Belajar Geografi Seru dan Menyenangkan dengan Game Trivia Globle-Game - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 03 Apr 2023

Belajar Geografi Seru dan Menyenangkan dengan Game Trivia Globle-Game

Game-based learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan game sebagai alat untuk membantu peserta didik menguasai konsep materi ajar. Melalui metode tersebut, peserta didik dapat saling berinteraksi dan bekerja sama menyelesaikan permasalahan

Metode Mengajar

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
4101x
Bagikan

Sistem pembelajaran terbarukan telah menghadirkan berbagai jenis metode pembelajaran baru. Hadirnya berbagai metode tersebut merupakan angin segar di pendidikan Indonesia mengingat beberapa tahun sebelumnya, sistem pendidikan selalu stagnan di metode pembelajaran satu arah yang konvensional. Nah! Salah satu bentuk pembaharuan tersebut adalah metode pembelajaran game-based-learning

Belajar Geografi Seru dan Menyenangkan dengan Game Trivia Globle-Game
Pembelajaran dengan Permainan (Sumber: Canva)

Secara umum, game-based learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan game sebagai alat untuk membantu peserta didik menguasai konsep materi ajar. Melalui metode tersebut, peserta didik dapat saling berinteraksi dan bekerja sama menyelesaikan permasalahan. Selain itu, metode pembelajaran berbasi permainan juga dapat membentuk suasana kelas yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. 

Bapak/Ibu ingin tahu salah satu ide penerapan game dalam pembelajaran? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Mengenal Game Trivia Globle dan Gamifikasi dalam Pelajaran Geografi

Setelah mengetahui seperangkat konsep pembelajaran dengan game, Bapak/Ibu juga harus menerapkannya dalam pembelajaran sehingga dapat mengukur tingkat keefektifannya dalam kelas. Nah! kabar bahagia bagi Bapak/Ibu guru yang mengajar pelajaran Geografi atau pengetahuan umum di sekolah. Salah satu bentuk implementasi dari gamifikasi adalah penerapan permainan Globle. 

Permainan Trivia Globle-game diciptakan oleh The Abe Train, seorang developer dan programmer dari Amerika Serikat. Ia menciptakan game globel sebagai bentuk penunjang pengetahuan siswa terhadap letak-letak geografis negara di seluruh dunia. Informasi lebih lanjut, Bapak/Ibu dapat mengklik >>Ayo Belajar dan Bermain Bersamaku <<

Memulai Permainan Globle di Kelas

Sebelum memulai permainan Globle, Bapak/Ibu harus memastikan bahwa Anda memiliki kuota internet yang memadai ya! Hal ini disebabkan karena permainan ini dilaksanakan secara daring. Yuk! kita mulai!

1. Persiapan Pembelajaran

Sebelum memulai pembelajaran, Bapak/Ibu dapat membagi siswa ke dalam 4—5 kelompok kecil yang terdiri atas 5—6 orang. Selanjutnya, berikanlah informasi kepada mereka tentang permainan yang hendak dimulai yaitu berkaitan dengan menebak lokasi geografis negara di seluruh dunia. Kelompok yang dapat menjawab dengan cepat memenangkan pertandingan. 

2. Tahap Pelaksanaan

Berikut merupakan tahapan pembelajaran geografi menggunakan globle. 

  1. Berikanlah arahan kepada peserta didik untuk membuka link permainan di https://globle-game.com/ 
  2. Setelah muncul menu permainan, jelaskanlah syarat dan ketentuan permainan yang dapat Bapak/Ibu pelajari di platform. Secara umum, peserta didik diminta mengisikan nama negara lalu menebak secepat mungkin “negara rahasia” yang menjadi tujuan permainan. 
Belajar Geografi Seru dan Menyenangkan dengan Game Trivia Globle-Game
Syarat dan Ketentuan Permainan Globle-game (Sumber: https://globle-game.com/)
  1. Selanjutnya, klik menu “click the globe to play!” untuk memulai permainan
  2. Siswa memulai permainan dengan menuliskan salah satu nama negara secara acak terlebih dahulu lalu selanjutnya melihat jarak antara negara yang satu dengan “negara rahasia” 
Belajar Geografi Seru dan Menyenangkan dengan Game Trivia Globle-Game
Tahapan Permainan (Sumber:  https://globle-game.com/)
  1. Semakin cerah tampilan pada layar maka semakin dekat dengan negara rahasia
  2. Sebagai langkah untuk mempermudah siswa, Anda juga dapat mengarahkan mereka untuk melihat peta dunia atau alat bantu globe
  3. Apabila siswa telah menjawab dengan benar maka akan muncul tampilan berikut
     
Belajar Geografi Seru dan Menyenangkan dengan Game Trivia Globle-Game
 Tampilan Saat Benar Menjawab Soal (Sumber:  https://globle-game.com/)
  1. Setelah mengetahui negara misteri, arahkanlah peserta didik untuk mengetahui informasi kebudayaan negara tersebut dalam bentuk laporan
  2. Permainan selesai!

3. Tahap Apresiasi dan Evaluasi

Pembelajaran menggunakan permainan globle-game membutuhkan ketelatenan dan ketekunan yang tinggi agar dapat mengetahui maksud permainan. Oleh karena itu, berikanlah setiap peserta didik apresiasi berupa hadiah-hadiah sederhana agar dapat selalu menjaga motivasi mereka. Selain itu, berikanlah juga siswa evaluasi dan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. 

Kesimpulan

Bermain sambil belajar merupakan pembelajaran paling menyenangkan dan berkesan. Melalui metode tersebut, siswa tidak hanya memperoleh informasi melalui buku tetapi dapat melalui berbagai sumber. Hal tersebut membentuk jiwa eksploratif dan kompetitif mereka yang bermanfaat di masa yang akan datang. Selain itu, metode tersebut dapat juga melatih kepekaan mereka terhadap budaya, tradisi, dan penggambaran sosial lainnya. Oleh karena itu, permainan globle-game dapat menjadi solusi kreatif yang dapat Bapak/Ibu terapkan dalam pembelajaran.

Demikianlah informasi edukatif yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai penunjang pengetahuan Bapak/Ibu dalam pembelajaran. Semangat untuk semua guru di seluruh Indonesia! Mari bersama-sama kita bangun pendidikan negeri! Salam Inovatif!

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Yandi Chidlir
Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Cara Menggunakan Aplikasi “Spinning Wheel Names” Agar Guru Semakin Kreatif dalam Mengajar

ROMI SAPUTRA

Sep 09, 2023
1 min
PERSONALISASI PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI MURID MELALUI NEARPOD

Dini Febriana

Sep 10, 2023
3 min
5 Contoh Jawaban “Tidak Tahu” untuk Pengajar
2 min
Trik Mengajar pada Jam Pelajaran Terakhir

Edy Samsul

Aug 26, 2022
2 min
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Deduktif
4 min
Flipped Classroom, Solusi Agar Tak Tertinggal Pelajaran
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB