Fardan Mubtasir

Guru Antropologi

belajar menjadi lebih ikhlas

Kunjungi Profil

Menggunakan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pembelajaran Siswa SMA

Manusia sebagai makhluk sosial sudah memiliki ketergantungan terhadap orang lain serta membutuhkan interaksi dengan lingkungan, salah satunya melalui komunikasi. Seiring dengan kemajuan teknologi, komunikasi antar-manusia semakin lama terus berkembang. Selain itu, kemajuan teknologi pada saat ini juga sangat berhubungan dengan perkembangan media sosial karena sangat memegang peranan penting di hampir segala lini masyarakat. Mulai dari mengirim pesan kepada teman, berbagi informasi, hingga mencari suatu informasi yang sedang hangat di masyarakat, maka tidak heran apabila ada yang menyebutkan bahwa media sosial telah menjadi salah satu kebutuhan penting hampir setiap orang.

Kehadiran media sosial di tengah masyarakat era kini telah memberikan manfaat yang sangat besar, terlebih lagi seperti pada kemajuan teknologi saat ini. Media sosial cukup membantu dalam menghapus jarak antar manusia, sehingga sangat efektif untuk mempersingkat waktu dalam berkomunikasi. Dikutip dari situs Gramedia.com Media sosial dapat dipahami sebagai suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya, media sosial sendiri pada dasarnya adalah bagian dari pengembangan internet, kehadiran beberapa dekade lalu telah membuat media sosial dapat berkembang dan bertumbuh secara luas dan cepat seperti sekarang. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di media sosial seperti melakukan komunikasi atau interaksi hingga memberikan informasi atau konten berupa tulisan, foto dan video. 

Berbagai informasi dalam konten yang dibagikan tersebut dapat terbuka untuk semua pengguna selama 24 jam penuh. Hal tersebut yang menjadikan semua pengguna tersambung dengan koneksi internet dapat melakukan proses penyebaran informasi atau konten kapan saja. Sebagai salah satu platform digital yang paling banyak digunakan saat ini, fungsi media sosial ternyata tidak hanya sebatas itu saja, ada banyak sekali fungsi lain yang bisa didapatkan dari media sosial, karena media sosial berhasil menghubungkan hampir setiap orang yang memiliki akses internet. Beberapa fungsi media sosial diantaranya yaitu sebagai alat komunikasi, membangun branding, tempat usaha, maupun marketing. 

Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram, media sosial yang fokus pada platform berbagi foto dan video. Beberapa fitur menarik yang tersedia di Instagram antara lain seperti filter, Instagram Story, IGTV, dan kemudahan berjejaring lainnya membuat pesona Instagram mampu melekat di hati penggunanya. Dilansir dari situs Liputan6.com Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan aktivitas berjejaring lainnya, nama Instagram berasal dari Kata ‘Instan’ dan ‘telegram’, kata ‘instan’ yang mendasari penamaan ‘insta’ dimaksudkan seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan "foto instan", dengan makna ini Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya, sedangkan kata telegram merujuk pada sebuah alat yang bekerja mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Instagram merupakan bagian dari media sosial yang selama ini dikenal oleh masyarakat Indonesia juga bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran siswa SMA. Instagram dapat digunakan untuk berkomunikasi antara guru dan siswa, kebosanan siswa akan pembelajaran dan tugas yang diberikan sekolah yang cenderung sama dan membosankan menimbulkan kejenuhan bagi para siswa. Instagram dipergunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang menyenangkan, sebagai media sosial bukan ruang pribadi melainkan ruang publik bagi remaja yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran sehingga siswa merasa nyaman dalam pembelajaran. Instagaram bermanfaat sebagai alat informasi yang semakin berkembang sangat mempermudah khlayak mendapatkan informasi yang diinginkan. Instagram merupakan media sosial yang masuk dalam kategori jejaring sosial yang dapat diakses dengan mudah, dan dapat memberikan informasi bagi siswa, dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. 

Beberapa Postingan siswa SMA di media sosial Instagram sebagai sarana pembelajaran, Sumber : Akun Instagram @youth.bahasa1,  @xineffable_, @twosociallsciences, @kelasxi.ips3

Memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana pembelajaran memiliki dampak positif terhadap pembelajaran siswa di sekolah. Beberapa dampak positif media sosial Instagram sebagai sarana pembelajaran antara lain seperti meningkatkan motivasi belajar karena terdapat berbagai akun mengenai edukasi yang sangat menarik dan dapat membuat para siswa lebih semangat dalam belajar atau bahkan pada mata pelajaran yang mungkin awalnya tidak mereka sukai, lalu dapat menambah kreativitas dan keterampilan siswa dengan cara melihat apa yang orang lain lakukan secara berulang untuk kemudian dilakukan sendiri seperti contohnya adalah kemampuan dalam fotografi atau mengedit yang secara tidak langsung terasah selama mengunggah sesuatu ke media sosial Instagram. Selain itu, media sosial Instagram juga dapat meningkatkan prestasi belajar, karena peningkatan prestasi dan pengetahuan melalui data dan informasi yang ditemukan, sehingga ketika siswa ditugaskan proyek di sekolah maka mereka akan berusaha mengumpulkan informasi dari berbagai media sosial yang menurut mereka paling mudah digunakan, serta yang terakhir yaitu mendapatkan teman belajar karen media sosial instagram memiliki efek positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan, para siswa punya kesempatan memperoleh teman belajar dengan minat yang sama. 

Pada akhirnya, media sosial Instagram telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup masyarakat. Tidak hanya sebagai sumber hiburan, tetapi juga merupakan bentuk pembelajaran yang vital. Setiap orang akan memiliki setidaknya satu akun media sosial Instagram. Ada anggapan umum bahwa media sosial Instagram hanya membuang-buang waktu karena mengalihkan pikiran siswa atau sekolah. Namun, tidak demikian halnya jika dilihat dari sisi positif dalam menggunakan media sosial Instagram, banyak pengguna internet adalah siswa dan guru, media sosial tampaknya telah mempengaruhi cara siswa diajar dan belajar. Maka oleh karena itu, sebelum menggunakan media sosial Instagram, pastikan bahwa syarat dan ketentuan yang ada telah terpenuhi, dengan begitu maka dampak positif media sosial seperti yang dijelaskan di atas dapat benar-benar dirasakan.

guruinovatifLombaartikelMediasosialInstagram
Komentar (51)

Tuliskan Komentar Anda

Komentar Terbaru

Dwi Handayani
4 bulan yang lalu

Sangat menginspirasi


PATsmanone klari
4 bulan yang lalu

perkembangan teknologi harus bisa diterapkan dalam pembelajaran, agar pembelajaran tidak membosankan


Dimas Maulana Alif Sukma Aji
4 bulan yang lalu

Perkembangan zaman memang tidak dapat dielakkan, maka dari itu pemanfaatan media sosial instagram sebagai media pembelajaran bagi siswa sangatlah baik, agar siswa terhindar dari gagap teknologi 👍


Zulfa Safitri
4 bulan yang lalu

👍👍👍


Rizky Dwi Ananda Bimantara
4 bulan yang lalu

dilihat dari anak remaja jaman sekarang sangat cocok untuk menggunakan platform instagram sebagai sarana untuk pembelajaran, instagram sangat mudah diakses sehingga dapat mempermudah siswa sma belajar dimana dan kapan saja


KHOIRIYAH MATTIK
4 bulan yang lalu

Artikel nya sangat bagus. Pembelajaran nya juga sangat bermanfaat dan bermakna mengarahkan pelajar untuk menggunakan medsos dengan baik. Semoga menginspirasi selalu.


KHOIRIYAH MATTIK
4 bulan yang lalu

Artikel nya sangat bagus. Pembelajaran nya juga sangat bermanfaat dan bermakna mengarahkan pelajar untuk menggunakan medsos dengan baik. Semoga selalu menginspirasi selalu.


Nada Ramerta
4 bulan yang lalu

Keren Pak fardann


Shella dafina
4 bulan yang lalu

Saya setuju dengan penggunaan aplikasi Instagram sebagai media belajar sebab dgn memanfaatkan medsos ini pelajar/mahasiswa bisa berkembang serta kreatif dengan ide" yang mereka punya, apalagi dibuat semenarik mungkin sehingga para pembaca pun tertarik untuk melihat dan membaca nya


Dikiri Jalan
4 bulan yang lalu

Inovasi pembelajaran yang sederhana untuk kualitas pembelajaran yang luar biasa