MELATIH LITERASI DIGITAL SISWA DENGAN EDPUZZLE YANG MENYENANGKAN - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Sep 2023

MELATIH LITERASI DIGITAL SISWA DENGAN EDPUZZLE YANG MENYENANGKAN

Melatih literasi digital siswa dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Edpuzzle membantu para guru untuk melatih literasi digital siswa Edpuzzle memiliki kemiripan dengan youtube sehingga sudah memberikan kemudahan untuk dioperasikan bagi siswa dan guru.

Media Pembelajaran

Nur Laili Maghfirothi, S.Pd.

Kunjungi Profile
959x
Bagikan

Apa itu literasi digital?

Keterampilan literasi digital merupakan salah satu hal yang harus dikuasai siswa saat ini. Literasi digital tidak hanya mengarah pada keterampilan mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, dan mengomunikasikan bacaan atau tayangan tetapi juga menambahkan unsur evaluasi kritis terhadap hal-hal yang ditemukan dalam media digital. Bawden merumuskan beberapa aspek terkait dengan literasi digital yaitu mengkonstruksi pengetahuan, menyajikan informasi, memahami informasi yang tidak berurutan, menghubungkan dunia nyata dengan media internet, dan mampu mengomunikasikan informasi didepan umum. Maka secara sederhana dapat dipahami bahwa literasi digital adalah suatu bentuk kemampuan untuk mendapatkan, memahami dan menggunakan informasi yang berasal dari berbagai sumber dalam bentuk digital. Literasi digital seharusnya lebih dari sekedar kemampuan menggunakan berbagai sumber digital secara efektif, tetapi juga merupakan sebentuk cara berpikir tertentu yang berakar pada literasi komputer dan literasi informasi.

Apa saja faktor yang mempengaruhi literasi digital?

Agar mampu melatihkan literasi digital pada siswa maka perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi literasi digital. Pertama, keterampilan fungsional yaitu kemampuan dan kompetensi teknis yang diperlukan untuk menjalankan berbagai alat digital dengan mahir. Kedua, komunikasi dan interaksi yaitu suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya hubungan timbal balik dalam membangun ide atau informasi. Ketiga, kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan dalam melakukan analisis dan pemrosesan informasi untuk menghasilkan makna terhadap informasi yang diterima. Faktor-faktor ini seharusnya diakomodasi sehingga siswa mampu melatih literasi digital mereka. 

Bagaimana cara melatih literasi digital siswa dengan Edpuzzle?

Salah satu cara untuk melatih literasi digital siswa adalah dengan memanfaatkan platform digital Edpuzzle. Platform ini memiliki kemiripan teknis dengan youtube yang sudah populer bagi siswa. Edpuzzle memungkinkan pengaturan yang lebih interaktif dari sekedar video yang disajikan dalam Youtube. Pada Edpuzzle, guru dapat menyusun suatu video yang kemudian ditambahkan suatu pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa secara realtime. Jika jawaban yang diberikan benar maka video dapat dilanjutkan pemutarannya secara otomatis. Kondisi inilah yang dapat memicu rasa penasaran siswa dalam proses belajar dan benar-benar harus memperhatikan informasi yang disajikan dalam video tersebut. 

Kehadiran platform digital Edpuzzle dalam pembelajaran tidak hanya melatih literasi digital siswa, namun juga dapat meningkatkan literasi digital guru. Video dan teks pertanyaan yang disajikan dalam platform digital Edpuzzle disusun sendiri oleh guru. Hal ini tentunya melatih guru dalam mengevaluasi literasi digital yang dikuasainya. Video yang baik adalah yang dapat dengan efektif dipahami oleh siswa. Berikutnya guru juga harus menyusun seperangkat pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa atau analisis siswa terhadap informasi yang disampaikan dalam video tersebut.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Penguatan Literasi Digital Melalui SIPOMAS SMP MUH PK Menuju Era Society 5.0
1 min
Manfaat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran
2 min
Crossword Lab, Pembuat Teka-Teki Silang Anti Ribet
4 min
GI Academy #19 - Media Pembelajaran Interaktif: Quizizz
3 min
Alat Bantu Guru untuk Membuat Bahan Ajar

LIAM OGUZ

Jan 29, 2024
1 min
Pentingnya Empat Pilar Literasi Digital Dipedomani Oleh Guru Dan Siswa

I GEDE ANGGAYANA

Aug 19, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB