Pembelajaran yang Seru dan Menyenangkan dengan Game Edukasi Quizizz - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Feb 2023

Pembelajaran yang Seru dan Menyenangkan dengan Game Edukasi Quizizz

Quizizz merupakan platform game-based learning yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat permainan dan kuis interaktif bagi siswa. Pembelajaran berbasis permainan merupakan salah satu metode yang dapat membuat Bapak/Ibu lebih dekat dengan peserta didik.

Metode Mengajar

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
8711x
Bagikan

Beberapa tahun terakhir, dunia pendidikan mulai bertransformasi ke arah yang lebih modern dan terbarukan. Sebut saja perubahan dalam sistem ujian akhir nasional (UN), dari paper based test atau manual menuju computer based test atau ujian berbasis komputer. Kehadiran teknologi juga mempengaruhi berbagai sistem dan peraturan baru di sekolah seperti absensi dengan sidik jari, pengiriman kuis soal melalui aplikasi, dan berbagai penelitian lainnya yang tidak bisa dipisahkan dari perangkat-perangkat lunak. 

Eksistensi teknologi juga semakin meningkat dengan adanya pandemi Covid-19, 2020 silam. Institusi pendidikan secara tiba-tiba harus memutar otak dalam menyusun strategi terbaik yang win-win solution bagi peserta didik, tenaga pendidik, dan semua pihak terkait. Alhasil, beberapa terobosan baru hadir hasil dari kreativitas, inovasi, dan kerja keras semua guru di Indonesia seperti, pengelolaan administrasi secara digital, pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi, dan pembuatan kuis serta soal ujian dengan game edukasi. 

Adanya inovasi dan gerakan baru dalam pendidikan tersebut sangatlah penting agar peserta didik lebih mudah dalam memahami materi ajar, membuat pengalaman yang menyenangkan dalam kelas, dan mengatasi adanya learning loss karena jenuh serta tidak termotivasi dalam pembelajaran. 

Nah! tahukah Bapak/Ibu, ada salah satu game edukasi yang dapat membuat Anda menjadi guru kekinian, guru yang kreatif dan inovatif. Game edukasi apa itu? Bagaimana penerapannya? dan apa saja manfaat dari game edukasi tersebut? Simak penjelasan sampai akhir ya!

Berkenalan dengan Game Edukasi Quizizz

Pembelajaran yang Seru dan Menyenangkan dengan Game Edukasi Quizizz
Permainan Quizizz (Sumber: https://quizizz.com/)

Salah satu game edukasi yang dapat Anda gunakan dalam pembelajaran era digital adalah Quizizz. Aplikasi tersebut merupakan platform game-based learning yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat permainan dan kuis interaktif bagi siswa. Pembelajaran berbasis permainan merupakan salah satu metode yang dapat membuat Bapak/Ibu lebih dekat dengan peserta didik. Semakin dekat dan mengenal siswa, mereka akan lebih terbuka dan termotivasi dalam setiap pertemuan. Ini adalah cara kreatif dan inovatif untuk membantu peserta didik memahami konsep dengan cara yang menyenangkan. 

Lalu, bagaimana langkah-langkah agar dapat memulai kuis menggunakan Quizizz? Berikut kami uraikan agar dapat mempermudah Bapak/Ibu! 

Langkah-Langkah Memulai Game Edukasi Quizizz

Sebelum memulai game edukasi Quizizz, Anda harus menjalani beberapa tahap mulai dari pendaftaran, pembuatan kuis, penerapan kepada siswa, dan evaluasi. Berikut penjelasannya!

Pendaftaran 

  1. Sebelum membuat permainan, Anda harus memiliki akun Quizizz terlebih dahulu. Klik sign up pada bagian bawah layar lalu masukkan identitas diri atau akun Google Anda. 
  2. Selanjutnya, Anda harus memilih kategori keperluan Anda dalam aplikasi. Pilihlah “a teacher” agar dapat membuat soal kepada peserta didik. 
Pembelajaran yang Seru dan Menyenangkan dengan Game Edukasi Quizizz
Tampilan menu kategori Quizizz (Sumber:https://quizizz.com/)

Pembuatan Kuis

  1. Setelah memiliki akun, Anda dapat memulai pembuatan kuis dengan memilih menu â€œbuat” di samping kiri layar. Anda juga dapat memilih menu “kuis” atau “pembelajaran” sesuai dengan kebutuhan Bapak/Ibu. 
  2. Setelah itu, Anda dapat membuat soal menggunakan fitur-fitur yang dapat mempermudah Bapak/Ibu sekalian. Pilihlah durasi waktu, poin soal, dan fitur lainnya untuk membantu Anda melakukan evaluasi terhadap materi ajar. 
Pembelajaran yang Seru dan Menyenangkan dengan Game Edukasi Quizizz
Pembuatan soal melalui Quizizz (Sumber: https://quizizz.com/)
  1. Setelah menyusun sistematika pertanyaan dan jawaban, pilih menu â€œSimpan” di bagian bawah kanan layar. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada menu daftar pertanyaan yang siap Bapak/Ibu bagikan kepada peserta didik. 

Penerapan kepada Peserta Didik 

  1. Setelah daftar soal siap, Anda dapat membagikan soal kepada peserta didik. Pilihlah menu “mulai kuis” maka peserta didik akan mendapatkan kode untuk memulai permainan. Kode sesi ini dapat dibagikan dengan siswa melalui e-mail, platform sekolah, atau saluran lainnya.
Pembelajaran yang Seru dan Menyenangkan dengan Game Edukasi Quizizz
Pilihlah judul dan kategoru soal lalu bagikan kepada peserta didik (Sumber: https://quizizz.com/)
  1. Peserta didik yang telah memiliki kode dapat langsung memulai permainan, apabila telah sampai pada pertanyaan terakhir maka hasil kuis akan dimunculkan. 

Evaluasi

Setelah permainan edukasi selesai, Bapak/Ibu dapat melakukan pemantauan terhadap hasil yang mereka dapatkan. Tahapan ini sangat penting untuk memudahkan Anda menyusun rencana ajar pada tahap berikutnya. Selain itu, aplikasi Quizizz juga terkoneksi dengan aplikasi penunjang seperti Google Form, Spreadsheet, dan Google Classroom sehingga memudahkan Anda untuk selalu terkoneksi dengan peserta didik. 

Manfaat Game Edukasi Quizizz dalam Pembelajaran

  1. Interaktif: Quizizz adalah platform game-based learning yang membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Siswa dapat berpartisipasi dalam permainan dan kuis secara online dan melihat hasil mereka segera.
  2. Kustomisasi: Quizizz memungkinkan guru untuk membuat kuis dan permainan yang disesuaikan dengan materi pelajaran mereka. Guru dapat memasukkan pertanyaan, pilihan jawaban, gambar, dan video untuk membuat kuis yang menarik dan menyenangkan.
  3. Aksesibilitas: Quizizz dapat diakses secara online, memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dari jarak jauh atau dalam kelas. Ini membuat permainan dan kuis tersedia untuk siswa kapan saja dan di mana saja.
  4. Fleksibel: Quizizz dapat digunakan untuk berbagai mata pelajaran dan tingkat usia. Guru dapat membuat permainan dan kuis yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa mereka.
  5. Evaluasi: Quizizz memungkinkan guru untuk melacak kemajuan siswa dan memantau hasil kuis mereka. Ini membantu guru mengevaluasi kinerja siswa dan menentukan tindakan selanjutnya.

Demikianlah beberapa informasi perihal permainan Quizizz dalam pembelajaran. Semoga artikel ini dapat membantu Bapak/ibu mengaplikasikan Quizizz dalam pembelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memotivasi siswa dalam pembelajaran. Semangat untuk seluruh guru di Indonesia! Maju terus pendidikan bangsa! salam inovatif. 

 

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Yandi Chidlir
Editor: Putra

0

13

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Metode Socratic: Memperdalam Pemahaman dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran
2 min
GI Class #88: Dream Goal Teacher 2024 “Semester Baru, Semangat Baru”
4 min
Pentingnya Model Pembelajaran Baru Berbasis Teknologi yang Guru Harus Tahu!
3 min
Pembelajaran Berdiferensiasi

Puji Anisa, S. Pd

Jan 28, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB