Tetap Fit dan Produktif selama Bulan Ramadhan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Mar 2023

Tetap Fit dan Produktif selama Bulan Ramadhan

Bulan puasa tidak menjadi halangan bagi Bapak/Ibu untuk tidak produktif. Bulan Puasa merupakan momentum terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kualitas diri yang lebih baik lagi. Namun, semua tekad tersebut harus diimbangi dengan tubuh yang fit dan bugar.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1232x
Bagikan

Bulan puasa menjadi salah satu momentum yang dinanti-nantikan oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan tersebut, selama 30 hari kita menahan lapar, haus, dan menjauhi perilaku-perilaku yang menyimpang dari ajaran Allah SWT. Dengan demikian, bulan puasa menjadi momen refleksi dan spiritual yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas diri kita. 

Tetap Fit dan Produktif selama Bulan Ramadhan
Bulan puasa menjadi momentum terbaik untuk memperbanyak ibadah (Sumber: Canva)Bulan puasa menjadi momentum terbaik untuk memperbanyak ibadah (Sumber: Canva)

Selain bermanfaat secara rohaniah, Bapak/Ibu tahu tidak apabila bulan puasa juga memiliki manfaat yang baik bagi jasmani atau kesehatan tubuh. Bulan puasa dapat membantu Bapak/Ibu mengatur tekanan darah, memperbaiki kadar kolesterol, dan meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh Anda. Dengan demikian, walaupun tidak makan dan minum selama berjam-jam, Bapak/Ibu tetap bisa fit dalam berbagai kegiatan belajar - mengajar. 

Bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan berikut!

Tetap Fit dan Bugar selama Bulan Ramadhan

Bulan puasa tidak dapat menjadi alasan bagi Bapak/Ibu untuk berhenti bergerak dan tetap produktif selama pembelajaran. Walaupun harus mengajar, mengerjakan tugas, mempelajari materi, dan hal-hal lainnya, Bapak/Ibu harus senantiasa fokus dan teliti selama proses penyampaian materi ajar. Namun, tentu saja upaya tersebut harus diiringi dengan beberapa langkah-langkah awal agar Anda selalu fit dan bugar selama pembelajaran di dalam kelas. 

Berikut merupakan tips & trick terbaik bagi Bapak/Ibu guru dalam menjaga ketahanan dan kesehatan tubuh selama pembelajaran di sekolah. Simak penjelasan sampai akhir ya!

1. Mengatur Pola Makan Sahur dengan Bijak

Salah satu kesalahan semua saat berpuasa adalah makan sebanyak-banyaknya pada saat sahur. Hal tersebut sangat buruk bagi kesehatan Bapak/Ibu sekalian. Sebaiknya, perhatikanlah kandungan protein, vitamin, dan serat agar dapat menjaga ketahanan tubuh Anda. Pilihlah makanan seperti buah-buah, telur, dan sayuran hijau yang baik bagi kesehatan Anda. 

2. Menjaga Konsumsi Air Putih

Tidak minum selama berjam-jam dapat mengganggu kesehatan Bapak/Ibu sekalian. Oleh karena itu, untuk menghindari gangguan metabolisme dan kemungkinan dehidrasi, cobalah untuk tetap menjaga pola minum yang dianjurkan yaitu 8—10 gelas air putih per harinya. Selain itu, air putih sangat penting untuk menjaga fokus dan kesehatan tubuh Anda selama proses pembelajaran. 

3. Mengurangi Asupan Gula

Pada bulan puasa, makanan dan minuman dengan kandungan gula memang sangat menggugah selera. Sebut saja makanan seperti es campur, donat, pisang aroma, dan masih banyak lagi. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, makanan tersebut dapat mengganggu kadar gula dalam tubuh Anda.  Gangguan tersebut dapat membuat Bapak/Ibu cepat lelah, mengganggu pola tidur, dan resiko kesehatan lainnya. 

Tetap Fit dan Produktif selama Bulan Ramadhan
(Konsumsi gula ‘yang berlebihan’ tidak baik bagi kesehatan (Sumber: Canva)

4. Melakukan Olahraga Ringan 

Selama bulan puasa, Bapak/Ibu tetap harus menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga-olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, dan senam ringan. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat Anda lakukan di pagi hari atau pada saat menunggu azan berbuka puasa. Oleh karena itu, dengan tetap menjaga kebugaran tubuh, Bapak/Ibu dapat lebih siap untuk memulai pembelajaran di dalam kelass. 

5. Tidur yang Cukup

Bulan puasa seringkali mengubah pola tidur sebagian banyak orang, tak terkecuali Bapak/Ibu guru. Usahakan untuk tidur lebih awal setelah salat tarawih dan hindarilah begadang. Selain dapat menambah keseimbangan hormon dalam tubuh, tubuh yang cukup dapat membantu Bapak/Ibu untuk lebih siap memulai kegiatan. 

Kesimpulan 

Melalui tips & trik di atas, Bapak/Ibu dapat tetap fit selama bulan berpuasa. Menjaga kesehatan tubuh sangat penting di bulan puasa. Selain meningkatkan produktivitas, tubuh yang fit dan bugar juga dapat menjadi poin penting bagi Bapak/Ibu sekalian. Oleh karena itu, mulai saat ini, konsumsilah makanan dengan kandungan protein, vitamin, dan gizi yang tinggi untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, selamat menunaikan ibadah puasa! semangat selalu untuk semua guru di Indonesia, maju terus pendidikan bangsa! Salam inovatif. 


Halo sahabat Inovatif! Tahukah Bapak/Ibu apabila sekarang Anda  belajar dengan lebih intensif mengenai berbagai hal di bidang pendidikan mulai dari kurikulum, program-program sekolah, dan softskills yang relevan dengan kebutuhan sekolah Bapak/Ibu melalui kegiatan In House Training. Wah sangat menarik ya! untuk informasi lebih lanjut, klik banner di bawah ini ya!


Penulis: Yandi Chidlir
Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Fenomena FOMO dan Dampak Negatifnya Bagi Peserta Didik
5 min
Guru di Zaman Now: Menyulam Literasi Digital melalui Inovasi Pendidikan Cemerlang
Cara Kecemasan Mengurung Anda dan Cara Menghindarinya
Teori Kecerdasan Ganda
3 min
Mengenal Sekolah Inklusi, Memerdekakan Hak Semua Anak dalam Pendidikan
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar