Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental sebagai seorang Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 13 Des 2023

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental sebagai seorang Guru

Demi mempertahankan kinerja tetap stabil dalam sitausi kerja di bawah tekanan, guru sangat penting menjaga kesehatan mentalnya agar tetap selalu bahagia ketika masuk kelas. Energi kebahagiaan yang terpancar guru di dalam kelas dapat membawa siswa untuk ikut bahagia juga.

Seputar Guru

HERNI FITRIANI

Kunjungi Profile
299x
Bagikan

Menjaga kesehatan mental bagi seorang guru sangatlah penting dilakukan untuk tetap mempertahankan kinerja tetap stabil dalam situasi kerja dibawah tekanan. Menjadi guru bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan, karena guru setiap harinya harus menghadapi murid yang tidak sedikit jumlahnya. Agar dapat selalu mengajar dengan baik guru harus selalu bahagia setiap kali masuk kelas agar guru dapat mentranfer kebahagiaannya kepada murid sehingga kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan menyenangkan. Kebahagiaan seorang guru bisa terus terjaga dengan cara menjaga kesehatan mentalnya.

Hal-hal yang biasa membuat guru stress :

  1. Beban Kerja yang Banyak. Pekerjaan seorang guru tidak hanya mengajar di dalam kelas saja, sebelum mengajar di dalam kelas seorang guru mempunyai beban kerja administrasi yang harus disiapkan. Administrasi yang perlu ada sebelum guru masuk kelas yaitu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau biasa disingkat RPP. Guru harus merancang perencanaan pembelajaran sedemikian rupa mulai dari materi apa yang akan di sampaikan, metode apa yang akan digunakan, variasi apa yang akan diterapkan seperti penggunaan games baik secara langsung maupun games online interaktif, belum lagi dalam kurikulum merdeka guru perlu menyiapkan pertanyaan pematik, tes diagnostik awal. Bukan hanya itu guru juga perlu mempersiapkan assesment untuk siswa, rubrik penilaian, mengoreksi tugas-tugas siswa dan memberikan nilai. itu baru tugas administrasi belum pelaksanaan pembelajaran dalam kelas. Beban kerja yang banyak itu terkadang membuat guru harus mengerjakannya di luar jam kerja atau di rumah karena jam kerja dipakai guru untuk mengajar di kelas sehingga pekerjaan administrasi lainnya seringkali dibawa pulang kerumah. Beban kerja seperti ini seringkali membuat guru kelelahan, kurang tidur sehingga berdampak pada tingkat stress guru itu sendiri. Sedangkan, didalam kelas guru dituntut untuk bisa terus ceria, semangat dan enerjik.
  2. Siswa. Guru mengajar banyak siswa di setiap kelasnya. Dalam satu kelas guru bisa menghadapi 20 sampai 40 siswa yang tidak hanya satu kelas, satu guru bisa mengajar lebih dari satu kelas. Bisa dibayangkan berapa puluh hingga ratus siswa yang guru hadapi setiap minggunya. Setiap siswa memiliki karakter masing-masing yang bisa dikatakan tidak semuanya ketika diberitahu langsung nurut. Ada pula siswa-siswa yang perlu ekstra dalam pembelajaran mulai dari sisi karakter maupun akademis. 
  3. Wali Murid

Apa itu kesehatan mental?  

Kesehatan mental atau yang juga dikenal dengan mental health adalah kondisi kesehatan yang berkaitan dengan kejiwaan, psikis, dan emosi seseorang. Dengan kata lain, seseorang yang memiliki ketenangan jiwa dalam menjalani hidupnya berarti memiliki kondisi mental yang baik. 

Seseorang dengan kesehatan mental yang baik mampu mengoptimalkan potensi dirinya dalam menghadapi permasalahan hidup, tantangan, hingga menjalin hubungan yang positif dengan orang lain. Sementara itu, kondisi mental yang terganggu dapat berdampak buruk terhadap emosi, suasana hati, dan kemampuan seseorang dalam berpikir.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GURU SEHAT MENTAL KUNCI GURU MERDEKA
2 min
Murid Butuh Guru Yang Bahagia, Guru Butuh Lingkungan Yang mendukung Agar Bahagia
Jurus Sakti Menjadi Guru Penuh Inovasi
Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat, Indonesia Maju di 77 HUT PGRI

SAEPULLATIP

Nov 16, 2022
2 min
Guru Yang Sehat Mental, Mendidik Yang Berkualitas

Meyrisa Anggriani

Dec 08, 2023
1 min
Literasi Digital di Madrasah anti Gadget?!?!

IKA ROSARIA

Sep 10, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB