Pentingkah Literasi Digital Bagi Siswa Taman Kanak-kanak? - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Sep 2023

Pentingkah Literasi Digital Bagi Siswa Taman Kanak-kanak?

Pentingnya pengembangan literasi digital dalam pendidikan modern baik bagi guru maupun siswa taman kanak-kanak

Dunia Pendidikan

Poppie Larasati Adisurja

Kunjungi Profile
556x
Bagikan

Dulu, guru selalu digambarkan sebagai sosok perempuan keibuan yang berdiri dengan membawa buku dan penggaris, berkacamata, dengan sanggul tinggi. Ikonik sekali ya, sampai-sampai bila gambaran tersebut kita visualkan dalam gambar, anak-anak akan segera mengenalinya.

 

Dalam perkembangan saat ini, gambaran itu sudah mulai berubah. Guru tidak harus menggunakan buku, alat tulis, ataupun hal lain seperti gambaran sebelum ini.

 

Dengan pesatnya kemajuan teknologi, menjadi penting bagi para pendidik untuk beradaptasi dan menggabungkan alat-alat digital dalam metodologi pengajaran mereka.

 

Lewatlah sudah zaman ketika guru hanya mengandalkan metode pengajaran tradisional. Munculnya alat dan sumber daya digital telah merevolusi cara penyampaian pendidikan. Saat ini, lebih dari sebelumnya, sangatlah penting bagi guru untuk menguasai literasi digital untuk memberikan pengalaman belajar terbaik bagi siswanya.

 

Literasi digital mengacu pada kemampuan menggunakan alat digital secara efektif dan bertanggung jawab. Hal ini mencakup kemampuan menavigasi perangkat, mengakses dan mengevaluasi informasi online, serta memahami keamanan dan etika digital. Bagi guru, literasi digital memungkinkan mereka mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran, menjadikannya lebih menarik dan interaktif. Sebagai seorang profesional, guru yang bersertifikasi dalam mendidik anak, dituntut untuk terus mengikuti perkembangan anak didiknya. Maka, pelatihan bagi guru dalam mengembangkan kemampuan literasinya sangat diperlukan. Mustahil bila seseorang dapat berkembang tanpa daya usaha dan ketekunan dalam mengembangkan dirinya. Sekolah sebagai institusi terkait bisa membantu memberikan in house training bagi guru-gurunya.

 

Manfaat nyata dari perkembangan literasi digital tidak hanya terbatas pada guru saja. Siswa taman kanak-kanak juga dapat memperoleh manfaat dari paparan awal terhadap alat-alat digital. Dengan memperkenalkan mereka pada aplikasi dan program pendidikan yang sesuai dengan usia mereka, guru dapat meningkatkan pengalaman belajar bagi siswa yang masih muda. Alat-alat ini dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan dasar, seperti pengenalan huruf, berhitung, dan pemecahan masalah, dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

 

Misalnya, alih-alih menggunakan pena dan kertas biasa, siswa dapat menggunakan layar sentuh dan alat menggambar digital untuk meningkatkan keterampilan kreatif mereka. Mereka dapat menjelajahi situs web pendidikan dan permainan interaktif yang membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Dengan memasukkan literasi digital ke dalam rutinitas sehari-hari, guru dapat mempersiapkan siswanya untuk sukses di era digital.

 

Selain itu, inovasi dalam literasi digital juga dapat mendorong inklusivitas di kelas. Bagi siswa berkebutuhan khusus atau ketidakmampuan belajar, sumber daya digital dapat memberikan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Dengan bantuan teknologi bantu, seperti perangkat lunak text-to-speech, para siswa dapat memiliki akses yang sama terhadap informasi, sehingga meningkatkan perjalanan pendidikan mereka.

 

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah memastikan bahwa inovasi dalam literasi digital diimbangi dengan menjaga keseimbangan yang sehat antara aktivitas digital dan aktivitas fisiknya. Meskipun teknologi dapat sangat meningkatkan pengalaman belajar, teknologi tidak boleh menggantikan keterampilan penting, seperti interaksi sosial, aktivitas fisik, dan pembelajaran langsung.

 

Kesimpulannya, pengembangan literasi digital memainkan peran penting dalam pendidikan modern baik bagi guru maupun siswa taman kanak-kanak. Dengan memanfaatkan alat dan sumber daya digital, pendidik dapat menyediakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, meningkatkan kreativitas siswa, berpikir kritis, dan keterampilan memecahkan masalah. Penting bagi guru untuk terus meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti training yang sesuai dengan profesinya. Keseimbangan antara aktivitas digital dan aktivitas fisik sangat penting untuk memastikan pengalaman belajar yang holistik bagi siswa taman kanak-kanak.


Penyunting: Putra

2

2

Komentar (2)

YUDI PUTRANTO

Sep 12, 2023

Wah makin nggak mudah bagi seorang guru di era sekarang ya..tuntutan pekerjaan dan tanggungjawab makin beragam sehingga harus terus menerus belajar menyesuaikan dengan perkembangan jaman..semoga semua guru khususnya di Indonesia tetap semangat berjuang membangun generasi yang mandiri..

Poppie Larasati Adisurja

Sep 12, 2023

Setuju pak, guru juga harus menjadi pembelajar sepanjang hayat, jangan hanya menuntut anak untuk belajar dengan giat

Balas

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mari Bijak Berliterasi Digital, Stop Gaptek!
4 min
Literasi Digital: Suatu Upaya Peningkatan Wawasan Siswa dan Kompetensi Guru dengan Memanfaatkan Media Sosial

RUDI HARYANTO

Sep 11, 2023
3 min
CAKRA Inovasi Terkini Menyatukan Sinergitas Pendidikan

ASRUL, S.Pd

May 28, 2024
2 min
Literasi Digital Mengasyikkan dengan Learning on the Clouds
4 min
6 Literasi Dasar Yang Perlu Dikuasai Siswa
3 min
Membentuk Agora Masa Kini
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar