Kelas adalah tempat ideal bagi siswa untuk menimba ilmu, mempelajari hal-hal yang baru, dan melakukan inovasi-inovasi lain dengan kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan sebuah ruang kelas akan tetap sama meskipun seorang individu beranjak ke jenjang pendidikan berikutnya.
Selain menjadi tempat bagi siswa, kelas juga merupakan tempat bagi guru untuk beraktivitas. Interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa di dalam kelas akan memainkan peran besar dalam perkembangan diri siswa.
Untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan meningkatkan keefisienan ruang kelas, maka sudah seharusnya kita memperhatikan ruang kelas agar terorganisir dengan baik. Karena untuk mengelola kelas dengan baik tak hanya membutuhkan satu faktor saja, tetapi melibatkan beberapa faktor lainnya pula. Dalam artikel ini, kami akan membahas karakteristik ruang kelas yang efektif dan bermakna. Simak penjelasannya sampai tuntas.
5 Karakteristik Ruang Kelas yang Baik dan Bermakna
Menciptakan suasana ruang kelas yang baik dan bermakna tidak dapat dibuat tanpa adanya pengaturan yang tepat. Setidaknya ada 5 karakteristik ruang kelas baik dan bermakna:
1. Keterlibatan siswa
Pengelolaan kelas yang efektif mengandung beberapa elemen, tetapi salah satu yang paling penting adalah keterlibatan siswa saat kegiatan belajar mengajar. Kualitas ruang kelas yang dikelola dengan baik, akan membuat siswa terus terlibat setiap saat selama kegiatan belajar berlangusung.
Hal ini akan mendukung pengembangan keterampilan berpikir siswa. Kreativitas guru dalam mengajar akan menjadi faktor utama untuk menarik keterlibatan siswa karena pelajaran yang tidak membuat penasaran atau menarik, dapat berpotensi mengalihkan perhatian siswa dari pelajaran.
Baca juga:
Mendorong Motivasi Belajar Siswa melalui Mindful, Meaningful, dan Joyful Learning
2. Lingkungan belajar yang positif
Menciptakan lingkungan atau suasana belajar yang positif adalah salah satu faktor kunci dari ruang kelas yang bermakna. Karena dengan lingkungan yang kondusif dan positif, siswa akan merasa aman dan nyaman untuk mengajukan pertanyaan kepada guru dengan bebas.
Kegiatan seperti melibatkan siswa untuk mendekorasi ruang kelas dapat membantu untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif. Karena kegiatan ini akan mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelompok serta menjadi cara untuk menumbuhkan kreativitas mereka.
3. Manajemen waktu yang baik
Salah satu karakter ruang kelas yang bermakna dan ideal lainnya adalah mampu menerapkan keterampilan manajemen waktu yang baik. Karena dengan meminimalkan waktu yang terbuang dan meningkatkan produktivitas, akan menjadi tempat yang tepat untuk belajar.
4. Disiplin
Elemen kunci lainnya dalam ruang kelas yang baik dan bermakna adalah kedisiplinan. Siswa yang memiliki petunjuk atau peraturan yang jelas tentang perilaku dan aktivitas yang diperbolehkan serta mana yang tidak boleh dilakukan di dalam kelas, akan menumbuhkan bibit-bibit kedisiplinan dan membantu untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif.
Guru juga dapat memberikan apresiasi atau dukungan positif atas hasil kerja yang baik dan perilaku yang sesuai untuk menginspirasi siswa di kelas.
Ilustrasi suasana kelas yang bermakna (Gambar: Canva/Atrem Podrez)
5. Pembelajaran berfokus pada siswa (student centered)
Karakter lainnya dari kelas yang bermakna adalah pembelajaran dilakukan dengan pendekatan yang berfokus pada siswa. Guru melakukan lebih dari sekadar berdiri di depan kelas dan berbicara. Agar siswa tidak kehilangan fokus serta minat saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Guru dapat menggunakan beberapa metode penyampaian yang bervariasi, misal menggunakan media ajar. Dengan menerapkan kombinasi kegiatan dalam proses belajar, para siswa akan merasakan pengalaman belajar yang berbeda dan lebih membekas dalam ingatan mereka, sekaligus memenuhi kebutuhan gaya belajar siwa yang beragam.
Menciptakan ruang kelas yang bermakna pada akhirnya ditentukan oleh siswa, guru, dan sumber daya pendukung lain yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Namun, tujuan utama dari adanya ruang kelas harus selalu menjadi prioritas, yaitu memberikan pembelajaran yang efektif dan pertumbuhan akademis bagi setiap siswa.
Baca juga:
TCL vs SCL, Bentuk Merdeka Belajar?
Pembelajaran yang bermakna akan membantu siswa dalam mempelajari topik dan materi baru dengan cara menghubungkan pemahaman atau pengalaman yang telah dimiliki siswa saat ini. Karena saat ini situasi global tidak dapat diprediksi, maka penting untuk membekali siswa dengan hal-hal yang mereka butuhkan, baik dari segi akademis maupun emosional.
Oleh karena itu, integrasi konsep deep learning dengan konsep social emotional learning (SEL) dapat menjadi sebuah solusi dalam mempersiapkan masa depan siswa melalui jalur pendidikan. Ingin tahu bagaimana penerapan sinergi deep learning dengan SEL ini dalam proses belajar? Temukan jawabannya dalam workshop nasional bersertifikat yang akan membahas menciptakan kelas bermakna dengan deep learning dan SEL berikut ini!

Klik disini untuk daftar workshopnya!
Referensi:
How to Create your Own Meaningful Learning Plan in 7 Steps
Promoting Meaningful Learning Inside and Outside the Classroom
Qualities in a Good and Ideal Classroom
Penulis: Eka | Penyunting: Putra