Literasi Digital Sebagai Salah Satu Sumber Informasi Bagi Siswa Untuk Peningkatan Hasil Belajar - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 09 Sep 2023

Literasi Digital Sebagai Salah Satu Sumber Informasi Bagi Siswa Untuk Peningkatan Hasil Belajar

Literasi digital dan salah satu cara untuk mengolah informasi yang didapat guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Dunia Pendidikan

Pratika Indah Widianingrum

Kunjungi Profile
432x
Bagikan

Era serba digital saat ini sangat mendukung perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dalam penyerapan terhadap suatu materi disekolah, terkadang untuk siswa dengan latar belakang keluarga yang paham dalam mengupayakan proses dukungan belajar untuk meraih prestasi akan mendapatkan asupan informasi yang lebih banyak dibandingkan siswa yang lain. 

Bentuk informasi dapat dicari dalam dunia digital melalui berbagai aplikasi ataupun sosial media, pada era ini proses pencarian tersebut sangatlah mudah di akses oleh siswa. Kecepatan siswa dalam penggunaan dunia digital sangatlah cepat, kontrol orangtua sangat diperlukan disini dan guru dapat membantu sebagai filter didalam lingkup sekolah.

Proses tersebut harus mampu guru ikuti dari segi informasi apa yang anak dapatkan, bagaimana ia mengolah, serta bagaimana cara mereka mendapatkannya. Karena dari sini guru dapat mengarahkan untuk apa informasi-informasi tersebut serta bagaimana cara menerapkan untuk proses pembelajaran. Maka pelatihan guru sangatlah penting untuk dapat selangkah lebih maju.

Tidak mudah bagi guru untuk dapat berproses dalam pembelajaran di era digital yang mungkin usia dan fasilitas menjadi alasannya, namun hal tersebut harus dapat diupayakan dari lingkup terkecil sekolah dengan kesadaran kepala sekolah yang dapat menjadwalkan pelatihan IHT (In House Training) dengan meningkatnya kemampuan yang diharapkan maka sertifikasi guru akan meningkat.

Sehingga akan sejalan dengan apa yang didapat siswa diluar sekolah dari literasi digital yang dapat diimplementasikan untuk proses peningkatan pembelajaran dan penguatan materi pelajaran disekolah. Bukan hanya sekedar informasi singkat yang hanya lewat atau bahkan bentuk informasi yang dapat mengganggu proses belajar. Kemerdekaan dalam belajar memang bebas dan luas namun dimulai dari pengembangan bakat minat ini akan menjadi ideal jika pemahaman terhadap anak dapat diobservasi oleh guru serta dikomunikasikan kepada orangtua. Poin tersebut akan dapat dioptimalkan dengan bantuan guru dan orangtua.

Sinergisitas antara pihak sekolah, siswa dan wali murid tidak dapat berjalan sendiri, harus mampu saling terkait dan menjadi rantai yang kuat untuk tali jembatan kesuksesan siswa.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mengintegrasikan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran: Membangun Karakter Siswa dengan Nilai-Nilai Lokal
3 min
Pembelajaran yang Super Seru dengan Canva, Kunci Kesuksesan Pendidikan Interaktif
2 min
Eksplor Sidig Pustaka, Lejitkan P5

RR. ALISA

Sep 10, 2023
49 sec
Pembelajaran yang Menarik, Menyenangkan dan Berpihak pada Murid Kunci Sukses Kurikulum Merdeka dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045

FATIMAH

May 22, 2023
1 min
GAWAI MASUK KELAS
MENGARUNGI ERA DIGITAL MELALUI PLATFORM DIGITAL YANG MENARIK
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB