Ibu, Cinta, dan Kasih yang Abadi dalam Sanubari - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 21 Des 2022

Ibu, Cinta, dan Kasih yang Abadi dalam Sanubari

“The mother is the first teacher of the child. The message she gives that child, that child gives to the world” (Malcom X)

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1463x
Bagikan

“The mother is the first teacher of the child. The message she gives that child, that child gives to the world” (Malcom X)

Ibu adalah sumber kehidupan, ia seperti air jernih yang mengalir di antara batang-batang kehidupan. Tuturnya menyuburkan yang layu, kasihnya memekarkan putik-putik, dan tatapan matanya serupa rindang daun, meneduhkan dan menyejukkan perasaan. Ibu adalah sumber kekuatan, dengan ketulusan ia mengajari kita nilai-nilai kehidupan, memeluk saat kita bersedih, dan menjadi sandaran pertama dalam kehidupan. 

Ibu adalah Landasan Pertama Pembentuk Moral Anak
Ibu adalah Landasan Pertama Pembentuk Moral Anak (Sumber: Canva)

Seorang ibu juga merupakan guru pertama, kasih dan nasihatnya adalah pembimbing sepanjang hayat. Ia membimbing kita dengan nilai-nilai luhur, mengajarkan kita berperilaku, menjadikan kita manusia yang utuh. Perasaan, emosi, cinta, perhatian, dan kasih sayangnya benar-benar tak tertandingi sampai kapanpun. 

Sungguh luar biasa bukan sosok seorang Ibu? Untuk lebih mengetahui dan menghayati segala perjuangan dan pengorbanan Ibu, tim Guru Inovatif.id telah memberikan beberapa refleksi pemikiran agar kita selalu mencintai Ibu dalam kehidupan. Simak sampai akhir ya!

1. Ibu merupakan Landasan Awal Nilai dan Moral dalam Kehidupan

Ibu adalah kunci dari semua perlakukan, sikap, dan sifat seorang anak. Seorang anak adalah peniru ulung yang dengan cepat mengingat apa yang ia lihat ke dalam pikirannya. Oleh karena itu, ibu merupakan pembimbing pertama seorang anak dalam membangun rasa hormat, kebaikan, keberanian, kejujuran, kedisiplinan, dan ketekunan. 

Ibu dan Anak Berpelukkan
Ibu dan Anak Berpelukkan (Sumber: Canva)

Pemahaman anak terhadap norma dalam masyarakat, kepekaan terhadap tradisi, dan kecerdasan dalam bersosialisasi merupakan dampak positif yang dapat membawa mereka pada kehidupan yang lebih baik lagi.

2. Ibu adalah Pelindung yang Aman dan Ternyaman

Seorang Ibu adalah pelindung bagi seorang anak. Ia adalah landasan pertama dalam kehidupan. Tutur katanya adalah fondasi yang tidak hanya membentuk nilai-nilai moral dalam hidup kita, tetapi juga membangun kepercayaan diri dalam kehidupan kita. 

Ibu adalah Rumah Ternyaman bagi Seorang Anak
Ibu adalah Rumah Ternyaman bagi Seorang Anak (Sumber: Canva)

Ibu adalah tempat teraman dan ternyaman seorang anak untuk berkeluh kesah. Dengan segala kelembutan dan kehangatan, ia memberikan kekuatan bagi seorang anak untuk menjelahi dunia. 

3. Ibu adalah Guru Pertama bagi Anaknya 

Sisi emosional seorang anak dalam beberapa kasus dapat mencerminkan bagaimana watak dan perilaku Ibunya. Hal tersebut disebabkan karena anak belajar memahami dan mengekspresikan emosinya melalui ibu. Oleh karena itu, saat dalam sebuah perdebatan tertentu, kemampuan seorang anak kapan harus tersenyum, memberikan pendapat, dan menanggapi orang lain merupakan cerminan seorang ibu saat di rumah. Pembekalan yang baik akan mendorong pertumbuhan anak yang sehat secara emosional dan sensitif secara moral. 

Ibu adalah Guru Pertama bagi Anaknya
Ibu adalah Guru Pertama bagi Anaknya (Sumber: Canva)

Ibu adalah pelita dalam hidup kita. Ia mempersiapkan seorang anak dengan telaten dan hati-hati agar siap untuk menjalani kehidupan. Seorang anak dapat memahami dan berbicara diperoleh sebelum adanya pengajaran formal. Sejak lahir, ibu telah memberikan kebiasaan-kebiasaan membaca, bercerita, dan berhitung agar kita dapat menjadi pembaca yang baik, komunikator yang percaya diri, dan pribadi yang cerdas. Oleh sebab itu, pendidikan tidak dimulai ketika anak pergi ke taman kanak-kanak, tetapi dimulai di rumah dengan tangan halus seorang ibu. 

Sungguh mulia dan hangat segala perhatian dan perjuangan seorang ibu. Bertepatan dengan momen Hari Ibu, 22 Desember 2022, besar harapan kita semua semoga segala hal-hal baik selalu tercurahkan dalam setiap langkah-langkahmu Ibu. Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kelancaran dalam setiap doa-doamu. Dengan segala ketulusan, selamat hari Ibu untuk semua Ibu di Indonesia, untuk semua Ibu guru yang selalu tulus memberikan pengajaran, selamat menjalani hari-hari dengan kebahagiaan.

Penulis: Yandi Chidlir

Editor: Putra

Owh ya! salah satu langkah yang dapat Bapak/Ibu lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam pembelajaran adalah dengan menjadi Member Premium Guru Inovatif. Selain harganya yang sangat bersahabat, fitur-fitur dan event yang ditawarkan juga relevan dengan kebutuhan Bapak/Ibu dalam pembelajaran. Oleh karena itu, jangan ragu, jangan segan, klik Link Pendaftaran sekarang juga! Selamat belajar bersama-sama!

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Tetap Fit dan Produktif selama Bulan Ramadhan
3 min
Merancang Investasi dan Tabungan bagi Tenaga Pendidik
1 min
Pentingnya Mengelola Emosi bagi Seorang Guru
5 min
Cara Parenting pada Anak yang Harus Dihindari Orang Tua
2 min
Tapak Tilas Perjuangan Raden Dewi Sartika dalam Merdeka Belajar
4 min
Sejarah, Semboyan, dan Makna Hari Pendidikan Nasional!
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar