MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 02 Jan 2024

MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN

Kehadiran teknologi AI merupakan sebuah terobosan di bidang teknologi pendidikan untuk memudahkan pembelajaran. Penggunaan teknologi dengan bijak dan terkendali dapat memicu akselerasi pendidikan. Di sinilah kita dapat memetik manfaat AI dalam merancang kegiatan pembelajaran bagi siswa dan guru.

Metode Mengajar

HANAFIAH, S.Ag

Kunjungi Profile
2657x
Bagikan

Pendidikan adalah proses yang kompleks dimana kita tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang berbagai konsep tapi kita juga belajar menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan kecakapan sosial kita. Mesin tidak dapat mengajarkan empati, simpati, dan berbagai emosi lainnya yang merupakan bagian penting dalam pengembangan kepribadian kita. Secanggih apapun teknologi Artificial Intelligence (AI) dan seberapa banyak contoh pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) tidak akan bisa menggantikan peran guru dalam pembelajaran. Peran Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran hanyalah sebatas membantu dan memberdayakan guru dalam membuat proses pembelajaran sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi siswa. 

Teknologi Artificial Intelligence (AI) hanya sebatas mengumpulkan dan menganalisis data tentang kebutuhan, preferensi, dan kemajuan individu siswa. Berdasarkan informasi yang diperoleh Artificial Intelligence (AI) dapat menyediakan pengalaman pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap siswa. Di sinilah kita dapat memetik manfaat Artificial Intelligence (AI) dalam merancang kegiatan pembelajaran bagi siswa dan guru.

Manfaat aplikasi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran diantaranya adalah;

1. Duolingo

Duolingo menggunakan AI untuk menyediakan pembelajaran bahasa yang personal dan adaptif. Aplikasi ini mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam bahasa yang dipelajari, dan menyesuaikan materi pembelajaran agar sesuai dengan tingkat kemampuan individu.

MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN

2. Grammarly

Grammarly adalah alat bantu penulisan yang menggunakan AI untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan. Dengan fitur-fitur canggihnya, Grammarly membantu meningkatkan kualitas tulisan siswa.

MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN

3. Wolfram Alpha 

Wolfram Alpha adalah mesin pengetahuan komputasional yang menggunakan AI untuk memberikan jawaban dan solusi terhadap pertanyaan matematika, ilmu, dan topik-topik lainnya. Aplikasi ini sangat berguna bagi siswa yang membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan soal-soal yang rumit.

MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN

4. Kahoot! 

Kahoot! adalah platform pembelajaran yang menggunakan AI untuk membuat kuis interaktif dan seru. Aplikasi ini memungkinkan siswa membuat pertanyaan dan pilihan jawaban, sementara siswa berkompetisi untuk menjawab dengan cepat dan benar. AI digunakan untuk menghasilkan skor dan peringkat siswa secara otomatis, memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan.

MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN

5. Classcraft

Classcraft adalah platform pembelajaran berbasis permainan (gamifikasi) yang menggunakan AI untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan kolaboratif. Aplikasi ini menggabungkan elemen permainan, seperti karakter, poin, dan tantangan, dengan pembelajaran kelas untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa.

MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN

6. Carnegie Learning 

Carnegie Learning adalah platform pembelajaran yang menggunakan AI untuk menyediakan solusi pembelajaran matematika yang adaptif dan personal. Aplikasi ini dirancang untuk membantu siswa memahami konsep matematika secara mendalam dengan menggunakan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan individu.

MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN

7. OpenCV 

OpenCV (Open Source Computer Vision Library) adalah perpustakaan pemrosesan gambar dan penglihatan komputer yang menggunakan AI untuk analisis visual dan pengenalan pola. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur dan algoritma yang membantu dalam pembelajaran dan pengembangan sistem penglihatan mesin.

MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN

8. Ivy.ai 

Ivy.ai adalah platform AI-driven yang dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran dan keterlibatan siswa. Aplikasi ini menggunakan AI untuk menyediakan asisten virtual yang dapat memberikan bantuan dan informasi kepada siswa secara real-time.

MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN

9. Knowji 

Knowji adalah aplikasi pembelajaran yang menggunakan AI untuk memperluas kosa kata dan memperkaya pemahaman bahasa. Aplikasi ini menyediakan berbagai sumber daya yang dirancang untuk membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan bahasa melalui pengayaan kosa kata.

10. Nuance’s Dragon Speech Recognition 

Nuance’s Dragon Speech Recognition adalah aplikasi AI yang memanfaatkan teknologi pengenalan suara untuk mengubah ucapan menjadi teks dengan akurasi tinggi. Aplikasi ini dirancang untuk membantu siswa dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berbagai konteks dalam pembelajaran.

MANFAAT APLIKASI AI (Artificial Intelligence) DALAM PEMBELAJARAN

Kehadiran teknologi AI merupakan sebuah terobosan di bidang teknologi pendidikan untuk memudahkan pembelajaran. Penggunaan teknologi dengan bijak dan terkendali dapat memicu akselerasi pendidikan. Kemunculan teknologi kecerdasan buatan Artificial Intellegence (AI) juga dapat menanamkan sifat mandiri dalam diri siswa. Guru tidak dibebani peran yang begitu dominan, namun, tugasnya menjadi spesifik dalam lingkup memberikan pencerahan dengan kata kunci yang substansial. Pangkal dari setiap pemanfaatan teknologi bagi guru adalah tetap mengedepankan esensi dari mengajar yaitu menata moral dan perilaku dari siswa. Adapun bagi siswa, adanya teknologi pendidikan dapat membantu siswa dalam mengontrol dan memantau pembelajaran mereka sendiri, memungkinkan mereka untuk hidup dan bekerja dengan baik di masa depan.


Penyunting: Putra

0

7

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Guru Inovatif Class #6 “Membuat Sistem Ujian Online Digital dari Persiapan hingga Penilaian”
1 min
Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Motivasi Berbicara Bahasa Inggris

Oktina Utami

May 22, 2024
2 min
GI Class #89: Bedah Modul Ajar Kurikulum Merdeka
4 min
Belajar Public Speaking, Tips Lancar Ngomong Saat Presentasi

Reezky Pradata

Sep 10, 2021
1 min
Pemanfaatan Media Sosial: Facebook, Instagram dan Tiktok dalam Proses Pembelajaran PAI

Rahmawati

Sep 04, 2023
4 min
Asyiknya Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Canva
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar