Mindset yang Harus Dimiliki Tiap Guru di Abad 21 - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 17 Nov 2023

Mindset yang Harus Dimiliki Tiap Guru di Abad 21

Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di kelas, guru harus memiliki mindset yang dapat mengikuti perkembangan teknologi dan zaman. Bila mindset yang dimiliki guru kaku, maka kemajuan bangsa di masa depan bisa terhambat. Ketahui manfaat memiliki growth mindset dalam artikel ini!

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
607x
Bagikan

Pola pikir seseorang—atau lebih sering disebut sebagai mindset—sangat berpengaruh dalam melakukan suatu kegiatan. Secara umum, ada dua jenis mindset yang telah diketahui saat ini, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Ciri-ciri orang yang memiliki fixed mindset biasanya cenderung kaku, tertutup, dan takut akan perubahan alias tidak berani keluar dari “zona nyaman”. Hal ini berkebalikan dengan ciri-ciri seseorang yang memiliki growth mindset, yakni suka akan tantangan, fleksibel, lebih terbuka, dan selalu mau untuk mempelajari hal-hal yang dapat meningkatkan kapasistas dirinya.

Dengan munculnya tantangan baru yang muncul di dalam dunia pendidikan, mau tidak mau guru harus belajar untuk memiliki, melatih, dan meningkatkan growth mindset. Karena untuk menjadi guru yang menyenangkan sangat dibutuhkan agar dapat menginspirasi murid-muridnya dan memperoleh manfaat dari apa yang dikembangkan. Guru yang memiliki growth mindset juga lebih siap untuk menghadapi tantangan dan perubahan yang terjadi di masa depan. Guru dengan growth mindset juga akan mengetahui kekurangan dan berusaha untuk memaksimalkan kelebihan yang ia miliki.

Baca juga:
Guru Produktif: Mengintegrasikan Growth Mindset dan Kemampuan Adaptasi

Namun realita yang terjadi di lapangan masih ditemui berbagai kasus guru yang masih bertahan dengan fixed mindset sehingga proses pembelajarannya masih berorientasi dengan sekadar menyampaikan materi kepada peserta didik di kelas. Akhirnya proses pembelajaran cenderung bersifat satu arah dan menciptakan suasana belajar yang membosankan. Guru yang terjebak dalam pola-pola pembelajaran yang lama dan kaku juga cenderung tidak memberikan ruang dan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan serta mengeksplorasi dirinya.

Guru yang memiliki growth mindset akan lebih mudah menyesuaikan metode pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Bahkan, mereka tidak ragu untuk mencoba pendekatan pembelajaran yang baru atau dengan menggunakan alat bantu pembelajaran yang lebih efektif. Pada akhirnya guru yang memiliki growth mindset akan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis, relevan, dan menyenangkan.

Kesimpulan

Memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna pada murid adalah hal yang patut diperhatikan oleh setiap guru dalam proses belajarnya. Pendidikan yang diberikan kepada murid ibaratnya seperti berinvestasi di masa depan, apabila kita memberikan asupan pendidikan yang berkualitas, maka masa depan akan erjalan kearah yang lebih cerah. Hal ini dapat kita raih dengan melatih, memiliki, dan meningkatkan growth mindset tenaga pendidik kita. Namun hal ini dapat terhambat apabila guru masih terjebak dalam fixed mindset dan enggan untuk berubah.

Lalu bagaimana dan apa yang harus dilakukan guru untuk melatih dan meningkatkan growth mindset?
Ikuti diskusi menarik mengenai growth mindset sebagai modal perubahan dalam event online Future Innovative Teacher berikut ini!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Webinar "Kepemimpinan dan Supervisi Pembelajaran sebagai Bentuk Akselerasi Kurikulum Merdeka"
2 min
Mengapa Coaching Adalah Kunci Sukses Belajar: Peran Guru sebagai Pembimbing Utama
2 min
Guru Inovatif Conference 2023 “Masa Depan Pendidikan Indonesia dalam Era Society 5.0”
2 min
Media Pembelajaran Modern: Transformasi Pendidikan di Era Digital
2 min
GI Academy #15 : Kupas Tuntas Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka
3 min
GI Academy #8 "Guru Menulis, Guru Digital"
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB