7 Tipe Guru di Sekolah - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 16 Jun 2022

7 Tipe Guru di Sekolah

Sebagai manusia biasa guru tak luput dari kekurangan serta kelebihan ketika melaksanakan proses pembelajaran. Tak ayal kita akan sering atau akan menemukan beberapa tipe-tipe guru yang ada di sekolah. Sebagian terkenal dengan karakternya yang baik, sebagian terkenal karena kegalakannya. Tipe guru apapun yang kita temui, mereka mempunyai tujuan yang baik, hanya saja berbeda caranya.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
5972x
Bagikan

Termasuk yang manakah Anda?

Sebagai manusia biasa guru tak luput dari kekurangan serta kelebihan ketika melaksanakan proses pembelajaran. Tak ayal kita akan sering atau akan menemukan beberapa tipe-tipe guru yang ada di sekolah. Sebagian terkenal dengan karakternya yang baik, sebagian terkenal karena kegalakannya. Tipe guru apapun yang kita temui, mereka mempunyai tujuan yang baik, hanya saja berbeda caranya.

 

1. Guru Formal

Tipe guru yang sangat mengandalkan buku sebagai bahan ajarnya. Dapat merujuk ke kalimat-kalimat tertentu, halaman tertentu, bahkan paragraf tertentu. Bisa apes jika lupa membawa buku di mata pelajaran guru tersebut. Selain itu, jawaban dari soal yang dikerjakan murid, biasanya harus mirip dengan yang ada di buku.

 

2. Guru Jaim (Jaga Image)

Jika melihat guru yang penampilannya lebih mentereng dari guru lainnya, ada kemungkinan bahwa guru tersebut termasuk guru jaim. Guru tipe ini ingin selalu dipandang sempurna oleh muridnya. Jadi bila ditegur muridnya karena sebuah kesalahan, guru tipe ini tidak mau mengaku. Padahal sebagai manusia biasa pula, kesalahan itu hal yang sering terjadi.

 

3. Guru Peneliti

Guru tipe ini walaupun juga mengambil bahan ajar dari buku, ia memadukan dengan hasil pengalaman atau temuan yang dilakukan sendiri. Fakta di lapangan akan sering dikemukan oleh guru tipe ini, apalagi jika guru tersebut mengajar mata pelajaran IPA, murid-muridnya akan sering diajak ke laboratorium. Berkat pengalaman yang ia alami, guru tipe ini akan menyampaikan materi ajar dengan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu guru tipe ini merupakan orang yang teliti.

 

4. Guru Sahabat

Menjadi favorit murid di kelas manapun bahkan bisa satu sekolah adalah ciri khas guru tipe ini. Selain menjelaskan materi ajar, guru ini dapat berkomunikasi dengan murid yang diajar secara personal seperti menanyakan kesulitan, menanyakan kabar, menceritakan pengalaman yang menyenangkan, dan lain-lain. Karena kedekatannya, murid-murid dapat menganggap guru ini sebagai teman, tapi tetap menghormatinya ketika di kelas. Tipe guru ini merupakan salah satu guru yang akan selalu dikenang walaupun telah lulus sekolah.
 

5. Guru Killer

Berkebalikan dengan guru sahabat, guru tipe ini merupakan guru yang apabila ia memasuki kelas, kondisi kelas akan hening. Biasanya guru ini selalu ada dan selalu dikenal dalam berbagai tingkat di sekolah. Dengan gaya pembelajaran yang tegas, jika ada yang berisik sedikit saja akan kena omelan. Bila memberi soal, maka pasti ada murid yang terkena remedial. Mungkin saja murid-murid merasa terintimidasi dan tertekan, sehingga materi yang disampaikan sulit diserap oleh murid.
 

6. Guru Humoris

Salah satu guru yang menjadi favorit di kalangan murid-murid. Karena dalam proses pembelajaran, guru tipe ini akan menyelipkan lawakan agar suasana kelas lebih hidup dan ceria. Sehingga materi yang diajarkan mudah diterima dan murid-murid tidak mengantuk selama proses pembelajaran.

 

7. Guru Invisible

Sesuai dengan sebutannya, guru ini merupakan guru yang jarang muncul di kelas. Ketika ia mengajar, ia hanya memberikan bahan bacaan dan tugas. Itupun durasi mengajarnya hanya sebentar. Sehingga pemahaman murid tidak akan optimal, karena hanya terbatas dengan bahan bacaan dan tidak bisa mengembangkan bahan ajar.

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

MENJAGA KESEHATAN MENTAL GURU DENGAN MANAJEMEN STRES YANG TEPAT

Murnih Aisyah

Dec 20, 2023
3 min
Guru Bahagia, Dunia Sejahtera

Adelia Ayu

Nov 20, 2023
1 min
GI Academy #9 "Strategi Menjadi Guru Produktif Era 5.0"
2 min
Mengelola Stres dan Tuntutan Profesional

Nur Rochim

Nov 23, 2023
1 min
Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Bagi Guru

Nurlina, S.Pd

Nov 28, 2023
4 min
Membangun Resiliensi untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Guru
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB