Kelas Dinamis, Sumber Semangat Peserta Didik - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Mei 2024

Kelas Dinamis, Sumber Semangat Peserta Didik

Ketika memasuki kelas yang tak beraturan, apakah Anda betah? Tentu tidak, demikian pula yang dirasakan peserta didik. Artikel ini akan mengulik pentingnya penataan kelas dinamis di sekolah.

Dunia Pendidikan

Athirah Syam92

Kunjungi Profile
140x
Bagikan

Penerimaan Peserta Didik Baru identik dengan proses seleksi ketat dari orang tua peserta didik untuk menentukan anaknya mampu diberi pelayanan optimal di sekolah. Salah satunya ialah melalui keterlibatan paguyuban orang tua dalam hal memperhatikan kelas dinamis di sekolah khususnya di kelas peserta didik.

Ketika kita pergi ke suatu taman, namun taman tersebut sangat gersang, tentunya kita sebagai pengunjung akan merasa bosan dan tidak tertarik. Demikian pula dengan kelas yang ada di sekolah, ruang kelas yang kering, monoton, membuat peserta didik semakin tidak semangat untuk pergi ke sekolah. Padahal hakikatnya, peserta didik harus merasa gembira bersekolah.

Kelas yang dinamis adalah kelas yang melibatkan interaksi antara siswa dan guru dalam komunitas kelas. Tujuan belajar di kelas yang dinamis adalah mempelajari bagaimana menciptakan suasana kelas yang positif dimana siswa merasa nyaman belajar dan berkomunikasi dengan siswa lain dan dengan guru. Ruang kelas dinamis yang baik terdiri dari keterlibatan semua orang di kelas.

Membahas tentang keterlibatan semua orang di kelas, tentu tidak lepas dari sinergitas antara guru, kepala sekolah dan juga orang tua murid yang biasa dikenal dengan istilah parenting atau paguyuban orang tua murid. Di awal masuk peserta didik, pembentukan paguyuban ini selalu digelar. Salah satu programnya yakni bersama-sama mengelola kelas dinamis dalam hal penataan kelas.

Dalam menjalankan aktivitasnya di kelas yaitu belajar, seorang siswa memiliki kepribadian tersendiri antara anak yang satu dengan anak yang lain. Perbedaan kepribadian antar individu tersebut dapat mempengaruhi cara siswa dalam belajar. Khususnya dalam merespon guru pada saat memberikan materi pelajaran. Dengan hal ini pula, sering kali terjadi keributan di dalam kelas yang disebabkan oleh siswa yang mempunyai sikap suka mengganggu teman yang lain saat pembelajaran.

 Ulah satu siswa dapat mempengaruhi siswa yang lain. Kelas yang ramai dan sulit diatur merupakan suasana kelas yang tidak kondusif dalam proses pembelajaran. Jika kondisi kelas tidak nyaman dalam melaksanakan proses pembelajaran maka aktivitas siswa pun akan terganggu, siswa tidak dapat berkonsentrasi penuh dalam belajar. Sebagai seorang guru harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan nyaman, dan siswa pun dapat berkonsentrasi penuh dalam pembelajaran.

Kegiatan guru di dalam kelas meliputi dua hal pokok, yaitu mengajar dan mengelola kelas. Kegiatan mengajar dimaksudkan secara langsung menggiatkan siswa mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, sedangkan kegiatan mengelola kelas bermaksud menciptakan dan mempertahankan suasana (kondisi) kelas agar kegiatan mengajar itu dapat berlangsung secara efektif dan efisien (Rulam: 2010).

Kelas dinamis merupakan wujud sinergitas antara orang tua, guru dan seluruh warga sekolah. Pengelolaan kelas yang dinamis akan menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa untuk memotivasi diri mereka dalam belajar. Pembelajaran akan lebih menyenangkan dan menjadi daya tarik siswa ketika pengelolaan kelas yang dinamis dapat dikelola oleh guru dan paguyuban orang tua murid secara optimal. Pengelolaan kelas yang dinamis membawa dampak yang positif bagi siswa diantaranya yaitu siswa menjadi lebih aktif, siswa tidak merasa bosan dan jenuh, siswa menjadi lebih semangat untuk berangkat sekolah dan menerima pelajaran. Sehingga hal tersebut akan menjadi daya tarik motivasi belajar bagi siswa di sekolah.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Perkembangan Teknologi Semakin Pesat! Anda Harus Tahu Tentang Ini!
3 min
Analisa Kesalahan Struktur Tata Bahasa Pada Teks Terjemahan Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris
1 min
"Dengan Kurikulum Merdeka : Menjadi Tonggak Kesuksesan Indonesia Emas Tahun 2045 Di Ruang Kelas"

Asyari Firdaos

May 30, 2023
13 min
Sinergi Student Agency dan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Rissa A. Agustina

May 31, 2024
4 min
Digitalisasi dalam Suara : Membangun Literasi Digital Siswa Tunanetra melalui Google Form
2 min
Lidi Balok (Literasi Digital Berbasis keArifan Lokal)untuk Pendidikan Inklusi di UPTD SPNF SKB Kota Tegal

SRI HARYANTI,S.Pd

Sep 01, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar