KESEHATAN MENTAL GURU, PENENTU KEBERHASILAN BELAJAR MURID - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Nov 2023

KESEHATAN MENTAL GURU, PENENTU KEBERHASILAN BELAJAR MURID

“Setelah menjadi guru, baru sadar ternyata bagian tersulit dalam mendidik adalah menata dan mengontrol emosi diri sendiri”

Seputar Guru

Pamiluwati,S.Pd

Kunjungi Profile
579x
Bagikan

Guru adalah seorang pendidik yang bertugas membimbing dan mengantarkan murid mencapai tujuan belajarnya. Tuntutan perubahan paradigma pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran yang bisa memenuhi kebutuhan muridnya, hal ini tidak mudah bagi guru. Ditambah dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat mempengaruhi perkembangan generasi emas usia belajar. Dari kondisi tersebut keresahan guru semakin kompleks, selain harus pandai merubah strategi mengajar guru juga harus pandai mengikuti perkembangan murid secara keseluruhan. 

Untuk menjalankan tugasnya dengan maksimal selain meningkatkan 4  kemampuan (pedagogic, kepribadian, social dan keprofesian) yang tidak kalah pentingnya adalah kesehatan seorang guru baik kesehatan secara jasmani dan rohani dengan kata lain kesehatan mental

Sehat mental adalah suatu kondisi kesejahteraan pada individu yang mengenali kemampuan dirinya, mampu menghadapi stress (tekanan/situasi yang sulit) dalam kehidupannya, tetap produktif dan berkontribusi bagi lingkungan dan masyarakat.

Kesehatan mental guru tidak bisa disepelekan. Beban emosional yang tinggi, banyaknya administrasi yang harus diselesaikan belum lagi tekanan dari orang tua/wali murid merupakan pemicu permasalahan kesehatan mental guru. Permasalahan yang sering ditemukan dari mental guru yang mengalami gangguan atau bermasalah diantaranya stres, kepuasan kerja yang rendah, ketidakhadiran sampai rasa puncak yakni keinginan yang tinggi berhenti mengajar. 

Guru  yang mengalami masalah terkait kesehatan mental akan sulit menjadi model positif, membangun emosionl yang baik, bagi muridnya. Efeknya apa? Guru melaksanakan pembelajaran tidak efektif sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai/tidak berhasil.

Betapa besar peran guru terhadap keberhasilan belajar murid, maka penting bagi guru untuk menjaga kesehatan mentalnya. Guru bisa melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Mengelola stress dengan batas optimal (bisa mengikuti pelatihan manajemen emosi),
  2. Memperbanyak literasi dan belajar tentang pentingnya kesehatan mental,
  3. Pandai-pandai manajemen pekerjaan,
  4. Work-Life Balance, menyeimbangkan kebutuhan pribadi dan pekerjaan,
  5. Membangun komunikasi yang baik dengan pimpinan dan orang tua/wali murid.

Kesehatan mental guru sangatlah penting. Guru tidak bisa bergerak dengan sendirinya. Dukungan dari semua elemen pendidikan yang berada di lingkungan madrasah sangat dibutuhkan, untuk mewujudkan berhasil atau tidaknya tujuan pendidikan. “GURU BAHAGIA MASA DEPAN PENDIDIKAN CERAH”


Penyunting: Putra

14

0

Komentar (14)

Siti Fauziyah

Dec 03, 2023

Alhamdulillah Indonesia punya pendidik yang inovatif, good job bestie...

Pamiluwati,S.Pd

Dec 03, 2023

trimakasih

Balas

Sutrisno Sutrisno

Nov 29, 2023

Alhamdulillah God job Bu Palupi

Pamiluwati,S.Pd

Nov 29, 2023

trimakasih senior

Balas

aslihatun nikmah Mjk

Nov 29, 2023

Sukses selalu

Pamiluwati,S.Pd

Nov 29, 2023

aamiin trimakasih

Balas

Lihat Komentar Lainnya

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Cara Guru Mengatasi Stres melalui Praktik Mindfulness

Nuranita, S.Pd

Nov 24, 2023
5 min
7 Situs Template Powerpoint Keren Gratis Yang Mudah Untuk Dipakai Siswa atau Guru

ROMI SAPUTRA

Sep 12, 2023
3 min
Terkini dalam Pendidikan: Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik
4 min
GI Academy #31 | Pengelolaan RHK Guru dan Kepala Sekolah dalam PMM
3 min
Kesehatan Mental Guru yang Dianggap Tidak Perlu
3 min
Jadilah Guru Bahagia

maria luailia

Dec 01, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar