Pendekatan Deep Learning Menggunakan Model Project Based Learning pada Anak Usia Dini - Guruinovatif.id

Diterbitkan 28 Apr 2025

Pendekatan Deep Learning Menggunakan Model Project Based Learning pada Anak Usia Dini

Penerapan Project Based Learning sebagai pendekatan pembelajaran yang mendalam (Deep Learning) di PAUD dengan mengintegrasikan elemen Mindful, Meaningful, dan Joyful Learning. Pendekatan ini bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang aktif, relevan, dan menyenangkan melalui proyek bertopik "Air"

Metode Mengajar

Agustina Prihatini Dyah Kusumaningsih

Kunjungi Profile
276x
Bagikan

Pendidikan selalu bergerak dinamis mengikuti perkembangan zaman untuk itu Indonesia mempersiapkan pendidikan sejak dini guna menyongsong Indonesia Emas tahun 2024. Terdapat 6 aspek yang dikembangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini yaitu, agama dan moral, bahasa, kognitif, fisik motorik, sosial emosional, dan seni. Keenam aspek tersebut dapat dikembangkan melalui pembelajaran yang mendalam (mindful), bermakna (meaningful) dan menyenangkan (joyful) yang dikemas dalam pendekatan deep learning.

Kegiatan pembelajaran dengan pendekatan deep learning dapat tercapai salah satunya dengan model project-based learning (PBL) yang berpusat pada anak sehingga dapat memberikan pengalaman belajar aktif sesuai dengan minat dan kehidupan sehari-hari mereka. Berikut contoh penerapan deep learning menggunakan model PjBL di PAUD dengan topik “Air”. 

Langkah awal yang dapat dilakukan adalah mengajak anak didik mengamati lingkungan sekitar, melihat video pembelajaran mengenai air dan berdiskusi tentang hasil pengamatannya. Diskusi dilakukan dengan mendengar pemahaman anak dan mengembangkannya menggunakan pertanyaan pemantik. Kegiatan tersebut sesuai dengan elemen “mindful learning” dimana anak didik dapat belajar lebih mendalam, fokus, aktif terlibat dalam pembelajaran, mengembangkan pemahaman serta keterampilan mereka. Selanjutnya, guru memfasilitasi belajar anak didik dengan membuat kegiatan yang menarik seperti pembelajaran berbasis proyek sederhana dan memungkinkan untuk dapat dipraktikkan langsung oleh anak didik. Project-based learning seperti memeras spons, mengalirkan air, membuat es batu atau merebus air, akan menumbuhkan semangat serta menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Hal tersebut sesuai dengan elemen “joyful learning”. Melalui project-based learning, proses belajar yang dilaksanakan menjadi lebih relevan dengan kehidupan anak dan mudah dikaitkan dengan pengalaman sehari – hari mereka. Pembelajaran ini membantu anak didik membentuk makna dan pemahaman dari apa yang mereka pelajari. Hal ini sesuai dengan elemen “meaningful learning”.

Project-based learning dengan pendekatan deep learning memberikan solusi inovatif dalam pembelajaran yang berpusat pada anak. Pendekatan ini mampu menciptakan pengalaman belajar yang utuh, relevan, serta penting dalam membentuk karakter dan pengetahuan anak sejak usia dini.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

PERSONALISASI PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI MURID MELALUI NEARPOD

Dini Febriana

Sep 10, 2023
3 min
7 Cara Pengajaran Efektif dalam Kurikulum Merdeka
2 min
Pembelajaran Online di Jepang Saat Pandemi – Bincang Guru Inovatif #3
1 min
Belajar Matematika itu Menyenangkan: Teknik untuk Guru dan Siswa

AZRA SABRINA

Dec 27, 2024
2 min
Bentuk Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran: Penerapan Platform Pembelajaran Daring (LMS)
4 min
Belajar Public Speaking, Tips Lancar Ngomong Saat Presentasi

Reezky Pradata

Sep 10, 2021
1 min
Komunitas