Crossword Lab, Pembuat Teka-Teki Silang Anti Ribet - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 23 Jan 2024

Crossword Lab, Pembuat Teka-Teki Silang Anti Ribet

Teka-teki silang dapat menjadi salah satu opsi yang dapat guru gunakan dalam proses pembelajaran. Bahkan saat ini tenaga pendidik dapat membuat teka-teki silang dengan mudah. Salah satu situs yang menyediakan layanan ini adalah Crossword Labs. Simak penjelasan lebih lengkap dalam artikel ini!

Media Pembelajaran

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1913x
Bagikan

Perkembangan teknologi informasi kini menjadi perkembangan yang mendominasi dalam segala lini kehidupan manusia. Lini pendidikan menjadi salah satu lini yang terpengaruhi dari perkembangan teknologi yang masif ini. Namun hal ini juga membawa dampak negatif seperti manusia lebih mempunyai banyak waktu untuk memegang gadget, tak terkecuali anak-anak.

Tentu hal ini menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi tenaga pendidik. Karena dalam kegiatan pembelajaran di kelas, guru memegang peran penting untuk meraih tujuan pembelajaran. Selain itu, guru juga menjadi sumber belajar bagi peserta didik dalam menguasai mata pelajaran. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai salah satu metode pembelajaran yang dapat Bapak/Ibu guru gunakan di kelas. Oleh karena itu, simak artikel ini hingga akhir ya

Teka-Teki Silang (TTS) sebagai Media Pembelajaran

Menjadi seorang guru memang bukanlah hal yang mudah. Karena tugas seorang guru juga melatih dan membimbing peserta didik serta menjadi teladan yang baik untuk peserta didik. Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, guru juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian murid. Hal ini diperlukan agar selama kegiatan belajar mengajar peserta didik tidak merasa bosan dan tercipta suasana belajar yang menyenangkan.

Penerapan kegiatan pembelajaran yang inovatif dapat menciptakan suasana kelas yang tidak terbatas pada suasana yang kaku dan monoton. Karena peserta didik didorong untuk aktif dalam berdiskusi, berinteraksi, dan berdialog. Keaktifan peserta didik dapat ditingkatkan melalui metode atau strategi pembelajaran yang bisa meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar adalah teka-teki silang.

Baca juga:
Mengapa Analisis Kebutuhan Siswa Penting dalam Pengembangan Kurikulum dan Media Pembelajaran?

Teka-teki silang dapat menjadi salah satu media pembelajaran untuk mengasah otak yang diminati oleh banyak orang. Permainan ini tak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, namun juga anak-anak. Teka-teki silang merupakan permainan yang mengharuskan pemain untuk mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf berdasarkan petunjuk yang telah diberikan. Nantinya sederetan huruf ini akan membentuk sebuah kata. Umumnya petunjuk akan dibagi dalam dua jenis kategori yakni, “mendatar” dan “menurun”.

Berdasarkan pendapat Khailullah (2012), pembelajaran yang bersifat fun learning dari teka-teki silang dapat memberikan efek yang menyegarkan ingatan, sehingga memberikan dampak pada kinerja otak yang optimal karena otak dibiasakan untuk terus belajar dengan santai. Dengan memiliki kondisi pikiran yang jernih, rileks, dan tenang membuat daya mengingat otak lebih kuat.

Namun untuk menerapkannya, tenaga pendidik memerlukan waktu lebih untuk membuat TTS ini, karena perlu menyiapkan kata kunci serta petunjuknya.

Crossword Labs, Solusi Membuat Teka-Teki Silang Secara Digital

Dengan perkembangan teknologi saat ini, tenaga pendidik dapat menggunakan kecanggihan teknologi untuk membuat teka-teki silang dengan mudah. Salah satu media yang dapat digunakan untuk membuat teka-teki silang adalah Crossword Labs atau Crossword puzzle.

Membuat Teka-Teki Silang Anti-Ribet dengan Crossword Lab
Ilustrasi murid belajar dengan Crossword Labs (Sumber gambar: Canva/Odua Images)

Crossword Labs dapat digunakan untuk meningkatkan konsep materi ajar pada peserta didik. murid pun dapat belajar sambil bermain tanpa kehilangan esensi dari belajar itu sendiri. Sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih santai dan dapat tersimpan di memori murid. Crossword Labs juga turut meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Karena dapat mendorong sisi kreatif guru dalam mengevaluasi pengetahuan murid, menyiapkan materi, dan memancing keaktifan murid dalam pembelajaran.

Langkah-Langkah Menggunakan Crossword Labs

Untuk menggunakan Crossword Labs ini, Bapak dan Ibu guru disarankan sudah menyusun terlebih dahulu petunjuk serta kata kunci yang ingin dimasukkan ke dalam Crossword Labs. Jika sudah, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah:

  1. Membuka halaman Crossword Labs di https://crosswordlabs.com/
Membuat Teka-Teki Silang Anti-Ribet dengan Crossword Lab
Tampilan Crossword Labs (Sumber gambar: Crossword Labs)
  1. Masukkan judul teka-teki silang sesuai yang Anda inginkan
Membuat Teka-Teki Silang Anti-Ribet dengan Crossword Lab
Masukkan judul teka-teki silang (Sumber gambar: Crossword Labs)
  1. Masukkan jawaban serta petunjuk atau kisi-kisinya
Membuat Teka-Teki Silang Anti-Ribet dengan Crossword Lab
Masukkan jawaban dan petunjuk jawabannya (Sumber gambar: Crossword Labs)
  1. Anda akan diperlihatkan tampilan TTS secara otomatis setelah melakukan langkah nomor 3. Tampilan TTS ini dapat Anda ubah sesuka hati dengan mengklik tanda panah kekanan atau kekiri. Selain itu, dengan mengklik tanda panah ini Anda juga akan merubah urutan jawabannya secara otomatis. Praktis sekali bukan?
Membuat Teka-Teki Silang Anti-Ribet dengan Crossword Lab
Tampilan teka-teki silang sebelum dibagi atau dicetak (Sumber gambar: Crossword Labs)

Apabila sudah mendapatkan tampilan yang pas, tekan tombol “Save & Finish”.

  1. Tampilan akhir TTS yang akan Anda gunakan
Membuat Teka-Teki Silang Anti-Ribet dengan Crossword Lab
Tampilan akhir teka-teki silang (Sumber gambar: Crossword Labs)

Anda juga akan diberikan beberapa opsi pilihan sebagai berikut:

  • “Print” → Anda bisa langsung mencetak TTS yang telah dibuat
  • “Share” → Anda bisa membagikan TTS ini ke murid Anda melalui berbagai Whatsapp, Facebook, hingga Google Classroom
  • “Edit” → Anda bisa mengedit kembali TTS jika ada yang dirasa kurang atau ingin Anda tambahkan
  • “Answer” → Anda bisa mencoba menjawab TTS yang sudah Anda buat sebelum dibagikan atau dicetak dan diberikan kepada murid Anda

Media pembelajaran Crossword Labs ini dapat digunakan pada mata pelajaran Agama, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Media pembelajaran kreatif menjadi salah satu “senjata” bagi tenaga pendidik untuk melakukan kegiatan belajar yang asyik dan menyenangkan. Karena murid tak hanya sekadar mendengarkan materi, namun juga menguji tingkat pemahaman murid yang dapat disisipkan ditengah-tengah kegiatan belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah teka-teki silang.

Baca juga:
Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar

Untuk mempermudah guru dalam membuat teka-teki silang, Anda dapat menggunakan situs Crossword Labs. Guru hanya tinggal memasukkan atau meng-input jawaban serta petunjuk jawabannya di kolom yang sudah disediakan. Setelah selesai, Anda bisa langsung mencetaknya atau membagikannya ke grup kelas Anda di Whatsapp, Facebook, hingga Google Classroom. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menciptakan suasana kelas yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Referensi:

3 Cara Membuat Soal TTS Online Anti Ribet, Paling Mudah Dipelajari
Penerapan Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Uang pada Siswa Sekolah Dasar
Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja
Peningkatan Penguasaan Kosakata Ilmiah Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Media Teka-Teki Silang Berbasis Digital dalam Pembelajaran Teks Diskusi


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Manfaat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran
2 min
MELATIH LITERASI DIGITAL SISWA DENGAN EDPUZZLE YANG MENYENANGKAN
Wisata Luar Angkasa di Platform Stellarium sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital pada Pembelajaran Sains bagi Guru dan Peserta Didik
2 min
Pentingnya Empat Pilar Literasi Digital Dipedomani Oleh Guru Dan Siswa

I GEDE ANGGAYANA

Aug 19, 2023
2 min
Alat Bantu Guru untuk Membuat Bahan Ajar

LIAM OGUZ

Jan 29, 2024
1 min
GI Academy #19 - Media Pembelajaran Interaktif: Quizizz
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB