Apa itu literasi digital?
Keterampilan literasi digital merupakan salah satu hal yang harus dikuasai siswa saat ini. Literasi digital tidak hanya mengarah pada keterampilan mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, dan mengomunikasikan bacaan atau tayangan tetapi juga menambahkan unsur evaluasi kritis terhadap hal-hal yang ditemukan dalam media digital. Bawden merumuskan beberapa aspek terkait dengan literasi digital yaitu mengkonstruksi pengetahuan, menyajikan informasi, memahami informasi yang tidak berurutan, menghubungkan dunia nyata dengan media internet, dan mampu mengomunikasikan informasi didepan umum. Maka secara sederhana dapat dipahami bahwa literasi digital adalah suatu bentuk kemampuan untuk mendapatkan, memahami dan menggunakan informasi yang berasal dari berbagai sumber dalam bentuk digital. Literasi digital seharusnya lebih dari sekedar kemampuan menggunakan berbagai sumber digital secara efektif, tetapi juga merupakan sebentuk cara berpikir tertentu yang berakar pada literasi komputer dan literasi informasi.
Apa saja faktor yang mempengaruhi literasi digital?
Agar mampu melatihkan literasi digital pada siswa maka perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi literasi digital. Pertama, keterampilan fungsional yaitu kemampuan dan kompetensi teknis yang diperlukan untuk menjalankan berbagai alat digital dengan mahir. Kedua, komunikasi dan interaksi yaitu suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya hubungan timbal balik dalam membangun ide atau informasi. Ketiga, kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan dalam melakukan analisis dan pemrosesan informasi untuk menghasilkan makna terhadap informasi yang diterima. Faktor-faktor ini seharusnya diakomodasi sehingga siswa mampu melatih literasi digital mereka.
Bagaimana cara melatih literasi digital siswa dengan Edpuzzle?
Salah satu cara untuk melatih literasi digital siswa adalah dengan memanfaatkan platform digital Edpuzzle. Platform ini memiliki kemiripan teknis dengan youtube yang sudah populer bagi siswa. Edpuzzle memungkinkan pengaturan yang lebih interaktif dari sekedar video yang disajikan dalam Youtube. Pada Edpuzzle, guru dapat menyusun suatu video yang kemudian ditambahkan suatu pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa secara realtime. Jika jawaban yang diberikan benar maka video dapat dilanjutkan pemutarannya secara otomatis. Kondisi inilah yang dapat memicu rasa penasaran siswa dalam proses belajar dan benar-benar harus memperhatikan informasi yang disajikan dalam video tersebut.
Kehadiran platform digital Edpuzzle dalam pembelajaran tidak hanya melatih literasi digital siswa, namun juga dapat meningkatkan literasi digital guru. Video dan teks pertanyaan yang disajikan dalam platform digital Edpuzzle disusun sendiri oleh guru. Hal ini tentunya melatih guru dalam mengevaluasi literasi digital yang dikuasainya. Video yang baik adalah yang dapat dengan efektif dipahami oleh siswa. Berikutnya guru juga harus menyusun seperangkat pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa atau analisis siswa terhadap informasi yang disampaikan dalam video tersebut.
Penyunting: Putra