Dwita Nurcahyani

Mahasiswa

Kunjungi Profil

Aplikasi Google untuk Pembelajaran Geografi yang Menarik

Salam Guru Inovatif!

Pembelajaran daring maupun luring memacu guru sebagai praktisi pendidikan untuk semakin kreatif dan inovatif dalam mengemas materi pembelajaran untuk siswa agar tidak monoton dan lebih variatif. Berbagai strategi media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik harus selalu dikembangkan dan dioptimalkan agar kegiatan pembelajaran tidak membosankan dan harapannya mendapat output hasil belajar peserta didik yang meningkat. 

Media pembelajaran digunakan untuk memudahkan dalam penyampaian materi kepada peserta didik dan berperan besar dalam mengkomunikasikan pesan yang disampaikan guru. Peserta didik dapat terbantu dalam memahami materi yang kompleks. Pemanfaatan media pembelajaran dapat memberikan pengalaman baru dan rangsangan kegiatan belajar bagi peserta didik dalam memperoleh materi.

Aplikasi Google untuk Pembelajaran Geografi

Google Maps

Google Maps merupakan jasa virtual yang disediakan Google yang dapat diakses melalui perangkat mobile. Google maps lebih dari sekedar peta biasa karena menggunakan kombinasi dari citra satelit, foto, dan fitur street view untuk mengetahui berbagai tempat di seluruh dunia. Google Maps menampilkan gambaran dari seluruh permukaan bumi yang dihasilkan melalui foto udara, citra satelit, dan olahan Sistem Informasi Geografis (SIG). Pemanfaatan Google Maps dalam pembelajaran materi Geografi diantaranya untuk mengetahui lokasi, jarak, ketinggian tempat, persebaran objek, untuk mempelajari peta serta citra penginderaan jauh.

Google Earth Engine (GEE)

Google Earth Engine merupakan layanan pemrosesan geospasial dalam skala besar. Tujuan dari Earth Engine adalah untuk menyediakan platform interaktif untuk pengembangan algoritma geospasial dalam skala besar. 

Perbedaan mendasar antara Google Earth (GE) dengan Google Earth Engine (GEE) adalah Google Earth untuk visualisasi, sedangkan Google Earth Engine untuk data processing. Salah satu kelebihan Google Earth Engine (GEE) adalah dapat mengakses dan memproses data citra satelit dan data lainnya dalam jumlah besar dengan cepat, akurat dan terus update.

Google Earth Pro 

Dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan didukung dengan pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat pula akan membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan serta menciptakan pembelajaran yang interaktif dalam kelas. Salah satu bentuk media pembelajaran Geografi yang dapat diterapkan adalah Google Earth Pro untuk estimasi jumlah penduduk terdampak bencana.

Media pembelajaran melalui Google Earth Pro mampu menampilkan apa yang seharusnya dan memberikan tampilan nyata dari fenomena-fenomena yang dipelajari. Dengan digunakannya Google Earth Pro untuk estimasi jumlah penduduk terdampak bencana, peserta didik tidak lagi hanya bisa membayangkan fenomena-fenomena yang dipelajari, guru juga tidak kesulitan menunjukkan apa yang dimaksud dan hendak disampaikan.

Google Earth Pro dapat mendukung peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Geografi menjadi lebih termotivasi dan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dengan melihat secara detail wilayah-wilayah yang dimaksud serta bentangan alam yang dapat disaksikan bersama. Dengan pendayagunaan media pembelajaran melalui Google Earth Pro siswa dapat mengetahui daerah berpotensi rawan longsor, daerah rawan banjir, daerah perairan dan daratan, gunung, danau, serta jumlah kepadatan penduduk dan masih banyak hal lain yang bisa dilihat melalui layar komputer. Google Earth Pro dapat memberikan gambaran visual secara detail sehingga siswa tidak perlu membayangkan tentang fenomena yang dipelajari. Oleh karena itu, peran media pembelajaran Google Earth Pro sangat penting dalam mendukung pembelajaran Geografi agar tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien. Sehubungan dengan hal tersebut, GuruInovatif.id menghadirkan Guru Inovatif Class untuk Bapak/Ibu Guru guna menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam kelas dengan mengangkat topik “Google Earth Pro Untuk Estimasi Jumlah Penduduk Terdampak Bencana” yang dapat Bapak/Ibu Guru ikuti pada link berikut atau dapat langsung menghubungi CS GuruInovatid.id untuk informasi lebih lanjut.

PembelajaranGeografiMediaPembelajaranGoogleEarth
Komentar (0)

Tuliskan Komentar Anda

- Belum ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar -

Rekomendasi Artikel