Implementasi Pembelajaran PAI Materi Asmaul Husna Melalui Metode “Field Trip School” - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Okt 2023

Implementasi Pembelajaran PAI Materi Asmaul Husna Melalui Metode “Field Trip School”

Pendidikan tidak hanya berlangsung di dalam kelas, tetapi juga melalui pengalaman nyata di dunia nyata. Salah satu cara yang inovatif untuk memperkaya pembelajaran adalah dengan mengimplementasikan Asmaul Husna melalui metode fieldtrip school

Metode Mengajar

AFWAN YAZID

Kunjungi Profile
2064x
Bagikan

SD Muhammadiyah 4 Kota Malang - Pendidikan tidak hanya berlangsung di dalam kelas, tetapi juga melalui pengalaman nyata di dunia nyata. Salah satu cara yang inovatif untuk memperkaya pembelajaran adalah dengan mengimplementasikan Asmaul Husna, yang merupakan sembilan puluh sembilan nama indah Allah dalam Islam, melalui metode field trip (petualangan lingkungan sekolah). Inisiatif ini mengintegrasikan pendidikan agama dengan pengalaman lapangan, memberikan siswa kesempatan unik untuk menggali makna spiritual di dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa Asmaul Husna Penting?

Asmaul Husna adalah 99 nama indah Allah yang menggambarkan sifat-sifat-Nya yang sempurna. Mengenal Asmaul Husna adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah, memahami sifat-sifat-Nya, dan mengingat-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Mencermati nama-nama ini membantu meningkatkan keimanan dan memperdalam hubungan spiritual.

Field Trip Lingkungan Sekolah: Menyatu Dengan Alam

Fieldtrip adalah cara yang bagus untuk belajar. Dalam konteks pengenalan Asmaul Husna, kita dapat mengintegrasikan petualangan di alam dengan penjelasan tentang nama-nama Allah. Misalnya, mari kita fokus pada empat nama sebagaimana materi pada pembelajaran PAI kelas 6: Al-Muqtadir (Yang Maha Berkuasa), Al-Muqaddim (Yang Mendahulukan), Ash-Shamad (Yang Maha Menolong), dan Al-Baqi (Yang Kekal).

Peta Soal: Panduan Field Trip School

Sebelum memulai petualangan, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 3-4 siswa. Setiap kelompok diberikan "peta soal" yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar Asmaul Husna. Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk memicu refleksi siswa dan membimbing mereka dalam mengidentifikasi penerapan Asmaul Husna dalam berbagai situasi di lingkungan sekolah. Peta soal ini berbentuk seperti berikut:

Implementasi Pembelajaran PAI Materi Asmaul Husna Melalui Metode “Field Trip School”

Setelah menerima panduan ini, siswa diminta untuk bekerja secara kelompok dengan teman-teman mereka untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada lokasi-lokasi tersembunyi berdasarkan petunjuk pada peta soal. berikut soal yang digunakan dan tersebar di beberapa titik di sekolah.

Implementasi Pembelajaran PAI Materi Asmaul Husna Melalui Metode “Field Trip School”

Field Trip School: Memetakan Asmaul Husna

Petualangan dimulai ketika siswa-siswa berkeliling sekolah dengan semangat petualang. Mereka mengamati lingkungan sekolah mereka dengan mata yang penuh dengan rasa ingin tahu untuk menemukan bukti nyata dari Asmaul Husna yang mereka teliti. Inilah sebagian hasil yang ingin dicapai dalam metode “field trip school”, siswa-siswi dapat memahami Asmaul Husna melalui petualangan lingkungan sekolah (field trip school):

1. Al-Muqtadir (Yang Maha Berkuasa): Ajak siswa untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang memerlukan kekuatan, seperti hiking di alam terbuka atau membersihkan area sekolah. Selama perjalanan, diskusikan tentang kekuatan Allah yang menciptakan alam semesta ini dan bagaimana kita dapat menggunakan kekuatan kita untuk melakukan perbuatan baik.

2. Al-Muqaddim (Yang Mendahulukan): Selama perjalanan, berikan kesempatan kepada siswa untuk memimpin kelompok mereka, memilih rute, atau membuat keputusan lainnya. Ini adalah kesempatan untuk memahami konsep mendahulukan dan bagaimana kita harus mendahulukan kualitas baik dalam hidup kita.

3. Ash-Shamad (Yang Maha Menolong): Saat berada di alam terbuka, amati bagaimana tumbuhan bisa hidup, itu bukti pertolongan Allah. Diskusikan tentang bagaimana manusia bisa melakukan berbagai aktivitas, terutama saat ini bisa belajar melalui field trip school, ini juga merupakan pertolongan Allah.

4. Al-Baqi (Yang Kekal): Gunakan kesempatan ini untuk membicarakan tentang kekekalan Allah dan bagaimana kita sebagai makhluk-Nya akan kembali kepada-Nya. Diskusikan tentang nilai-nilai kekal dalam kehidupan, seperti cinta dan amal sholeh yang dapat mengabulkan kebahagiaan abadi.

Manfaat dan Hasil Petualangan Lingkungan Sekolah

Implementasi Asmaul Husna melalui metode field trip di lingkungan sekolah tidak hanya menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep spiritual dalam Islam, tetapi juga membawa manfaat lainnya, termasuk:

  • Pengalaman Belajar yang Aktif: Siswa-siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran mereka, yang memungkinkan mereka untuk merasakan dan menerapkan konsep-konsep yang mereka pelajari.
  • Pengembangan Keterampilan Observasi: Siswa-siswa mengembangkan keterampilan pengamatan, refleksi, dan pemikiran kritis saat mereka menjawab pertanyaan pada peta soal.
  • Peningkatan Apresiasi terhadap Alam dan Lingkungan: Melalui petualangan di kebun sekolah dan lingkungan sekitar, siswa dapat mengembangkan apresiasi terhadap keindahan alam ciptaan Allah.
  • Penguatan Nilai dan Etika: Siswa-siswa belajar tentang nilai-nilai seperti empati, kebaikan, kerja sama, dan keadilan saat mereka mencari bukti dari Asmaul Husna dalam tindakan sehari-hari.
  • Koneksi antara Iman dan Amal: Pembelajaran langsung tentang Asmaul Husna memberikan siswa hubungan yang lebih kuat antara keyakinan agama mereka dan tindakan sehari-hari mereka.

Melalui petualangan lingkungan sekolah yang mengintegrasikan Asmaul Husna, siswa diberikan kesempatan untuk mendalami nilai-nilai spiritual dan etika dalam Islam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Inisiatif ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar mereka tetapi juga membantu mereka menjadi individu yang lebih sadar, bertanggung jawab, dan penuh kasih dalam masyarakat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menginspirasi para pendidik dimanapun berada.


Penyunting: Putra

0

3

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mengenal Metode “Talking Stick” untuk Membentuk Keberanian dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran
6 min
Pentingnya Peran Guru dalam Mengetahui Minat dan Bakat Siswa!
3 min
5 Aplikasi Pembuat Kuis Edukasi untuk Pembelajaran
4 min
Melatih Cara Berpikir Kritis Anak Melalui Strategi Pengajaran Literasi Digital

SELLY MAUREN

Aug 28, 2023
3 min
Meningkatkan Literasi Digital dengan Metode Pembelajaran Inovatif

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 06, 2023
2 min
BELAJAR AKSARA JAWA LEBIH ASIK DENGAN SNOWBALL THROWING
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar