Kurikulum Merdeka: Membangun Generasi Indonesia Emas 2045 - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 24 Mei 2023

Kurikulum Merdeka: Membangun Generasi Indonesia Emas 2045

Salah satu visi membangun generasi Indonesia emas adalah untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan khususnya di negara Indonesia. Dalam upaya mencapai generasi Indonesia emas 2045, dunia pendidikan saat ini muncul sebuah pendekatan baru, yaitu Kurikulum Merdeka.

Dunia Pendidikan

Irfan Hidayah, S.Pd.

Kunjungi Profile
2227x
Bagikan

Adanya program pelatihan guru mampu menumbuhkan kemampuan profesional dan memaksimalkan proses pembelajaran di dalam kelas. Seperti yang diketahui, dunia pendidikan adalah fondasi utama dalam membangun generasi Indonesia emas 2045. Salah satu visi membangun generasi Indonesia emas adalah untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan khususnya di negara Indonesia. Dalam membangun generasi yang cerdas dan hebat, tentu saja dimulai dari guru yang profesional. Itulah mengapa sertifikasi guru hingga pelatihan guru IHT (In House Training) sangatlah penting. Dalam upaya mencapai generasi Indonesia emas 2045, dunia pendidikan saat ini muncul sebuah pendekatan baru, yaitu Kurikulum Merdeka.

Apa itu Kurikulum Merdeka?

Kurikulum Merdeka adalah sebuah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Pada Kurikulum Merdeka ini juga menempatkan peran guru sebagai kunci penting dalam memberikan pendidikan berkualitas untuk anak didik sehingga diharapkan mampu mencetak generasi Indonesia emas 2045. Di kurikulum ini, guru memiliki keleluasaan dalam memilih beberapa perangkat untuk mengajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat para peserta didik.

Salah satu keunggulan dari Kurikulum Merdeka adalah dapat membantu membebaskan potensi siswa, misalnya siswa tidak harus dipaksa untuk mengikuti mata pelajaran atau ekstra kurikuler yang tidak mereka sukai. Beberapa kasus yang sering terjadi adalah, peserta didik sering merasa terpaksa mengikuti pelajaran yang kurang mereka sukai sehingga tidak ada motivasi untuk mempelajarinya. 

Melalui Kurikulum Merdeka juga mampu menciptakan peserta didik yang berkualitas dan mandiri karena mereka diberi kebebasan mengembangkan minat dan bakatnya.

Dokumentasi Pribadi

Langkah yang Harus dipersiapkan Dalam Membangun Generasi Indonesia Emas 2045

Dalam rangka membangun generasi Indonesia emas 2045, tentu ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan. Akan tetapi, ada juga tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya adalah keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak lain adalah tenaga pengajar atau guru. Untuk memaksimalkan kesuksesan Kurikulum Merdeka ini dibutuhkan guru terlatih dan berpengalaman yang nantinya akan memberikan bimbingan kepada siswa dalam memilih dan mengembangkan bakatnya. Inilah beberapa langkah yang harus dipersiapkan demi menciptakan generasi Indonesia emas 2045;

1. Pelatihan guru

Pelatihan guru merupakan salah satu komponen utama dalam menciptakan guru-guru yang kompeten dan berkualitas. Melalui pelatihan inilah, para guru dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan cara-cara efektif yang diperlukan untuk mengajar. Dengan adanya Kurikulum Merdeka, pelatihan guru menjadi sangat penting. Hal ini karena nanti akan melibatkan pendekatan yang lebih inklusif dan berpusat pada siswa. Guru diharapkan memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana strategi pembelajaran yang inovatif dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Selain itu guru juga diharuskan untuk memiliki kemampuan untuk mengelola kelas yang beragam.

2. Sertifikasi guru

Sertifikasi guru juga memiliki peran signifikan untuk mencapai standar keunggulan pendidikan. Mengikuti sertifikasi guru bertujuan untuk memastikan bahwa guru-guru yang berada di garis depan pendidikan sudah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah. Adanya sertifikasi guru, tentunya masyarakat dan para orang tua siswa juga lebih percaya bahwa guru-guru sudah memiliki kualitas pendidikan yang tinggi dan sesuai dengan standar dinas kependidikan. Kurikulum Merdeka juga menekankan pentingnya sertifikasi guru yang nantinya berfokus pada penilaian kompetensi termasuk kinerja dan refleksi diri. 

3. Pelatihan guru IHT (In House Training)

Pelatihan In House Training adalah agenda rutin dilakukan setiap tahun ajaran baru demi meningkatkan kompetensi tenaga pendidik. Pelatihan ini juga memiliki peran yang tidak kalah penting  dalam mendorong pengembangan profesionalisme guru. Pelatihan guru IHT dilakukan di lingkungan sekolah dan yang memungkinkan para guru untuk belajar dan berbagi penalaman dengan sesama guru lain di tempat mereka mengajar. Adanya pelatihan ini juga memberikan kesempatan bagi para guru untuk belajar tentang perubahan terbaru dalam dunia pendidikan, serta menerapkan strategi pembelajaran baru. 

Hal yang tidak kalah penting adalah mendiskusikan tantangan yang mereka hadapi selama mengajar di kelas. Kurikulum Merdeka adalah sebuah inisiatif pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang di era globalisasi dan digitalisasi. Melalui kurikulum ini, pendidikan di Indonesia nantinya akan diarahkan untuk lebih mengutamakan kemampuan kreativitas, kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Dalam rangka mewujudkan generasi Indonesia emas 2045, maka para tenaga pendidik diharuskan untuk mengikuti pelatihan guru, sertifikasi guru dan pelatihan guru In House Training (IHT). Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menciptkan generasi Indonesia yang lebih cerdas, mandiri, dan berkarakter.


Penyunting: Putra

1

0

Komentar (1)

ABI ATHAYA

May 30, 2023

Semangat buat para pendidik
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital (Pemanfaatan AI untuk Guru Menulis)
3 min
Berawal dari Hal yang Kecil “MINIATUR KINCIR AIR”
Perkembangan Teknologi Semakin Pesat! Anda Harus Tahu Tentang Ini!
3 min
Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Bagi Peserta Didik Tunagrahita Melalui Kurikulum Merdeka

Dra. Sri Lestari

May 24, 2023
3 min
Memanfaatkan Platform Digital sebagai Wadah Pembelajaran

MAWAR SARI

Sep 06, 2023
1 min
Peran Pendidikan Konvensional dan Progresif di Era Modern
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar