswa akan maksimal memperoleh apa yang diajari oleh guru tersebut, sehingga negara Indonesia kelak akan memiliki generasi emas dan tercapainya tujuan indonesia emas pada tahun 2045. Oleh karena itu, merawat kesehatan mental menjadi kunci utama dalam memastikan keberhasilan dan kualitas pengajaran. Berikut 6 tips guna merawat kesehatan mental guru:

1. Pentingnya Kesadaran Diri

Sebagai awal dari perjalanan merawat kesehatan mental, kesadaran diri menjadi kunci pertama. Guru perlu mengenali emosi, kekuatan, dan batasan dirinya sendiri. Dengan mengetahui kebutuhan pribadi, guru dapat menghindari kelelahan yang berlebihan dan mencegah burnout. Sebagai contoh; Guru harus menyadari kapasitas dan kompetensi ia dalam pengajaran terkait metode atau media pembelajaran yang digunakan.. apakah metode atau media itu sudah relevan dan diminati oleh siswa saat ini atau sebaliknya?

2. Pengelolaan Waktu yang Efektif

Mengelola waktu dengan baik tidak hanya memberikan manfaat bagi produktivitas, tetapi juga kesehatan mental. Guru dapat menyusun jadwal dengan bijak, memberikan waktu untuk istirahat, refleksi dan kegiatan menyenangkan di luar lingkungan sekolah yang dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan seorang guru. Sebagai contoh; Guru dapat membagi waktu bekerja, istirahat, refleksi dan peningkatan kompetensi kepribadian antara di sekolah dan di luar sekolah dengan sistematis dan efektif.

3. Pembentukan Dukungan Sosial

Berbagi pengalaman dan beban kerja dengan sesama guru dapat menjadi solusi efektif. Pembentukan komunitas atau kelompok diskusi dapat menjadi wadah untuk saling memberikan dukungan, pemahaman, dan solusi bagi masalah yang dihadapi. Selain itu Guru dihimbau untuk memanfaatkan layanan kesehatan mental yang tersedia, seperti konseling atau pelatihan relaksasi. Ini dapat membantu dalam mengatasi stres dan tekanan yang mungkin muncul. Seperti contoh; Guru di sekolah dapat aktif berdiskusi terkait beban kerja kepada rekan serumpun agar problem yang dihadapi dapat teratasi oleh saran rekannya dan Guru dapat mendatangi pihak konseling ketika menghadapi problem pengajaran yang menyita pikiran.

4. Perencanaan Refreshing 

Banyak beban kerja dan amanah yang diberikan seorang guru membuat guru tidak dapat menikmati refreshing. Refreshing seorang guru sangat diperlukan untuk direncanakan baik perencanaan secara individu atau lembaga, mengingat refreshing disela kesibukan seorang guru dapat merawat kesehatan mental guru. Seperti contoh; jika guru hanya diberikan amanah dan beban kerja yang berat, akan tetapi tidak diimbangi oleh waktu refreshingnya maka ia akan terganggu kesehatan mental.

5. Pelatihan Manajemen Stres

Pelatihan manajemen stres dapat membantu guru dalam menghadapi tantangan sehari-hari dengan lebih tenang dengan ketiga teknik, diantaranya: Teknik relaksasi, meditasi atau olahraga ringan dapat menjadi alat efektif untuk mengatasi stres dan membangun ketahanan mental. Seperti contoh; Guru perlu melakukan salah satu ketiga teknik yaitu olahraga ringan. Dengan teknik sederhana ini guru dapat terkelola secara baik terkait kesehatan mental dan terhindar dari gangguan stres pada diri seorang guru.

6. Peran Kepemimpinan Sekolah

Kepemimpinan sekolah juga memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan mental guru. Inisiatif untuk memberikan dukungan, pelatihan dan menghargai upaya guru dapat menciptakan budaya kerja yang positif. Seperti contoh; Guru difasilitasi oleh pihak sekolah untuk melakukan treatment guna menjaga kesehatan mental di sekolah ataupun di luar sekolah.

Pada era serba digital ini, kesehatan mental guru sangat perlu dirawat sehingga Merawat kesehatan mental guru bukan hanya tanggung jawab pribadi, tetapi juga tanggung jawab bersama dalam sistem pendidikan. Dengan kesadaran diri, manajemen waktu yang efektif, dukungan sosial, perencanaan refreshing, pelatihan manajemen stres dan peran kepemimpinan sekolah, guru dapat merawat keseimbangan dalam hidup mereka. Sebuah lingkungan kerja yang mendukung kesehatan mental guru tidak hanya memberikan manfaat bagi individu, tetapi juga bagi perkembangan dan prestasi siswa secara keseluruhan. 


Penyunting: Putra

2

0

Komentar (2)

Megawati Megawati

Dec 11, 2023

Keren💪

Muhammad Ridwan Aziz, S.Pd.

Nov 30, 2023

Mantap, pak rois 😀
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Cara Memanfaatkan Teknologi dalam Pendidikan yang Guru Harus Tahu!
4 min
Pentingnya Kesehatan Mental Guru

yunita ariyastuti

Dec 04, 2023
2 min
Memulai Podcast Menjadi Guru lebih Kreatif dan Inovatif !
1 min
Pahlawan Tanpa Suara: Pentingnya Kesehatan Mental di Kalangan Guru

ANITA PARDEDE

Nov 28, 2023
2 min
Ingin Menjadi Guru yang Selalu Dikenang? Milikilah Sikap-Sikap Berikut Ini!
4 min
GI Academy #22: “Terampil Membuat Asesmen Formatif Kurikulum Merdeka”
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB