Penguatan Literasi Digital di Sekolah: Platform Online Menyediakan Pengalaman Belajar yang Lebih Keren - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Sep 2023

Penguatan Literasi Digital di Sekolah: Platform Online Menyediakan Pengalaman Belajar yang Lebih Keren

Penguatan literasi digital di sekolah sangat penting dalam era digital seperti sekarang ini. Selain itu, pelatihan guru, sertifikasi guru, dan pelatihan in house training juga dapat menjadi solusi dalam upaya penguatan literasi digital di sekolah.

Dunia Pendidikan

MUHAMMAD MAHATIR

Kunjungi Profile
958x
Bagikan

Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Di era digital seperti sekarang ini, literasi digital menjadi keterampilan yang tak kalah pentingnya. Literasi digital mengacu pada kemampuan individu untuk menggunakan teknologi digital dengan efektif dan efisien dalam kehidupan sehari-hari. Penguatan literasi digital di sekolah menjadi sangat penting karena siswa dan guru perlu menguasai teknologi digital agar dapat bersaing di era ini.

Dalam upaya penguatan literasi digital di sekolah, platform online dapat menjadi solusi yang tepat. Platform online menyediakan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan efektif bagi siswa dan guru. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pentingnya penguatan literasi digital di sekolah dan bagaimana platform online dapat membantu dalam upaya tersebut.

 

Pentingnya Penguatan Literasi Digital di Sekolah

Penguatan literasi digital di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan siswa dan guru menghadapi era digital. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penguatan literasi digital di sekolah sangat penting:

  1. Persiapan untuk masa depan: Di era digital ini, teknologi terus berkembang dengan cepat. Siswa dan guru perlu menguasai literasi digital agar dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang semakin digital.
  2. Kemampuan bersaing: Literasi digital memberikan keunggulan kompetitif bagi siswa dan guru. Dengan menguasai teknologi digital, mereka dapat lebih efektif dalam mencari informasi, berkomunikasi, berkolaborasi, dan memecahkan masalah.
  3. Akses ke sumber belajar yang lebih luas: Dengan literasi digital, siswa dan guru dapat mengakses berbagai sumber belajar secara online. Mereka dapat memanfaatkan platform online, seperti Google Classroom, Quizlet, dan Duolingo, untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka.

 

Platform Online Menyediakan Pengalaman Belajar yang Lebih Keren 

Platform online dapat menjadi solusi yang efektif dalam penguatan literasi digital di sekolah. Berikut adalah beberapa contoh platform online yang dapat membantu siswa dan guru dalam mengembangkan literasi digital:

  1. Google Classroom: Google Classroom adalah platform online yang disediakan oleh Google untuk membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Guru dapat membuat tugas, mengumpulkan pekerjaan siswa secara online, dan berinteraksi dengan siswa melalui fitur komentar. Google Classroom juga menyediakan berbagai sumber belajar yang dapat diakses oleh siswa dan guru.
  2. Quizlet: Quizlet adalah platform online yang menyediakan berbagai sumber belajar seperti kartu kata, kuis, dan latihan. Dalam Quizlet, siswa dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Quizlet juga menyediakan fitur analisis hasil belajar yang dapat membantu siswa dan guru dalam mengevaluasi pemahaman siswa.
  3. Duolingo: Duolingo adalah platform online yang menyediakan pembelajaran bahasa secara interaktif. Siswa dapat belajar bahasa secara mandiri melalui aplikasi atau situs web Duolingo. Platform ini menyediakan pembelajaran bahasa yang menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa dapat belajar bahasa dengan lebih mudah.

 

Pelatihan Guru, Sertifikasi Guru, Pelatihan In House Training

Selain platform online, pelatihan guru, sertifikasi guru, dan pelatihan in house training juga memiliki peran penting dalam penguatan literasi digital di sekolah. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai ketiga hal tersebut:

  1. Pelatihan Guru: Pelatihan guru atau kursus untuk guru dapat membantu mereka menguasai teknologi digital dan memahami implikasi dari informasi yang diperoleh dari teknologi digital. Pelatihan ini dapat membantu guru dalam mengembangkan keterampilan literasi digital dan memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran.
  2. Sertifikasi Guru: Sertifikasi guru merupakan bukti bahwa guru telah menguasai literasi digital dan mampu mengajar dengan menggunakan teknologi digital. Sertifikasi ini dapat memberikan pengakuan dan kepercayaan kepada guru dalam mengajar dengan menggunakan teknologi digital.
  3. Pelatihan In House Training: Pelatihan in house training atau pelatihan internal di sekolah dapat membantu guru dalam mengembangkan keterampilan literasi digital. Pelatihan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks sekolah, sehingga guru dapat belajar secara khusus mengenai literasi digital yang relevan dengan lingkungan mereka.

Kesimpulan 

Penguatan literasi digital di sekolah melalui platform online, pelatihan guru, sertifikasi guru, dan pelatihan in house training memiliki peran yang penting dalam mempersiapkan siswa dan guru menghadapi era digital. Platform online menyediakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif, sementara pelatihan guru, sertifikasi guru, dan pelatihan in house training membantu guru mengembangkan keterampilan literasi digital. Dengan penguatan literasi digital, siswa dan guru dapat menguasai teknologi digital dan memanfaatkannya secara efektif dalam proses pembelajaran.

Source Image 

hotpot.ai


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pentingnya Motivasi Belajar Bagi Pelajar Zaman Sekarang

Arifah K S

Oct 27, 2023
5 min
Transformasi Pendidikan dengan Literasi Digital: Meningkatkan Kemampuan Siswa dan Guru melalui Platform Digital

Santi Septiani

Aug 03, 2023
6 min
PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS DI SD NEGERI 096755 Perkebunan Maligas
SELF-EDUCATION : LAWAN HOAX SEJAK DINI

Iin Nuraini

Jan 15, 2024
5 min
Wawasan Wiyata Mandala untuk Menciptakan Pendidikan Inklusif
3 min
Fasilitasi Kebutuhan Belajar Peserta Didik untuk Memaksimalkan Potensi Dirinya

Khairani Lutfiana

May 20, 2024
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar