"Penguatan Literasi Digital sebagai Jawaban Tantangan Sekolah Menghadapi Era Modern" - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Sep 2023

"Penguatan Literasi Digital sebagai Jawaban Tantangan Sekolah Menghadapi Era Modern"

Artikel ini membahas pentingnya penguatan literasi digital bagi siswa dan guru dalam menghadapi tantangan era modern. Artikel tersebut menyoroti manfaat literasi digital, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi sekolah, dan memberikan solusi konkret untuk mengatasi kesenjangan digital, sumber daya

Refleksi

Nicolas Juan Mei Perandra, S.Pd.

Kunjungi Profile
1178x
Bagikan

"Penguatan Literasi Digital sebagai Jawaban Tantangan Sekolah Menghadapi Era Modern"

Di era modern yang penuh dengan teknologi digital, literasi digital bukan hanya sekadar kemampuan tambahan. Melainkan suatu keharusan bagi siswa dan guru untuk mempelajari dan menggunakannya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pentingnya penguatan literasi digital dalam pendidikan, mengeksplorasi tantangan yang dihadapi oleh sekolah dalam mengadopsi literasi digital, dan memberikan solusi konkret untuk menghadapi tantangan tersebut.

Pentingnya literasi digital bagi guru dan siswa. Pertama-tama, mari kita ketahui alasan dibalik literasi digital begitu penting dalam di pendidikan. Literasi digital meliputi kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dengan bijak dan efektif. Di era sekarang yang modern penuh dengan informasi dapat diakses cukup mudah melalui internet dan teknologi. Ini berarti menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, bahkan literasi digital memungkinkan siswa dan guru untuk melakukan semua hal. Namun pada kenyataannya, ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi seperti peningkatkan kemampuan belajar siswa, peningkatan efisiensi dan produktivitas guru, pengembangan keterampilan kritis, dan tantangan dalam penguatan literasi digital. Permasalahan yang muncul itulah yang membuat kita harus sadar bahwa perlu adanya tindakan yang tepat. Namun sebelum menjawab semua permasalahan itu, perlu adanya penjelasan singkat dari setiap poin tersebut. 

Pertama, meningkatkan kemampuan belajar siswa. Siswa yang memiliki literasi digital yang baik mampu mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif. Mereka dapat memanfaatkan sumber daya online untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap berbagai mata pelajaran. Kedua, peningkatan Efisiensi dan Produktivitas Guru. Guru dapat menggunakan platform digital untuk mengelola materi pembelajaran, memberikan umpan balik kepada siswa, dan berkomunikasi dengan orang tua dengan lebih efisien. Hal ini memungkinkan mereka untuk fokus pada pengajaran yang lebih mendalam. Ketiga, pengembangan Keterampilan Kritis. Literasi digital juga mencakup kemampuan untuk memahami dan mengelola risiko online seperti cyberbullying dan masalah keamanan lainnya. Ini mengajarkan siswa dan guru untuk menjadi pengguna yang bijak dalam dunia digital. Keempat, tantangan dalam Penguatan Literasi Digital. Meskipun penting, penguatan literasi digital tidak datang tanpa tantangan. Beberapa tantangan utama yang dihadapi sekolah dalam mengadopsi literasi digital meliputi ketidaksetaraan akses ke teknologi, perangkat dan sumber daya yang terbatas, bahaya cyberbullying dan keamanan online.

Dari banyaknya permasalahan yang dihadapi. Maka dari itu, kita harus mencari jawaban untuk tantangan-tantangan ini. Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, sekolah dapat mengambil langkah-langkah konkret. Pemberian akses ke teknologi, sekolah dapat berupaya memberikan akses ke perangkat dan internet kepada semua siswa. Bahkan yang kurang mampu pun, sekolah perlu mencari cara untuk menghilangkan kesenjangan digital. Pelatihan literasi digital, sekolah harus menyediakan pelatihan literasi digital kepada guru dan siswa. Ini mencakup cara menggunakan teknologi dengan bijak, mengidentifikasi informasi yang sahih di internet, dan menghindari bahaya online. Integrasi Platform Digital dalam Pengajaran, guru dapat menggunakan platform digital seperti Google Classroom, Edmodo, atau Moodle untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan efisien. Kemitraan dengan orang tua harus intens dan transparan. Melibatkan orang tua dalam pendidikan literasi digital anak-anak mereka sangat penting. Sekolah dapat mengadakan seminar atau workshop untuk orang tua tentang cara mengawasi dan mendukung penggunaan internet yang aman oleh anak-anak.

Dalam menghadapi tantangan era modern, penguatan literasi digital adalah salah satu kunci keberhasilan sekolah. Ini memberikan siswa dan guru alat yang kuat untuk berkembang dalam dunia yang semakin terkoneksi dan digital. Dengan mengatasi tantangan-tantangan yang ada, sekolah dapat memastikan bahwa semua anggota komunitas pendidikan siap untuk sukses di era digital ini.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

6 Kecerdasan Inilah yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir dan Kesuksesan Tiap Manusia
3 min
Pentingnya Positive Parenting bagi Anak
3 min
Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Cara Sederhana Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
3 min
5 Kisah Guru Inspiratif di Dunia
3 min
Yang Harus Diketahui Mengenai Bullying
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar