Permainan Rubik dan Manfaatnya bagi Kreativitas Siswa - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 17 Mar 2023

Permainan Rubik dan Manfaatnya bagi Kreativitas Siswa

Permainan Rubik telah menjadi fenomena global sejak pertama kali diperkenalkan. Salah satu manfaat utama dari permainan rubik adalah kemampuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Refleksi

Muhammad Afrizal

Kunjungi Profile
4398x
Bagikan

Jauh sebelum kehadiran teknologi dengan berbagai permainan gadget-nya, permainan-permainan yang dalam tanda ‘kutip’ sempat viral di kalangan peserta didik adalah rubik, flashcard, dan kartu kwartet. Permainan-permainan tersebut bahkan menjadi salah satu media terbaik dalam membentuk ketrampilan sosial mereka dalam lingkungan sebayanya. Selain itu, permainan-permainan tersebut dapat melatih fokus, jiwa kompetitif, dan kreativitas mereka. Nah! Oleh karena itu, sebagai alternatif pembelajaran dengan permainan atau gamifikasi, Bapak/Ibu dapat memulainya dengan mengenalkan kembali salah satu permainan-permainan terdahulu, salah satunya rubik. Bagaimana sih sejarah permainan rubik? dan apa saja sih manfaatnya bagi siswa? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Sejarah dan Definisi Rubik

Permainan Rubik telah menjadi fenomena global sejak pertama kali diperkenalkan oleh Erno Rubik pada tahun 1974. Tidak hanya menjadi sebuah mainan yang menyenangkan, namun Rubik's Cube juga membawa banyak manfaat bagi kreativitas siswa dalam pendidikan. Rubik atau yang lebih dikenal dengan nama Rubik's Cube adalah sebuah permainan puzzle yang terdiri dari 27 kubus kecil dengan ukuran 3x3x3. Seiring berjalannya waktu, rubik terus mengalami perkembangan mulai dari standar rubik, master rubik, profesor rubik, dan ultimate rubik. Namun, walaupun terbagi ke dalam beberapa level dan tingkatan, tujuan permainan ini tetap sama yaitu menyusun kubus-kubus tersebut hingga memiliki sisi dengan warna yang sama.

Saat bermain rubik, peserta didik harus selalu fokus dan teliti agar tidak melewatkan setiap tahapan. Apabila salah satu tahapan keliru maka akan mengacaukan tahapan-tahapan selanjutnya sehingga menyebabkan permainan tidak selesai dengan maksimal. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu manfaat utama dari permainan Rubik adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Membiasakan siswa berpikir kritis dan fokus dapat menjadi langkah awal Bapak/Ibu untuk membentuk pribadi yang berkualitas. Oleh karena itu, yuk ketahui berbagai manfaat permainan rubik bagi siswa! Simak penjelasan sampai akhir ya!

Manfaat Rubik bagi Kreativitas Siswa

Dalam memecahkan teka-teki, siswa harus berpikir secara kreatif dan maju dengan mencoba berbagai cara untuk menyelesaikan teka-teki. Ini memaksa siswa untuk berpikir dari berbagai sudut pandang. Dalam pendidikan, permainan Rubik dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang menarik dan efektif. Selain dapat meningkatkan kreativitas siswa, permainan Rubik juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Oleh karena itu, permainan Rubik dapat menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, Rubik juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yang akan sangat berguna dalam memecahkan masalah di dalam dan di luar kelas dan bermanfaat bagi kreativitas siswa dalam pendidikan. Berikut adalah beberapa manfaat dari permainan Rubik bagi kreativitas siswa:

1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis

Permainan Rubik membutuhkan kemampuan berpikir logis yang baik. Siswa perlu memecahkan masalah dan mengatur kubus-kubus sehingga membentuk pola yang benar. Hal ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan analitis.

2. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Selain kemampuan berpikir logis, permainan Rubik juga membutuhkan kemampuan berpikir kreatif. Siswa perlu mencari cara baru untuk menyusun kubus-kubus tersebut dengan cepat dan efektif. Hal ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Strategis

Permainan Rubik juga membutuhkan kemampuan berpikir strategis yang baik. Siswa perlu memikirkan langkah-langkah yang akan diambil untuk menyusun kubus-kubus tersebut. Hal ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir strategis dan mengambil keputusan yang tepat.

4. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Permainan Rubik dan Manfaatnya bagi Kreativitas Siswa
Permainan Rubik dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi (sumber:canva)

Permainan Rubik dapat dimainkan secara individu maupun dalam kelompok. Jika dimainkan dalam kelompok, siswa perlu berkomunikasi dengan anggota kelompoknya untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan kerjasama dalam tim.

5. Mengembangkan Ketelitian dan Konsentrasi

Permainan Rubik membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi. Siswa perlu fokus pada setiap gerakan kubus-kubus tersebut agar tidak salah langkah. Hal ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan ketelitian dan konsentrasi yang baik.

Demikianlah beberapa informasi perihal permainan rubik dalam pendidikan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa rubik bukan hanya sekadar permainan puzzle yang menantang dan menyenangkan. Permainan rubik dapat memberikan manfaat bagi kreativitas siswa dalam Pendidikan. Rubik bermanfaat untuk memperlambat penurunan fungsi otak dan meningkatkan perkembangan otak sehingga kinerja otak dapat berjalan secara optimal. Peningkatkan kinerja tersebut terwujud dalam terbentuknya kemampuan berpikir logis, kreatif, strategis, komunikatif, serta mengembangkan ketelitian dan konsentrasi. Dengan demikian, permainan rubik dapat menjadi salah satu metode pembelajaran yang menarik dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa.

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Muhammad Afrizal
Penyunting: Yandi Chidlir

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mari Introspeksi! Inilah 5 Ciri Orang yang Punya Growth Mindset
4 min
Mengenal Lebih Dekat Insomnia dan Kiat-Kiat Ampuh Mengatasinya
5 min
6 Kecerdasan Inilah yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir dan Kesuksesan Tiap Manusia
3 min
Penguatan Karakter Literasi di Era 5.0

MUHAMMAD AZIZI

Sep 06, 2023
7 min
Fenomena FOMO dan Dampak Negatifnya Bagi Peserta Didik
5 min
Memihak Murid Dengan Pembelajaran Diferensiasi

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB