MENJAGA KESEHATAN MENTAL BAGI GURU - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 20 Nov 2023

MENJAGA KESEHATAN MENTAL BAGI GURU

Sebagai seorang guru kita harus menjaga kesehatan mental kita, karena ini akan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan.

Seputar Guru

662x
Bagikan
Oleh : MULATSIH, S.Pd.AUD

Kesehatan mental merupakan kondisi ketika batin kita dalam keadaan tentram dan tenang. Jika kita sudah mulai merasa cemas, stress, depresi berarti kesehatan mental kita sudah mulai terganggu. Seorang guru tentunya harus menjaga kesehatan terutama kesehatan mental, karena kesehatan mental seorang guru sangat berpengaruh besar terhadap peserta didiknya. Saat guru terganggu kesehatan mentalnya, maka produktifitas akan menurun, kehilangan focus, serta kurang kreatif dalam menjalankan tugas – tugasnya. Kondisi kesehatan mental yang stabil memungkinkan seseorang untuk mengelola stres dengan lebih efektif dan tetap fokus pada pekerjaan yang harus di lakukan.

Bagaimana seorang guru bisa menyampaikan pembelajaran jika guru merasa bingung, cemas, bahkan merasa kesal tanpa sebab. Peserta didikpun akan merasa malas dalam menyimak pembelajaran yang guru sampaikan bahkan mereka akan mengabaikan guru tersebut, dengan ini maka pembelajaran tidak akan efektif sehingga prestasi siswa akan menurun. Berbeda dengan guru yang penuh semangat dan senang dalam mengajar, tentu saja muridpun akan merasa senang sehinga apa yang disampaikan oleh guru akan mudah dicerna, sehingga prestasi akan meningkat. 

Nah, dengan ini maka kita sebagai seorang guru haruslah selalu menjaga kesehatan mental yaitu dengan selalu berpikir positif. Selain berpikir positif, cintailah pekerjaan kita apapun yang terjadi. Karena profesi kita merupakan pilihan kita, maka dengan mencintai profesi kita tentu saja hati kita akan merasa senang, sehingga kita bekerja dengan penuh semangat. Terkadang keadaan membuat kita patah semangat dengan ini untuk menumbuhkan semangat kita harus bersikap sabar, baik dalam menghadapi murid maupun menghadapi tugas – tugas kita sebagai seorang guru. Namun, tidak bisa kita pungkiri bersikap sabar memang sangat sulit apalagi kita sebagai guru honorer yang tidak mempunyai gaji, bahkan tunjangan profesipun kadang terlambat dalam penyaluran sehingga kita akan merasa jenuh dalam menjalankan tugas kita. Namun hal ini janganlah kita jadikan alasan untuk tidak bersemangat dalam mengajar bagaimanapun kasihan murid kita akan menjadi korban keegoisan kita. 

Untuk menjaga kesehatan mental marilah kita membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu menjaga kesehatan mental bisa dengan cara :

  1. Olahraga secara rutin
  2. Menjaga hubungan yang baik dengan orang lain, misalnya dengan teman sejawat, murid dan dengan orangtua wali murid.
  3. Tidur dan istirahat yang cukup, hal ini bisa membuat pikiran kita menjadi tenang.
  4. Saling membantu dan memahami kondisi orang lain. Di sekolah kita tidak sendiri tentu saja ada teman dan murid. Disinilah kita harus membantu rekan ketika dalam kesulitan. Serta memahami kondisi rekan kita, karena antara teman yang satu dengan yang lain kondisi mereka berbeda – beda.
  5. Mencari bantuan tenaga professional. Jika kita sudah tidak bisa mengatasi sendiri maka kita hendaklah berkunjung ke psikiater untuk berkonsultasi terkait masalah yang sedang kita hadapi.

Mulai sekarang marilah kita menjaga kesehatan mental kita, karena generasi penerus bangsa, calon – calon pemimpin bangsa ada di tangan kita. Dengan ini maka kita perlu sekali menyiapkan generasi yang tangguh, kuat , disiplin, semangat dan cerdas. Di tangan kitalah generasi itu akan terbentuk. 


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

8 Tips Persiapan Masuk Sekolah untuk Guru
3 min
KESEHATAN MENTAL SEORANG GURU

tuti setianingsih

Dec 08, 2023
1 min
Penerapan Reward dan punishment dalam Pendidikan
4 min
Guru Inovatif Club, Membangun Koneksi untuk Pendidikan Indonesia !
1 min
Inovasi dan Sinergi Warga Sekolah Penuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar