Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Telah Dibuka - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 18 Nov 2023

Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Telah Dibuka

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui Kemendikbudristek dengan pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Simak informasi selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
723x
Bagikan

Pengertian Beasiswa Pendidikan Indonesia

Salah satu jenis beasiswa lanjut studi untuk guru adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru, dosen, tenaga kependidikan, dan pelaku budaya di Indonesia. Beasiswa ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dan tenaga pendidik di Indonesia. Beasiswa ini terbuka untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3, baik di dalam maupun di luar negeri, maupun untuk mengikuti program non-gelar seperti microcredential atau program pemberdayaan digital skill.

Manfaat dan Fasilitas Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) telah menjadi penunjang penting bagi pendidikan di Indonesia. Beasiswa ini memberikan bantuan dalam berbagai aspek, BPI tidak hanya mengangkat kualitas pendidikan tetapi juga memberikan dorongan besar bagi mereka yang ingin mengejar pendidikan lebih tinggi.

Berikut ini Beberapa manfaat dan fasilitas yang diberikan oleh Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), diantaranya:

1. Biaya Pendidikan yang Ditanggung

Pentingnya biaya pendidikan seringkali menjadi hambatan utama bagi banyak individu. BPI menawarkan solusi dengan menanggung biaya pendidikan dari awal hingga akhir perjalanan pendidikan, termasuk biaya pendaftaran, SPP, tunjangan buku, bantuan tesis atau disertasi, hingga bantuan untuk kegiatan akademik seperti seminar internasional dan publikasi jurnal internasional.

2. Dana Pendukung

Selain biaya pendidikan, BPI juga memberikan dana pendukung yang meliputi asuransi kesehatan serta dana hidup bulanan. Jumlah dana ini disesuaikan dengan lokasi studi, memberikan kelonggaran finansial bagi para penerima beasiswa di dalam maupun luar negeri.

3. Fasilitas Akomodasi

Salah satu hal yang seringkali menjadi perhatian adalah akomodasi selama masa studi. BPI menyediakan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari asrama, kost, hingga apartemen, yang disesuaikan dengan kebijakan dan ketersediaan LPDP, membantu penerima beasiswa yang studi di luar daerah asalnya.

4. Pelatihan dan Pendampingan

BPI tidak hanya memberikan dukungan finansial, tetapi juga menawarkan pelatihan dan pendampingan akademik. Ini meliputi beragam aspek seperti persiapan bahasa, pembinaan akademik, pengembangan kepribadian, serta pemberian bekal karir dan kompetensi.

Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beberapa persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  • Berstatus pegawai tetap pada satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, atau SMA di lingkungan Kemendikbudristek
  • Memiliki IPK minimal 3,00 untuk S1 dan 3,25 untuk S2
  • Memiliki skor TOEFL ITP minimal 500, TOEFL iBT minimal 61, IELTS minimal 5,5, atau TOEIC minimal 600
  • Memiliki surat izin mengikuti program beasiswa LPDP GTK dari instansi asal
  • Memiliki surat pernyataan komitmen kembali ke instansi asal setelah menyelesaikan program beasiswa
  • Memiliki surat penerimaan (LoA) atau surat rekomendasi dari perguruan tinggi tujuan

Kesimpulan

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) tidak hanya sebagai dana pendukung untuk melanjutkan pendidikan dalam suatu jenjang saja, tetapi beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru, dosen, dan tenaga kependidikan lainnya agar memiliki prestasi dan ilmu yang lebih tinggi sehingga dapat memberikan dampak yang baik untuk pendidikan Indonesia kedepannya. Banyaknya tenaga kependidikan yang ingin meningkatkan pengetahuannya melalui beasiswa ini menciptakan tingkat persaingan yang cukup sulit untuk lolos terhadap beasiswa ini.

Lantas, bagaimana strategi lolos Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)?
Temukan jawabannya dalam workshop Guru Inovatif Class berikut ini


Penulis: Raden Ahmad Hilman Hilmawan | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Academy #8 "Guru Menulis, Guru Digital"
2 min
Buku adalah Cakrawala Dunia dan Internet adalah Samudra Dunia
Mengenal Aksi Nyata dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)
2 min
Webinar pendidikan Gratis tentang Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan
1 min
ISLTF #56 : Literasi Era Digital: Pentingnya Literasi Menulis bagi Guru di Era Digital
5 min
Kreativitas Terhambat? Inilah Kendala Umum yang Dihadapi Penulis
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar