GI Academy #10 : Kupas Tuntas Beasiswa PPG Prajabatan dari Seleksi, Belajar, hingga Ujian Akhir - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 12 Sep 2023

GI Academy #10 : Kupas Tuntas Beasiswa PPG Prajabatan dari Seleksi, Belajar, hingga Ujian Akhir

Pendidikan Profesi Guru (PGG) Prajabatan adalah program yang bertujuan untuk menciptakan generasi baru kepada guru-guru Indonesia agar menjadi guru yang berkualitas, profesional, berpengetahuan luas, memiliki keterampilan yang dimiliki oleh seorang guru atau pendidik.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
4708x
Bagikan

Apa itu PPG Prajabatan

PPG adalah program yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan melahirkan guru-guru yang berkualitas dan profesional. PPG Prajabatan ditujukan untuk lulusan D4/S1 yang belum/tidak pernah terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk membekali calon guru dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik.

Program PPG Prajabatan berfokus kepada pengembangan kompetensi guru dalam beberapa aspek, diantaranya yaitu:

  1. Kompetensi pedagogik
  2. Kepribadian
  3. Sosial
  4. Professional

Tujuan dan Manfaat PPG Prajabatan

Program PPG Prajabatan memiliki tujuan dan manfaat yang membantu calon guru atau guru, dan dosen dalam meningkatkan kualitas serta kompetensi yang dimiliki.

Tujuan pemerintah mengadakan program PPG Prajabatan yaitu untuk memperbaiki kondisi pendidikan di sekolah-sekolah yang mengalami kekurangan guru, serta menghindari penyebab berkurangnya guru-guru dikarenakan berbagai macam faktor seperti guru pensiun yang tergantikan, tingginya mutase guru, atau kurangnya tenaga kerja yang memadai.

Manfaat program PPG Prajabatan yaitu:

  1. Menjadi guru profesional yang memiliki kompetensi dalam bidang pedagodik, kepribadian, dan sosial.
  2. Biaya kuliah gratis selama 2 semester
  3. Memiliki sertifikasi pendidik yang diakui secara resmi
  4. Memiliki kesempatan ditempatkan setelah lulus sesuai dengan domisili
  5. Mendapatkan sertifikat pendidik
  6. Mendapatkan gelar tambahan (S.Pd, Gr)
  7. Memiliki peluang untuk mendapatkan insentif/tunjangan sertifikasi

Pentingnya PPG bagi lulusan kependidikan

GI Academy #10 : Kupas Tuntas Beasiswa PPG Prajabatan dari Seleksi, Belajar, hingga Ujian Akhir

Seorang guru dinyatakan wajib untuk memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, memiliki kondisi yang sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Seorang guru yang mengikuti PPG dapat disebut sebagai guru yang diakui. Selain itu Program PPG Prajabatan saat ini membuka untuk banyak jurusan dibandingkan program sebelumnya. Selain itu, program PPG Prajabatan saat ini mendapatkan pembiayaan oleh pemerintah dari awal hingga lulus selama 2 semester. Hal ini membuktikan bahwa pemerintah turut mendukung untuk menciptakan pendidik atau guru yang berkualitas dan berkompetensi, serta siap dalam menghadapi dunia kependidikan.

Tips lolos PPG Prajabatan

GI Academy #10 : Kupas Tuntas Beasiswa PPG Prajabatan dari Seleksi, Belajar, hingga Ujian Akhir

Berikut ini Tips lolos dalam program PPG Prajabatan yang bisa Anda terapkan.

  1. Tips seleksi adminitstratif: Anda dapat menulis biodata dengan baik dengan mencantumkan pengalaman kegiatan, dan prestasi yang dimiliki, mencantumkan 3 pengalaman terbaik yang relevan dengan dunia pendidikan, gunakan kalimat efektif yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Tips mengisi esai: Anda dapat menulis esai dengan baik dimana setiap bagian esai memiliki sub pertanyaan, dibuat berdasarkan pengalaman terbaru atau aktual, menggunakana kalimat yang efektif, menggunakan kata kerja yang sesuai dengan pertanyaan, menjawab esai dengan fakta dan data dengan mengarah ke indicator kompetensi guru, melatih menjawab esai melalui media tulis seperti word atau melalui kertas secara langsung, dibuat dengan pola kalimat yang menarik untuk di baca dan mudah dipahami.
  3. Tips tes substantif: Dalam tahap ini terdapat 3 bagian aspek yaitu literasi (15 soal), numerasi (15 soal), dan bidang studi (70 soal). Untuk melatih literasi dan numerasi bisa dilalui dengan mengejakan soal AKM, untuk lebih memahami soal bidang studi dapat dilakukan dengan membaca buku pada jenjang kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, buat target capaian, jadwal Latihan soal, serta Anda dapat mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu.
  4. Tips wawancara: Cakupan dari wawancara yaitu mengenal lebih dalam kompetensi, kepridbadian, motivasi dan kognitif, wawancara yang dilaksanakan menyesuaikan dengan esai yang telah dibuat, terdapat 2 pewawancara serta 1 pendampin dengan pelaksanaan selama 1,5 jam. Hal yang bisa Anda persiapkan untuk mempersiapkan wawancara yaitu menguasai esai yang telah dibuat, gunakan perangkat yang baik, pencahayaan yang baik, suasana ruangan wawancar ayang kondusif terhindar dari gangguan, bersikap rileks, senyum, serta ramah, menjawab pertanyaan dengan lugas, berisi, dan bermakna, menunjukkan sikap hormat, jawab pertanyaan dengan jujur, serta jawab pertanyaan sesuai dengan pengalaman dan mengkaitkan dengan 4 kompetensi guru.

Setelah mengetahui informasi mengenai PPG Prajabatan, tahap selanjutnya kita perlu mengetahui mengenai penugasan esai, gambaran dan strategi sukses kuliah PPG, persyaratan pendaftaran, bidang studi yang dibuka, alur pendaftaran, alur seleksi, mata kuliah PPG Prajabatan beserta struktur kurikulum, dan uji kompetensi PPG. Lalu darimana Anda bisa mengetahui informasi lengkap lainnya?

Simak pembahasan lebih lengkap melalui sesi rekaman Zoom pada link berikut yang dapat diakses gratis.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Hilman | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Class Spesial Ramadhan: Meningkatkan Diri dengan Melatih Kesabaran
2 min
Webinar “Strategi Digital Marketing” untuk Meningkatkan Branding Institusi di Era Digitalisasi
1 min
Webinar “Memperkuat Literasi untuk Guru”
2 min
Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran: Tips untuk Guru yang Efektif
2 min
Pembelajaran Berdiferensiasi dan Miskonsepsi Penerapannya di Kelas
2 min
Yuk Ikuti Tips 'N Trick Lolos Magang Kampus Merdeka
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB