Pembelajaran Bahasa Asing yang Berwawasan Global dengan Orientasi Lokal - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 21 Mei 2024

Pembelajaran Bahasa Asing yang Berwawasan Global dengan Orientasi Lokal

Pembelajaran bahasa asing, terutama di sekolah-sekolah yang jauh lingkungan perkotaan yang multikultur, sampai saat ini masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak terjangkau oleh kemampuan berpikir murid.

Cerita Guru

Oktina Utami

Kunjungi Profile
123x
Bagikan

Pembelajaran bahasa asing, terutama di sekolah-sekolah yang jauh lingkungan perkotaan yang multikultur, sampai saat ini masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak terjangkau oleh kemampuan berpikir murid. Berbagai adaptasi telah dilakukan oleh para guru mulai dari peningkatan kompetensi dalam hal IT untuk menyelaraskan dengan selera belajar murid, hingga variasi-variasi materi dan metode semuanya dilakukan untuk bisa mencapai tujuan pembelajaran bahasa yang diharapkan. Namun tidak jarang, guru bahasa asing dihadapkan pada fakta bahwa banyak murid yang datang ke sekolah dengan tidak membawa motivasi untuk belajar sama sekali. Target yang mereka tetapkan tidak lebih dari sekedar mengikuti rangkaian pembelajaran, bisa mengerjakan ujian-ujian yang diadakan, mendapat nilai minimal di ambang batas level ketuntasan, lulus dengan nilai yang aman, sudah cukup. Tidak ada kesadaran bahwa pembelajaran yang mereka dapatkan akan menjadi bekal masa depannya.

Sebagai guru bahasa asing, pernahkah kita bertanya apa yang sebenarnya menjadi garis merah dari masalah yang kita hadapi ini? Sudahkah kita memeriksa bahwa langkah yang kita putuskan untuk dilakukan di kelas telah sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman? Materi bahasa asing, tidak jarang bermuatan internasional. Budaya-budaya negara lain sebagai contoh dialog-dialog yang digunakan, dan level kebahasaan yang cukup tinggi dengan standar teks yang diambil dari sumber-sumber bacaan otentik. Mungkin inilah salah satu penyebab sulitnya materi tersampaikan. Bahkan sekedar mendapatkan antusias siswa untuk belajar pun, merupakan tantangan yang belum terpecahkan. Rupanya kita yang sering lupa, bahwa murid-murid kita berasal dari mana, dari kodrat alam yang mana. Muatan-muatan yang disuntikkan dalam materi pelajaran bahasa asing memang penting untuk membuka wawasan mereka terhadap kondisi dunia, tetapi seharusnya tidak lantas menjadi tugas mereka untuk memikirkan solusi pemecahan polemik tersebut, sementara di lingkungan sekitar mereka terdapat masalah-masalah yang lebih konkret dan urgent untuk dijadikan bahan diskusi.

PEMBELAJARAN BAHASA ASING YANG BERWAWASAN GLOBAL DENGAN ORIENTASI LOKAL

Selama ini kita percaya bahwa pembelajar bahasa asing harus berorientasi global dan memiliki wawasan internasional. Namun dengan berbagai tantangan yang dulit terpecahkan tersebut, akhirnya kita harus menurunkan standar dan menghadapi realitas bahwa bahasa adalah sekedar alat yang digunakan sebagai media komunikasi. Murid tidak harus ditargetkan untuk ikut menerapkan kultur yang digunakan negara lain hanya karena mereka ikut mempelajari bahasanya, dan tentu saja mereka juga tidak harus bisa menggunakan bahasa asing ini dengan kualitas seperti penutur asli bahasa tersebut. Wawasan global tentunya sangat penting untuk dimiliki murid sebagai senjata dalam memfilter segala informasi yang masuk di era digital seperti sekarang. Namun bukan berarti mereka harus lupa bahwa mereka anak bangsa dan putra daerah yang seharusnya mulai saat ini sudah bisa ikut berperan aktif dalam membangun daerahnya, minimal dimulai dengan memupuk budaya lokal dan peka terhadap permasalah sosial yang terjadi di sekitarnya.

Salah satu langkah konkret yang dapat dilakukan oleh para guru bahasa asing adalah dengan mengangkat isu-isu kedaerahan dalam teks-teks bacaan, mengambil interaksi sosial dengan konteks kegiatan masayarakat untuk dijadikan contoh dalam materi-materi teks fungsional, dan yang paling penting adalah menjaga komunikasi dua arah dengan siswa tentang segala hal yang dilakukan di kelas, mulai dari apa yang dibutuhkan murid, apa yang membuat mereka enjoy, apa yang menjadi tantangan belajar mereka, dan solusi pemecahan yang semuanya didiskusikan bersama secara resiprokal.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Quiver Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai

Ibrohim,S.Pd

Mar 18, 2023
2 min
Siswa Merdeka dengan Karakternya

DONO SETIAWAN

Jul 23, 2022
3 min
Belajar dari Covid-19, Bagaimana Cara Mudah Menularkan Semangat Membaca dan Belajar Peserta Didik
7 min
Merancang Pembelajaran Untuk Memancing Siswa Berpikir Kritis

Hafecs HRP

Nov 30, 2021
4 min
Guru yang tak pernah bercita-cita menjadi guru

HASMAWATI, S.Pd

Apr 27, 2022
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar