Mulok, Kurikulum Merdeka, dan Relasinya dalam Pendidikan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 01 Feb 2023

Mulok, Kurikulum Merdeka, dan Relasinya dalam Pendidikan

Muatan Lokal merupakan sebuah kegiatan kurikuler yang didesain untuk meningkatkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan kearifan lokal masing-masing daerah, meliputi bahasa, kesenian, dan ragam budaya lainnya.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
18877x
Bagikan

Setiap peserta didik memiliki cita-cita dan keterampilan masing-masing. Ada siswa yang bercita-cita menjadi musisi, pelukis, penari, dan masih banyak lainnya. Tentu saja potensi yang dimiliki peserta didik tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sekolah, selaku rumah kedua bagi semua peserta didik harus dapat menjadi fasilitator terbaik yang dapat membantu mereka mencapai potensinya pada level maksimal. 

Mulok, Kurikulum Merdeka, dan Relasinya dalam Pendidikan
Menari merupakan salah satu materi ajar dalm Mulok (Sumber: Canva) 

Salah satu langkah penting untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memasukkan mata pelajaran muatan lokal (Mulok) ke dalam pembelajaran. Keberadaan Mulok dalam pembelajaran diharapkan dapat menjadi ruang sebebas-bebasnya bagi semua peserta didik untuk selalu berkembang dan belajar meraih harapan-harapan mereka. 

Wah! masih banyak loh manfaat yang diperoleh dari Mulok! Simak penjelasan di bawah ini ya!

Pengertian Pelajaran Muatan Lokal (Mulok)

Muatan Lokal merupakan sebuah kegiatan kurikuler yang didesain untuk meningkatkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan kearifan lokal masing-masing daerah, meliputi bahasa, kesenian, dan ragam budaya lainnya. Secara lebih terperinci, pengertian Mulok dimuat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013. Berikut merupakan bunyi definisi Mulok yang tercantum dalam Pasal 1 ayat 1 dan 2. 

“Muatan lokal adalah bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK, yang isinya berupa muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal.”

Lebih kompleks dan menjurus, definisi muatan lokal juga termaktub dalam Permendikbud Nomor 79 Tahun 2014, mulok adalah bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal. Menghadirkan ‘yang lokal’ ke dalam pembelajaran dapat memicu kepekaan peserta didik terhadap nilai-nilai apa saja yang terdapat di daerah tempatnya tinggal. 

Oleh karena itu, eksistensi Mulok sangatlah penting dalam pendidikan. Melalui mata pelajaran yang dekat dengan nilai-nilai lokal, keseharian, dan kekhasan lainnya peserta didik tidak hanya terbentuk secara akademik tetapi juga non-akademik. Selain itu, siswa juga menjadi mengetahui apa saja passion yang terdapat dalam dirinya sehingga dapat menyusun rencana karier kedepannya. 

Mulok sebagai Mata Pelajaran yang Kreatif, Inovatif, Inspiratif, dan Komunikatif

Kekhasan dan keunikan dari setiap daerah dapat dijadikan landasan utama dalam proses penyusunan rencana ajar. Dengan demikian, Mulok secara tidak langsung merupakan bentuk pengembangan pendidikan yang kreatif dan terbarukan. Pendidikan yang kreatif tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk seni budaya, kerajinan kriya, pendidikan jasmani dan olahraga, bahasa, dan teknologi. 

Sebagai contoh, dalam mata pelajaran Seni Budaya, seorang peserta didik dapat memainkan permainan tradisional, musik tradisional, tari daerah, serta mengetahui makna-makna filosofis dari alat-alat bersejarah dalam daerah yang bersangkutan. Selain itu, melalui Mulok inilah bahasa daerah, kuliner, dan kerajinan lokal tetap dapat mempertahankan eksistensinya. 

Mulok, Kurikulum Merdeka, dan Relasinya dalam Pendidikan
Pengetahuan terhadap budaya daerah adalah tujuan dari Mulok (Sumber: Canva) 

Oleh sebab itu, pengembangan Mulok dalam kurikulum harus benar-benar diperhatikan dengan seksama. Satuan pendidikan harus berkomitmen dalam menyusun standar kompetensi dan kompetensi apa saja yang relevan dengan kebutuhan siswa dan urgensi sosial. Komitmen yang kuat terhadap pengembangan pendidikan melalui Mulok tersebut merupakan salah satu langkah awal yang dapat Anda tempuh dalam mewujudkan Kurikulum Merdeka belajar dan Indonesia Emas tahun 2045.

Melihat Relasi Antara Mulok dan Kurikulum Merdeka 

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu langkah nyata untuk mewujudkan pendidikan pada tahap yang lebih maju. Terdapat tiga konsep utama yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka yaitu:

  1. Pembelajaran yang berfokus pada misi meningkatkan kualitas literasi dan numerasi;
  2. Pendidikan yang memberikan kebebasan dan fleksibilitas bagi tenaga pendidik dalam pembelajaran; dan
  3. Pelaksanaan pembelajaran yang berbasiskan proyek sehingga dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan soft skill sesuai dengan profil pelajar pancasila. 

Berdasarkan ketiga konsep di atas, terdapat relasi yang saling bersinggungan antara mata pelajaran Mulok dengan Kurikulum Merdeka. Relasi yang dimaksud berkaitan erat dengan cita-cita pendidikan sebagai tempat pembentukkan karakter anak bangsa yang berkualitas. Pembentukkan karakter tersebut dapat diwujudkan ke dalam tiga sasaran pokok dalam Mulok yaitu:

  • Sebagai fasilitator bagi siswa agar lebih akrab dengan nilai-nilai sosial budaya;
  • Sebagai ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan fungsional yang berguna bagi kehidupan sehari-hari; dan
  • Mampu menumbuhkan kepedulian dan kepekaan peserta didik terhadap isu-isu sosial. 
Mulok, Kurikulum Merdeka, dan Relasinya dalam Pendidikan
Karakter yang cerdas dan nasionalis adalah bentuk implementasi kurikulum merdeka (Sumber: Canva)

Dengan demikian, Mulok dan Kurikulum Merdeka berada dalam satu garis linear yang sama dalam upayanya menciptakan pendidikan berkarakter dan berkualitas. Dalam pelaksanaannya, penerapan Mulok dalam Kurikulum Merdeka dapat dicapai dengan tiga opsi yaitu:

  1. Mengembangkan muatan lokal menjadi mata pelajaran sendiri;
  2. Mengintegrasikan muatan lokal ke dalam seluruh mata pelajaran; dan
  3. Melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Apa saja Manfaat Mengembangkan Mulok dalam Kurikulum Merdeka

Berikut adalah beberapa manfaat mengembangkan Mulok dalam Kurikulum Merdeka:

1.Memperkuat karakter yang nasionalis

Muatan lokal membantu memperkuat identitas nasional siswa dan memperkaya pemahaman mereka tentang sejarah, budaya, dan tradisi daerah asal mereka.

2. Mengembangkan potensi peserta didik pada tahap maksimal

Melalui Mulok peserta didik akan mendapatkan ruang untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi yang terdapat dalam dirinya.

Mulok, Kurikulum Merdeka, dan Relasinya dalam Pendidikan
Mulok dapat membantu siswa mengembangkan potensinya (Sumber: Canva)

3. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis 

Melalui perencanaan yang matang, pengembangan Mulok dalam Kurikulum Merdeka  akan menciptakan peserta didik yang dapat berpikir kritis dan analitis melalui diskusi dan debat tentang isu-isu lokal dan nasional.

4. Meningkatkan keterampilan sosial dan budaya 

Dengan muatan materi lokalitas yang kuat siswa akan memperoleh keterampilan sosial dan budaya yang berharga seperti kerjasama, toleransi, dan empati melalui pembelajaran muatan lokal. 

Mulok, Kurikulum Merdeka, dan Relasinya dalam Pendidikan
Kepekaan budaya membuat siswa toleransi dan menghargai satu sama lain (Sumber: Canva)

5. Meningkatkan kemampuan berbahasa daerah 

Melalui pengenalan nilai-nilai dan kekayaan lokalitas, Mulok dapat menjadi langkah terbaik dalam upaya mempertahankan eksistensi bahasa daerah di tengah dunia yang semakin digital. 

Dengan demikian, Mulok memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku positif pada siswa, serta membantu mereka memahami dan menghormati budaya dan tradisi Indonesia. Melalui tekad yang kuat dan komitmen yang maksimal maka Mulok dapat menjadi salah satu indikator penting dalam upaya perwujudan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran. Semangat selalu untuk seluruh tenaga pendidik di Indonesia! Maju terus pendidikan bangsa! 
 

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Yandi Chidlir
Editor: Putra

1

8

Komentar (1)

Christiana Budianti

Feb 14, 2023

Yes ..sepakat..kebetulan saya juga guru seni budaya di MAN 1 KUDUS....Sangat antusias dgn adanya kumer...semoga bakat dan minat siswa bisa tersalurkan
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Guru Sawitan Bukan Guru Biasa
3 min
Menjauhkan Tiga Dosa Besar Pendidikan untuk Menciptakan Sekolah yang Aman dan Nyaman

SAEPULLATIP

Nov 12, 2022
4 min
GURU BAHAGIA, MURID CERDAS: KAITAN LANGSUNG ANTARA KESEHATAN MENTAL DAN KUALITAS PENDIDIKAN

AMM QURROTA A'YUN

Nov 24, 2023
3 min
Méntal guru jangan mental !!

ani sumiani

Nov 30, 2023
8 min
Memulai Podcast Menjadi Guru lebih Kreatif dan Inovatif !
1 min
Kurikulum Merdeka Sebagai Pemulihan Pembelajaran
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB