Bahasa Inggris Jadi Pelajaran Wajib Mulai dari Sekolah Dasar! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 29 Apr 2024

Bahasa Inggris Jadi Pelajaran Wajib Mulai dari Sekolah Dasar!

Kemendikbudristek juga akan memberikan dukungan dalam bentuk perangkat ajar dan pelatihan guru yang akan mengajar bahasa Inggris di SD. Pengenalan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib di sekolah dasar menimbulkan beragam tanggapan dalam wacana pendidikan.

Berita

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
654x
Bagikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan keputusan bahwa Bahasa Inggris akan menjadi mata pelajaran wajib untuk siswa kelas 3 sekolah dasar (SD), sebagaimana yang diatur dalam Permendikbudristek Nomor 12/2024. Anindito Aditomo, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, menjelaskan bahwa penekanan pada penggunaan bahasa Inggris untuk komunikasi praktis dan pemahaman informasi, bukan sekadar tata bahasa atau grammar. Implementasi kebijakan ini disadari membutuhkan waktu, dengan Bahasa Inggris di SD akan diberlakukan mulai tahun ajaran 2027/2028, memberikan waktu bagi pemerintah daerah dan sekolah untuk mempersiapkan diri.

Kemendikbudristek juga akan memberikan dukungan dalam bentuk perangkat ajar dan pelatihan guru yang akan mengajar bahasa Inggris di SD. Pengenalan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib di sekolah dasar menimbulkan beragam tanggapan dalam wacana pendidikan. Meskipun beberapa melihatnya sebagai langkah progresif dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan global, ada juga yang khawatir akan dampaknya terhadap kurikulum dan beban belajar siswa. Meski demikian, langkah ini diharapkan dapat membuka peluang pengetahuan global dan mempersiapkan generasi muda menghadapi masa depan yang semakin terbuka dan terhubung secara global.

Apa sih Urgensinya?

Anindito menegaskan alasan Kemendikbudristek mengamanatkan pengajaran Bahasa Inggris. Menurutnya, kemahiran dalam berbahasa Inggris bukan hanya sekadar kemahiran berbahasa, melainkan juga menjadi modal penting untuk proses pembelajaran seumur hidup. Bahasa Inggris telah lama menjadi bahasa utama di kalangan akademisi, dan hingga saat ini masih menjadi bahasa yang dominan dalam penyampaian pengetahuan ilmiah. Banyak sumber belajar gratis di platform digital seperti MOOC yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga bergengsi seperti MIT, Coursera, dan EdX, tersedia hanya dalam bahasa Inggris. Anindito menekankan bahwa tanpa kemampuan berbahasa Inggris, akses terhadap berbagai pengetahuan dan sumber belajar tersebut akan terbatas.

Baca juga:
10 Pantun Hari Pendidikan Nasional Penuh Makna!

Selain itu, Anindito juga menyoroti peran bahasa Inggris sebagai alat komunikasi dan kolaborasi di tingkat regional dan internasional. Ia mengungkapkan bahwa di Asia Tenggara, semua negara telah menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib sejak sekolah dasar. Dalam konteks ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan tersebut yang belum mewajibkan pengajaran bahasa Inggris sejak dini.

Bahasa Inggris Jadi Pelajaran Wajib Mulai dari Sekolah Dasar!
Ilustrasi siswa-siswi sekolah dasar (Gambar: Pixabay/stokpic)

Apa saja Persiapan Guru?

Menyokong peralihan Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib, aturan dari Mendikbudristek menetapkan bahwa Kemendikbudristek akan menyelenggarakan pelatihan untuk guru yang akan mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, dan yang setara. Pelatihan tersebut direncanakan akan dilaksanakan selama periode transisi menuju kewajiban mempelajari mata pelajaran tersebut. Selain itu, tanggung jawab Pemerintah Daerah (Pemda) adalah memastikan ketersediaan guru Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, dan setara, selama masa transisi ke mata pelajaran wajib. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa siswa memiliki akses terhadap pembelajaran Bahasa Inggris yang berkualitas di seluruh wilayah.

Baca juga:
15 Ucapan Hari Pendidikan Nasional Penuh Makna untuk Guru

Kapan akan Dimulai?

Mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, dan yang setara akan menjadi mata pelajaran yang harus diikuti mulai tahun ajaran 2027/2028. Ketentuan ini diatur dalam Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 mengenai Kurikulum Jenjang PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Menurut Permendikbud tersebut, pada tanggal 26 Maret 2024, Bahasa Inggris masih termasuk dalam kategori mata pelajaran pilihan yang dapat diadakan tergantung pada kesiapan sekolah hingga tahun ajaran 2026/2027. Namun, mulai tahun ajaran 2027/2028, Bahasa Inggris akan menjadi mata pelajaran yang wajib diikuti.

Itulah penjelasan bahasa inggris menjadi mata pelajaran wajib. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi kepada pendidik untuk lebih siap dalam mendidik siswa-siswi. Semoga ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mempersiapkan guru dan murid dalam mempersiapkan pelajaran bahasa inggris lebih baik lagi!

Referensi:
Bahasa Inggris Jadi Pelajaran Wajib dari Kelas 3 SD Mulai 2027
Mapel Bahasa Inggris Wajib Mulai TA 2027/2028 di SD, MI, dan Sederajat

Daftar akun sekarang untuk mendapatkan 7 hari gratis layanan premium!
Dapatkan akses ke seluruh materi online course dan fasilitas lainnya di GuruInovatif.id!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kurikulum Merdeka Jadi Kurikulum Nasional Tahun 2024
1 min
Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Diundur! Segera Persiapkan Berkas-Berkas Berikut Ini!
2 min
Seleksi CPPPK Kemenag Tahun Anggaran 2022 Diselenggarakan di 35 Lokasi
1 min
Tunjangan Profesi Guru Cair di Pertengahan April!
2 min
Menggunakan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pembelajaran Siswa SMA

Fardan Mubtasir

Jul 31, 2022
4 min
Info Resmi dari Kemdikbud! Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 10 telah Dibuka!
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB