GI Class 83 "Kiat Menulis Best Practice untuk Meningkatkan Profesionalisme" - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Agu 2023

GI Class 83 "Kiat Menulis Best Practice untuk Meningkatkan Profesionalisme"

Saat ini, best practice menjadi salah satu syarat untuk kenaikan pangkat. Untuk itu, GuruInovatif.id memahami kebutuhan tenaga pendidik dalam berkembang dan meningkatkan profesionalisme melalui webinar dengan pembahasan best practice.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
506x
Bagikan

Diselenggarakan pada 27-28 Juli 2023 melalui ruang virtual Zoom dan live streaming YouTube, Guru Inovatif Class #83 diikuti oleh puluhan guru yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Disampaikan oleh Sauqina, S.Pd., M.A. selaku Hafecs Research and Publication, event rutin yang diselenggarakan dari GuruInovatif.id ini mengangkat topik “Kiat Menulis Best Practice untuk Meningkatkan Profesionalisme” yang ditujukan untuk guru dan tenaga pendidik.

Filosofi Best Practice, “Kaya Ilmu, Mau Berbagi”

Diawali dengan penyampaian filosofi dari pembicara “Kaya Ilmu, Mau Berbagi”.

Best practice itu adalah praktik terbaik dari seorang guru, ketika kita itu mempunyai cukup ilmu tentang bagaimana sih cara kita mengajar?.
Saya sudah pernah punya masalah ini, kemudian masalah ini sering terjadi, oh ternyata ngga cuma saya yang mempunyai masalah itu. Maunya, orang lain yang tidak bisa menyelesaikan itu pasti ingin mendengar dari orang yang sudah pernah menyelesaikan tadi. Nah, orang yang memiliki pengetahuan itu, tentu adalah orang yang kaya ilmu, dan orang yang kaya ilmu itu mau berbagi kepada yang lain agar ilmunya tadi menjadi bermanfaat.

Kira-kira seperti itu, filosofi dari adanya best practice guru.

Saat ini, best practice menjadi salah satu syarat untuk kenaikan pangkat. Untuk itu, GuruInovatif.id memahami kebutuhan tenaga pendidik dalam berkembang dan meningkatkan profesionalisme melalui best practice.

Pada event ini,  peserta belajar tentang bagaimana cara guru dan tenaga pendidik bisa memaknai pengalaman dalam mengajar. Karena selain bicara soal praktik dari guru sendiri, kadang yang menjadi masalah selanjutnya adalah bagaimana proses dalam mencari inspirasi dalam menulis.

Refleksi Diri dalam Menentukan Best Practice

Selain pengertian dan dasar-dasar dari best practice, disampaikan pula oleh Sauqina, S.Pd., M.A. selaku narasumber bagaimana tips dalam menentukan best practice melalui refleksi diri.

Kadang, sering guru merasa bahwa “aku biasa-biasa aja nih ngajar, seperti pada umumnya, tapi ternyata menurut orang lain itu luar biasa. Kadang kita tidak sadar, bahwa ternyata hal ini bisa lho dijadikan sebagai “best practice” kita.

Lalu, bagaimana cara guru dalam memaknai pengalaman mengajar yang dirasa biasa saja, namun mungkin bisa jadi luar biasa?

Simak pembahasan lebih lengkap melalui sesi rekaman Zoom pada link berikut yang dapat diakses gratis melalui keanggotan membership.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Dwita | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Academy #13 : Pelatihan Penyusunan Stimulus Soal Berbasis Literasi dan Numerasi
4 min
Budayakan Check And Recheck Terhadap Informasi Digital.
2 min
Workshop Guru tentang Gamefikasi Koding untuk Pendidikan
1 min
Generasi Z dan Alpha: Memahami Karakteristik Generasi Penerus Bangsa untuk Masa Depan yang Lebih Baik
2 min
Webinar "Belajar Coding" sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Pembelajar di Dunia Pendidikan
1 min
Stimulus Soal Literasi dan Numerasi: Meningkatkan Kualitas Pendidikan dengan Tujuan Jelas
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB