Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Mempersiapkan generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan adalah kunci untuk menciptakan masyarakat yang berkembang dan inovatif. Dalam era digital saat ini, integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta keterampilan digital menjadi elemen penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia modern. Di SMP Negeri 14 Binjai tempat saya mengajar, upaya telah dilakukan untuk mewujudkan konsep "Merdeka Belajar" dengan mengintegrasikan TIK dan keterampilan digital dalam pembelajaran.
Pertama-tama, langkah pertama dalam mewujudkan integrasi TIK dan keterampilan digital adalah memastikan adanya infrastruktur yang memadai. SMP Negeri 14 Binjai telah melengkapi diri dengan akses internet yang cepat dan stabil, komputer/laptop, proyektor, dan perangkat keras lainnya yang diperlukan. Selain itu, adanya jaringan Wi-Fi di seluruh area sekolah memungkinkan siswa dan guru untuk mengakses informasi secara mudah dan efisien.
Selanjutnya, pelatihan guru menjadi langkah penting untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran. Guru-guru di SMP Negeri 14 Binjai telah diberikan pelatihan dan dukungan yang memadai untuk mengembangkan keterampilan digital mereka. Mereka telah mempelajari penggunaan perangkat lunak pembelajaran, aplikasi, alat bantu presentasi, dan platform pembelajaran online. Dengan demikian, guru dapat memanfaatkan teknologi secara efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.
Selanjutnya, pengembangan kurikulum yang terintegrasi menjadi kunci dalam mengintegrasikan TIK dan keterampilan digital dalam pembelajaran. SMP Negeri 14 Binjai sebagai sekolah penggerak dan telah menerapkan kurikulum merdeka, memasukkan komponen TIK dan keterampilan digital dalam setiap mata pelajaran. Kurikulum yang terintegrasi ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman teknologi, literasi digital, pemecahan masalah, dan kemampuan kolaborasi online pada siswa. Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar materi pelajaran secara konvensional, tetapi juga mampu mengaplikasikan teknologi dan keterampilan digital dalam pemecahan masalah sehari-hari.
Pendekatan pembelajaran berbasis proyek juga menjadi strategi efektif dalam mengintegrasikan TIK dan keterampilan digital dalam pembelajaran. SMP Negeri 14 Binjai mendorong siswa untuk menggunakan TIK dan keterampilan digital dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Melalui proyek-proyek yang menantang, siswa dapat melakukan penelitian online, mengumpulkan data, membuat presentasi multimedia, atau berkolaborasi dengan menggunakan alat komunikasi digital. Dengan demikian, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih aktif dan kreatif, sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Gambar 1. Siswa mencari informasi melalui mobile desktop untuk menyelesaikan tugas dari guru Selain itu, penggunaan platform pembelajaran online juga menjadi salah satu komponen penting dalam mewujudkan integrasi TIK dan keterampilan digital. SMP Negeri 14 Binjai telah memanfaatkan platform pembelajaran online yang memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran, tugas, dan sumber daya tambahan. Platform ini juga digunakan untuk memfasilitasi interaksi antara siswa dan guru, mengadakan diskusi daring, serta memberikan umpan balik langsung. Dengan platform ini, pembelajaran tidak terbatas pada ruang kelas fisik, melainkan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, sesuai dengan prinsip "Merdeka Belajar".
Gambar 2. Uji Formatif Teks Persuasi melalui liveworksheets Secara keseluruhan, integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi serta keterampilan digital dalam pembelajaran di SMP Negeri 14 Binjai telah mewujudkan konsep "Merdeka Belajar". Dengan infrastruktur yang memadai, pelatihan guru yang baik, kurikulum yang terintegrasi, pendekatan pembelajaran berbasis proyek, dan penggunaan platform pembelajaran online, siswa di SMP Negeri 14 Binjai dapat mengembangkan keterampilan digital yang diperlukan untuk sukses di era digital saat ini. Integrasi ini membuka pintu bagi siswa untuk belajar secara mandiri, berkolaborasi, dan berinovasi sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.
#Guruinovatif #LombaArtikelS3 #ArtikelGI #LombaGI #KeterampilanDigital
Penyunting: Putra