Guruku Sayang, Guruku ( Tak ) Malang - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 27 Nov 2023

Guruku Sayang, Guruku ( Tak ) Malang

Guru saat ini sudah seperti manusia setengah dewa. Dengan semangatnya yang membara, masih mampu menghadirkan tawa di tengah kegelisahannya. Sudahkah guru menyamankan hati, pikiran, cipta, rasa dan karsa sebelum mereka menjadi penyambung asa para siswa ?

Seputar Guru

Mirna Machdalena, S.Pd

Kunjungi Profile
185x
Bagikan

 Guruku Sayang, Guruku ( Tak ) Malang

Oleh : Mirna Machdalena, S.Pd

Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani

Selamat Hari Guru kepada semua pendidik di Indonesia, sang manusia pilihan, yang memutuskan tidak akan pernah meninggalkan bangku sekolah, sejak pertama kali kaki kecil kami melangkah, memasuki pahit manisnya dunia pendidikan.  Dengan bangga, panggilan itu melekat pada kami. Bapak atau Ibu guru, yang dianggap paling tahu, paling mengerti segala situasi, paling mampu di segala ilmu. Itulah kami, dengan senyum paling ramah, tangan lebar  terbuka menyambut  setia para penuntut ilmu, yang memiliki sejuta mimpi bermasa depan cerah. 

Guru saat ini sudah seperti menjadi manusia setengah dewa, harus apapun bisa, menguasai berbagai materi, punya keahlian yang mumpuni. Dari content creator sampai writervator harus bisa dilakoni. Dengan semangatnya yang membara, masih mampu menghadirkan tawa di tengah kegelisahannya akan segala masalah yang mendera. Baik tentang Kurikulum Merdeka yang sedang garang garangnya, atau tentang kebutuhan hidup yang semakin mengelus dada. 

Menghadapi calon pemimpin bangsa di era industri 4.0 memberikan tantangan tersendiri bagi para guru. Pembelajaran berdiferensi ramai diterapkan , dengan harapan murid murid aman nyaman belajar sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Pertanyaannya adalah sudahkah guru menyamankan hati, pikiran, cipta, rasa dan karsa sebelum mereka menjadi penyambung asa para siswa ? sudahkah kita melatih jiwa Ing Ngarso Sung Tulodo, agar terwujud Ing Madyo Mangun Karso dan terpatri Tut Wuri Handayani ? Semoga semudah itu, kawan.

Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan manusianya. Tetapi tentu saja, usaha dan totalitas diperlukan. Para guru harus membiasakan ” Pepes Pedas ” dalam kegiatan sehari hari. ” Pepes Pedas ” disini adalah persiapan, pemikiran positif, Pengendalian diri, doa, dan senyum. Poin persiapan memegang peranan penting dalam mengajar, tanpa persiapan dalam bentuk RPP atau modul ajar, KBM tidak akan berjalan dengan terarah. Selanjutnya pemikiran postif, diperlukan untuk menjaga mental agar tetap sehat dan mampu menyebarkan energi baik kepada peserta didik. Betapapun lelahnya atau sesedih apapun kita, pengendalian diri harus ada, dan tahu batasan – batasannya, karena kita berhadapan dengan manusia, bukan mesin. Doa yang paling utama, yakinlah bahwa Tuhan akan selalu mendengar setiap doa, Tuhan akan memberikan jalan untuk semua masalah, karena Tuhan tidak pernah tertidur. Yang terakhir adalah senyum, apapun yang terjadi, hadapi dengan senyuman. Senyummu adalah sedekah untuk saudaramu.

Manusia pilihan itu adalah kita. Tempat bergantungnya ribuan harapan para siswa. Mental dan raga haruslah prima, karena kita terlahir untuk menjadi siap sedia. Tapi jika lelah, beristirahatlah. Jika bosan, berliburlah. Jika terlalu sesak di dada, menangislah. Jangan memaksakan diri untuk baik baik saja, karena kita masih manusia. Kita ada karena doa yang dilangitkan calon pemimpin bangsa, mereka hadiah yang Tuhan hadirkan karena para guru adalah istimewa. Percayalah dengan kekuatan doa dan usaha, mental kita akan siap menghadapi derasnya serbuan gadget, hempasan budaya asing, dan lajunya pengrusakan moral yang tak kenal usia. Berdoa dan berusahalah sepenuh hati, jiwa dan raga, agar menjadi sosok guruku sayang, guruku ( tak ) malang.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Meningkatkan Efisiensi dan Keamanan Administrasi Sekolah Melalui Tanda Tangan Digital
3 min
Menjadi Guru Inovatif
3 min
Kesehatan Mental Guru: Menjaga Keseimbangan yang Penting
Guru Inovatif Mengajar Sepenuh Hati

MARIA ULFA, S.PD

Sep 10, 2023
2 min
5 Aplikasi ini Akan Membuat Desain Presentasi Anda Semakin Ciamik
5 min
Tips Mengajar Bagi Guru Baru
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB