Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 27 Sep 2023

Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar

Berbagai media pembelajaran kini mulai banyak diciptakan untuk membantu mempermudah guru dalam menyampaikan materi ajar. Salah satu media ajar yang bisa Anda pakai dan praktikkan di kelas adalah flashcard dan Quizlet. Simak manfaat hingga cara menggunakannya dalam artikel berikut ini!

Dunia Pendidikan

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
3880x
Bagikan

Di dalam proses pembelajaran di kelas, guru memegang penting sebagai pengatur alur berjalannya proses belajar di kelas. Terkadang guru juga dapat mengetahui mana murid yang dapat mengikuti materi ajar dan yang tidak. Hal ini dapat menjadi tantangan bagi seorang guru untuk membuat proses pembelajaran dapat lebih efektif, menarik dan bermakna untuk muridnya.

Guru tentu harus mampu mencari alternatif metode pembelajaran dan/atau menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan materi dan karakteristik muridnya. Salah satu media pembelajaran yang dapat dipakai guru dalam proses pembelajaran adalah flashcard. Dalam artikel ini, kita akan menyelami apa itu flashcard, seperti apa penerapan flashcard, dan bentuk alternatif flashcard. Jadi, simak artikel ini sampai selesai ya Bapak/Ibu!

Flashcard sebagai media pembelajaran visual

Flashcard merupakan sejumlah kartu yang berisi informasi yang sangat terbatas seperti, kata, kosakata, pertanyaan, foto, angka, ataupun sketsa. Informasi-informasi yang tercantum dalam media kartu ini biasanya berkaitan dengan topik pelajaran. Media pembelajaran ini sangat berguna untuk dipakai saat proses belajar, terutama yang melibatkan dengan mengingat materi ajar. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan mengingat seorang murid mengenai sebuah topik pelajaran.

Media pembelajaran ini diciptakan oleh pengajar dari Inggris yang bernama Favell Lee Mortimer. Sebuah kartu flashcard biasanya memiliki sisi depan yang berisi pertanyaan dan di sisi belakang berisikan dengan jawaban dari pertanyaan tersebut. Kartu flashcard biasanya berukuran 25 x 30cm. Ada juga yang berpendapat, bahwa ukuran kartu flashcard berukuran 8 x 12cm. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ukuran flashcard dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi.

Manfaat menggunakan Flashcard sebagai Media Pembelajaran

Berikut ini merupakan manfaat menggunakan flashcard sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran:

1. Dapat dibuat meskipun dengan biaya yang murah

Untuk bahan membuat satu set flashcard, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Kartu index card atau kartu yang tidak ada isinya (kartu polosan) bisa digunakan sebagai flashcard.

Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar
Ilustrasi bahan untuk membuat flashcard (Sumber: pxhere.com)

2. Mudah untuk dibawa

Flashcard adalah alat bantu pengajaran yang ringan dan mudah untuk dibawa kemanapun. Jika dibandingkan dengan buku teks, flashcard jauh lebih kecil dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

3. Efektif dalam pembelajaran

Alat bantu ini dapat membantu dalam memahami pelajaran lebih cepat. Murid dapat menggunakan waktu luangnya dan dapat mempelajari hal-hal yang baru jika mereka selalu membawa flashcard kemanapun ia pergi.

4. Dapat digunakan untuk mata pelajaran manapun

Sebagai pengajar, Anda tak hanya bisa menggunakan alat bantu ini di satu mata pelajaran tertentu. Murid dapat mempelajari mata pelajaran apapun dengan bantuan alat ini. Bahkan mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia, biologi, kosakata, dan lain-lainnya.

5. Dapat mempermudah penjelasan materi ajar di kelas

Ketika Anda membuat tampilan flashcard, usahakan untuk hanya mencantumkan konsep dasar dari pelajaran yang akan Anda sampaikan. Sehingga Anda, harus menyederhanakan konsep dasar tersebut. Hal ini juga akan membantu Anda dalam menyederhanakan proses pembelajaran secara keseluruhan.

Quizlet, Flashcard yang Dibalut Kecanggihan Teknologi

Sekarang ini, dengan perkembangan kecanggihan teknologi, dunia pendidikan mendapatkan terobosan baru dalam hal mencari alternatif media pembelajaran. Bahkan flashcard sudah mempunyai versi digitalnya, yakni aplikasi Quizlet.

Quizlet merupakan perangkat pembelajaran online yang diciptakan oleh Andrew Sutherland. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk pembelajaran bahasa. Namun seiring berjalannya waktu, Quizlet dapat digunakan pula untuk mata pelajaran yang lainnya.

Dengan kondisi generasi milenial yang hampir tidak pernah lepas dengan smartphone di genggaman mereka, maka aplikasi ini merupakan salah satu angin segar dalam dunia pendidikan. Karena aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengembangkan kecerdasan linguistik hingga pembelajaran ekonomi-akuntansi.

Cara Menggunakan Fitur Flashcard pada Quizlet

Quizlet memiliki fitur yang mirip seperti flashcard. Nah seperti apa cara menggunakan fitur flashcard pada Quizlet ini? Simak langkah-langkah berikut ini!

Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar
Tampilan utama website Quizlet

1. Buka website Quizlet dan buat akunnya

Bukalah website Quizlet terlebih dahulu, lalu buatlah akun Quizlet. Anda membuat akun Quizlet dengan akun Google Mail atau akun Facebook yang Anda miliki.

Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar
Tampilan pengisian data untuk membuat akun Quizlet

2. Tulis nama kelas

Selanjutnya, tulislah nama kelas dan nama Anda sebagai pengajar mata pelajaran kelas tersebut.

Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar
Anda dapat menuliskan topk mata pelajaran, nama pengajar, dan deskripsi mata pelajaran

3. Tuliskan topik pembelajaran

Klik “Create a New Set” untuk membuat flashcard topik mata pelajaran yang Anda ampu. Misalnya “Kelas Sejarah - Proklamasi Kemerdekaan Indonesia”.

Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar
Anda dapat membuat berbagai topik materi dalam mata pelajaran yang Anda ajar
Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar
Contoh tampilan mata pelajaran Sejarah di dengan nama pengajar Bapak Putra

4. Tuliskan kata kunci dan penjelasannya

Masukkan kata kunci pada kolom “Term” dan penjelasannya pada kolom “Definition”. Misalnya, Anda menuliskan “Proklamasi kemerdekaan” pada kolom “Term” dan “Pengumuman kepada seluruh rakyat akan kemerdekaan negaranya” di kolom “Definition”.

Secara sistem bawaan, Quizlet akan mengajak Anda untuk membuat 5 kartu flashcard. Namun Anda dapat membuat lebih dari 5 kartu flashcard dengan cara klik “Add Card”.

Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar
Masukkan kata kunci beserta penjelasannya pada kolom yang sudah disediakan

Setelah semuanya telah terisi, klik tombol “Create”.

5. Mengubah bentuk Quizlet

Quizlet secara otomatis akan menampilkan kuis Anda dengan bentuk flashcard kata kunci dan penjelasannya. Namun Anda dapat mengubah bentuk tampilan menjadi:

  • Learn - mengubah tampilan kuis seperti soal pilihan ganda
  • Test - mengubah tampilan menjadi memilih pernyataan yang benar atau salah
  • Match - mengubah tampilan untuk menghubungkan pernyataan satu dengan yang lainnya
Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar
Tampilan Quizlet yang menggunakan tampilan flashcard

Sebelum membagikannya ke murid-murid Anda, pilihlah dulu tampilan kuis mana yang ingin Anda bagikan kepada murid Anda. Lalu copy link yang tercantum pada web browser Anda, kemudian bagikan ke grup kelas atau Google Classroom Anda.

Kesimpulan

Flashcard menjadi alat bantu media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman murid. Alat bantu ini dapat diaplikasikan untuk mata pelajaran manapun mulai dari matematika, fisika, kimia, sejarah, dan lain sebagainya. Seiring perkembangan teknologi yang masif, flashcard juga dapat dikembangkan dalam bentuk digitalnya. Bentuk digital yang menawarkan flashcard ini adalah aplikasi Quizlet. Aplikasi ini berbasis online dan tidak hanya menawarkan flashcard saja, namun juga tampilan seperti soal pilihan ganda, pernyataan benar atau salah, dan menghubungkan pernyataan dengan benar.

Harapannya media pembelajaran seperti flashcard dan Quizlet ini dapat membantu seluruh guru di Indonesia untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan.

Sumber:

Flashcards As A Teaching Tool

Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”

Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial

Belajar dimana saja dan kapan pun dengan online course GuruInovatif.id!
Akses beragam pilihan topik ‘tuk tingkatkan kompetensi mengajar hingga skill digital Anda sesuai kebutuhan guru abad 21!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

8

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Meningkatkan Literasi Digital di Era Digital
Brightful, Aplikasi Game Tebak Gambar Edukatif untuk Pembelajaran di Kelas
4 min
Bahagiakan Jiwamu, Wahai Guru!

Ummu Madinah

Nov 29, 2023
2 min
Menelisik Ruang Kelas Futuristik 5.0: Konsep Pemberdayaan Guru IPA Inovatif Melalui Media ā€œAssemblr 3D & Metaverseā€ Berbasis Multiple Representasi dalam Upaya Penguatan Literasi Digital
Platform Pendidikan Online sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Digital Guru dan Siswa

ERLINDA HAPSARI

Sep 09, 2023
3 min
Memaknai Kurikulum Merdeka melalui P5BK
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar